Selasa, 25 September 2018

Timang-timang Mandau akan Digelar Disparbudpora Bengkalis di Duri

Duri Riau riauoke.com - Rapat Koordinasi antar instansi yang melibatkan perkumpulan suku paguyuban yang ada di kota Duri untuk merampungkan pelaksanaan Timang-timang Mandau yang di gelar oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olah Raga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis Riau, Jumat (07/09)  di ruang rapat kantor Camat Mandau.

Pesta rakyat budaya yang berjudul Timang-timang Mandau ini oleh panitia pelaksana menggelar Rapat koordinasi dan konsolidasi budaya lintas suku-bangsa untuk mengetahui kesiapan pengurus suku paguyuban dalam menampilkan tarian budaya Daerahnya masing-masing.

Pertemuan tersebut yang di pimpin langsung oleh Disbudpora Bengkalis, H.Anharizal SE.Msi, melalui Kabid Budaya, Khairani yang di hadiri oleh Camat Mandau Riki Rihardi, yang di wakili oleh beberapa stafnya,  Koramil 04 Mandau, Kapolsek Mandau Kompol Rikki Ricardo SIK yang mewakili Brigadir Sandos, Anggota Satpol PP, Pengurus LAMR Mandau, yang di wakili oleh Sekretarisnya Budiman, Ketua Tim PPK, Pengurus Paguyuban serta Ketua UPT Kebudayaan Kecamatan Mandau yang diwakili kabidnya Santi dan beberapa Kepala Kelurahan yang hadir.

Dalam kesempatan itu Kadisparbudpora H. Anharizal SE.M.Si mengungkapkan pertemuan dengan beberapa pimpinan di tingkat Lurah dan Tokoh Adat se Kecamatan Mandau ini dengan tujuan sebagai upaya untuk mengangkat Seni Budaya yang ada dikecamatan mandau, sekaligus menyatukan persepsi kebudayaan daerah, yang akan menyelenggarakan Timang-timang mandau yang bertepatan dengan Ulang Tahun hari jadi Kabupaten Bengkalis ke-506 yang lalu, di rencanakan pada malam pembukaan yang insya Allah dibuka oleh bapak bupati Bengkalis.

Kadis Anharizal lebih jauh menjelaskan, untuk di Kabupaten Bengkalis khususnya di Kecamatan Mandau , yang sudah terakomonir dan terinfatarisasikan oleh kita ada 9 Paguyuban Suku besar, selain itu dari pada Suku dasar yaitu Melayu ‎yang terdiri dari lima luhak, seperti Suku Jawa, Mandailing, Sunda, Batak, Minang, Nias, Suku Aceh, dan suku lainnya.

"Pada pertemuan di aula Kantor Camat mandau Kabupaten Bengkalis, bersama Tokoh Adat serta perwakilan dari 4 suku besar yang hadir, seperti perwakilan dari Suku Minang, Suku Aceh, Suku Jawa, Batak dan beberapa lainnya.

Perlu saya sampaikan bahwa pertemuan ini yang diselenggarakan oleh dinas Kebudayaan kepemudaan dan olah raga Kabupaten Bengkalis, ini sudah menjadi anggenda rutinitas kami dari PEMDA Kabupaten Bengkalis khususnya Pariwisata, dan untuk Kecamatan Mandau sudah yang ke empat kalinya di laksanakannya,  tentunya disini  kita akan melibatkan berbagai Suku yang ada di Kecamatan Mandau, mereka akan juga menampilkan berbagai Seni dan Tarian Budaya nya masing-masing, dalam acara tersebut juga diadakan beberapa perlombaan lainnya yang diikuti tingkat SMA, dari masing-masing Suku Paguyuban.

Direncanakan yang Insya Allah acara Timang-timang Mandau ini akan diselenggarakan pada tanggal 17 September 2018 dihalaman kantor Camat Mandau, kita juga nantinya akan melibatkan TNI Polri dan Satpol PP untuk pengamanan pada malam acara sedang berlangsung nantinya,"tambahnya lagi.

Kita semua mengharapkan Dalam pelaksanaannya nanti mereka bisa menyatu untuk memberikan warna masing-masing seperti bunga-bunga yang ada di taman,  Bunga kalau seandainya hanya satu warna‎ kurang indah dipandang, dan nilainya akan rendah, Akan tetapi kalau bunga terdiri atas beberapa warna akan menjadi menarik, nilainya juga semakin tinggi, Ini yang akan kita ciptakan di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, kami juga mengharapkan kepada seluruh kompenen Masyarakat untuk memberikan dukungannya dan menghadirinya pada malam pergelaran Timang-timang Mandau ini,"harapnya lagi. []er

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Kamis 23 Agustus 2018

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Jakarta (riauoke.com) Saat dijenguk oleh Presiden, Anthony tengah dirawat di ruang medis. “Masyarakat Indonesia bangga...

Politik

Senin 24 September 2018

Sejumlah Caleg Partai Berkarya Mandau dan Pinggir Mantapkan Strategi Bersama Caleg Provinsi Riau Bermasa Lombak Tobing

Sejumlah Caleg Partai Berkarya Mandau dan Pinggir Mantapkan Strategi Bersama Caleg Provinsi Riau Bermasa Lombak Tobing

Duri (riauoke.com)- Untuk memenangkan dalam merebut hati Masyarakat sejumlah kader dan para Caleg Partai Berkarya...