Jumat, 22 Pebruari 2019

Pedoman Pemberitaan Media Siber

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

  1. Ruang Lingkup
    1. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.
    2. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.
  2. Verifikasi dan keberimbangan berita
    1. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
    2. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
    3. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
      1. Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
      2. Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
      3. Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
      4. Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
    4. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.
  3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)
    1. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
    2. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
    3. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
      1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
      2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
      3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
      4. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
      5. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
      6. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
      7. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
      8. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).
  4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab
    1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
    2. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
    3. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
    4. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
      1. Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
      2. Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
      3. Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
    5. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).
  5. Pencabutan Berita
    1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
    2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
    3. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.
  6. Iklan
    1. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
    2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan 'advertorial', 'iklan', 'ads', 'sponsored', atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.
  7. Hak Cipta

    Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  8. Pencantuman Pedoman

    Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

  9. Sengketa

    Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).

Pekanbaru

Senin, 21 Jan 2019

Penyerahan Program Indonesia Pintar, Sampai Tahap III Pelajar Kampar Terima Sebanyak 9.319

Penyerahan Program Indonesia Pintar, Sampai Tahap III Pelajar Kampar Terima Sebanyak 9.319

Pekanbaru (riauoke.com)- Penyaluran Kartu Indonesia pintar oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Agama RI bagi  siswa siswi  Pondok Pesantren, Madrasah sampai...

Kabupaten Bengkalis

Jumat, 22 Feb 2019

Di Tahun Politik Semua Masyarakat Sekijang Harus bersinerji

Di Tahun Politik Semua Masyarakat Sekijang Harus bersinerji

Sekijang (riauoke.com) Silaturahmi Lurah dengan tokoh masyarakat, Ninik Mamak dan perangkat kelurahan sekijang Jumat 22 Februari 2019 dihadiri Camat Bandar...

Jumat, 22 Feb 2019

Lurah Sekijang Gelar Silaturahmi dengan Ninik Mamak Setempat

Sekijang (riauoke.com) Setelah kemarin menggelar gotong royong membersihkan kantor barunya, hari ini Jumat (22/02/19), Yasri Budu menggelar silaturahmi dengan ninik...

Kamis, 21 Feb 2019

Jelang Silaturahmi, Lurah Sekijang Gelar Goro

Jelang Silaturahmi, Lurah Sekijang Gelar Goro

Sekijang (riauoke.com) Lurah Sekijang H Yasri Budu, SPd menggelar gotong royong di halaman kantornya, Kamis (21/02/2019) bersama sejumlah anggota Karang...

Rabu, 20 Feb 2019

Warga Desa Muara Petai Kuansing Berharap Jalan Mereka Diaspal Pemerintah

Warga Desa Muara Petai Kuansing Berharap Jalan Mereka Diaspal Pemerintah

Teluk Kuantan (Riauoke.com) Jalan menuju ke Desa Muara Petai,  Kecamatan Pucuk Rantau sangat memprihatinkan. Kalau musim hujan becek berlumpur dan...

Rabu, 20 Feb 2019

Susun RKPD, Pemcam Bandar Seikijang Gelar RKPD

Susun RKPD, Pemcam Bandar Seikijang Gelar RKPD

Bandar Seikijang (riauoke.com) Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Bandar Seikijang Musrenbang penyusunan RKPD 2020, Rabu (20/02/2019), dengan tema Meningkatkan Keamanan dan  Ketentraman...

Sabtu, 16 Feb 2019

Keltan Harapan Jaya Desa Tambang, Kampar, Lakuan Uji Coba Panen Jagung

Keltan Harapan Jaya Desa Tambang, Kampar, Lakuan Uji Coba Panen Jagung

Pekanbaru (riauoke.com) Kelompok Tani Harapan Jaya di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Sabtu (16/02/2019) melakukan uji coba panen...

Sabtu, 16 Feb 2019

Costumer Gathering, 15 Keunggulan Product Baru Xenia Untuk Sahabat Impian Keluarga

Costumer Gathering, 15 Keunggulan Product Baru Xenia Untuk Sahabat Impian Keluarga

Duri,Riau,"riauoke.com - Seiring perkembanngan zaman otomotif di dunia ini, Capella Medan Daihatsu Cabang Duri juga memperkenalkan Grand New Xenia dengan...

Jumat, 15 Feb 2019

Polsek Mandau Ringkus Perempuan Muda dan Tiga Pria Terduga Penyalah Gunaan Narkotika

Polsek Mandau Ringkus Perempuan Muda dan Tiga Pria Terduga Penyalah Gunaan Narkotika

Duri,Riau,"riauoke.com – Masyarakat Kota Duri sudah sangat gelisah melihat dan membaca berita pelaku dugaan Narkotika yang hampir setiap harinya terjaring...

Kamis, 14 Feb 2019

Dihadiri Legislator Bengkalis Teguh Ibra, Camat Mandau Usulkan Program Prioritas di Musrenbang

Dihadiri Legislator Bengkalis Teguh Ibra, Camat Mandau Usulkan Program Prioritas di Musrenbang

Duri (riauoke.com) - Hampir Seluruh Kelurahan/Desa se Kabupaten Bengkalis sudah menyelesaikan Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) untuk di bawa dan di...

Rabu, 13 Feb 2019

Semarak Olahraga di Rohul, Sekda Buka Open Turnamen Sepak Bola Kades Tandun CUP I

Semarak Olahraga di Rohul, Sekda Buka Open Turnamen Sepak Bola Kades Tandun CUP I

Rohul (riauoke.com)- Sekretaris Daerah kabupaten Rokan Hulu, H. Abdul Haris, S.Sos. M.Si membuka open turnamen sepak bola piala bergilir Kades...

Kabupaten Pelalawan

Jumat, 22 Feb 2019

Di Tahun Politik Semua Masyarakat Sekijang Harus bersinerji

Di Tahun Politik Semua Masyarakat Sekijang Harus bersinerji

Sekijang (riauoke.com) Silaturahmi Lurah dengan tokoh masyarakat, Ninik Mamak dan perangkat kelurahan sekijang Jumat 22 Februari 2019 dihadiri Camat Bandar...

Kabupaten Rokan Hulu

Rabu, 13 Feb 2019

Semarak Olahraga di Rohul, Sekda Buka Open Turnamen Sepak Bola Kades Tandun CUP I

Semarak Olahraga di Rohul, Sekda Buka Open Turnamen Sepak Bola Kades Tandun CUP I

Rohul (riauoke.com)- Sekretaris Daerah kabupaten Rokan Hulu, H. Abdul Haris, S.Sos. M.Si membuka open turnamen sepak bola piala bergilir Kades...

Kabupaten Meranti

Kamis, 16 Agus 2018

Wakil Bupati Meranti Buka Sosialisasi Kabupaten Program Pamsimas III Tahun 2018

Meranti (riauoke.com) Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Kabupaten Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III...

Kabupaten Rokan Hilir

Kamis, 10 Jan 2019

Peredaran Narkoba Masih Marak di Rokan Hilir

Rokan Hilirr (riauoke.com) Satnarkoba Polres Rohil kembali mengungkap pelaku penyalahgunaan narkotika jenis Sabu- sabu di Jalan...

Kabupaten Inhu

Jumat, 31 Agus 2018

Diserahkan, Bantuan PWI Riau untuk Pondok Tahfiz Talang Mamak Binaan UAS

Diserahkan, Bantuan PWI Riau untuk Pondok Tahfiz Talang Mamak Binaan UAS

RANTAULANGSAT (riauoke.com)- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau menyerahkan donasi bantuan untuk Pesantren Tahfiz Talang Mamak, Jumat (31/8/2018) pagi.Donasi itu...

Kabupaten Inhil

Selasa, 11 Des 2018

Pemimpin Baru Kemenag Inhil, H Harun SAg Mpd

Pemimpin Baru Kemenag Inhil, H Harun SAg Mpd

Pekanbaru riauoke.com - Bertempat di Aula Utama Lantai II Kanwil Kemenag Riau, berlangsung acara pelantikan terhadap pejabat administrasi Eselon III....

Kabupaten Kuansing

Rabu, 20 Feb 2019

Warga Desa Muara Petai Kuansing Berharap Jalan Mereka Diaspal Pemerintah

Warga Desa Muara Petai Kuansing Berharap Jalan Mereka Diaspal Pemerintah

Teluk Kuantan (Riauoke.com) Jalan menuju ke Desa Muara Petai,  Kecamatan Pucuk Rantau sangat memprihatinkan. Kalau musim hujan becek berlumpur dan...


DAERAH PENDIDIKAN Redaksi
CONTACT INFO

Jalan Parit Indah Grand Sudirman No 6
Phone: 08127513007 Email: redaksi_riauoke@yahoo.com
Pekanbaru, Provinsi Riau.

EKONOMI OLAHRAGA Pedoman Siber Media
HUKUM GALERI FOTO  
POLITIK OPINI  
TRAVELLING PEMILU  
 

COPYRIGHT © 2018 RIAUOKE.COM, ALL RIGHT RESERVED