Kamis, 18 Januari 2018

Wabah Difteri Mulai Resahkan, Masyarakat Mandau

Bengkalis (riauoke.com) Humas RSUD Kecamatan Mandau, dr Rangga dalam penjelasan singkatnya mengatakan ada tiga pasien yang di duga terkena penyakit difteri. Ketiga pasien suspect itu merupakan anak-anak dan saat ini tengan di rawat intensif dokter specialis anak RSUD Kecamatan Mandau,dr Aryuni Masudah,SP.A.Kes

Dalam kesempatan itu disebutkan juga,meski hasil kultur yang memastikan diagonasa Difteri belum keluar namun berdasarkan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dilakukan dokter,kuat dugaan pasien mengalami Difteri.



“Setelah menjalani perawatan oleh dokter di Instansi Rawat Inap di RSUD Kecamatan Mandau,keadaan dan kondisi pasien sudah mulai membaik,”ujar dr Rangga yang juga segera melaksanakan berbagai kegiatan penting di rumah sakit.



Dokter yang menangani langsung dr Aryuni Masudah SP.A.M.Kes mengungkapkan juga agar terhindar dari penyakit Difteri maka kepada masyarakat dihimbau untuk menghindari (apabila memungkinkan) tempat-tempat keramain seperti Mall dan Pasar.Jika masih diharuskan ke tempat disebutkan di atas,masyarakat di minta menggunakan masker untuk mencegah penularan penyakit Difteri.



“Selain itu,jik anda merasakan gejala demam dan nyeri menelan,agar segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,”katanya.



Dokter Aryuni juga menambahkan penyakit Difteri apabila ditangani sedini mungkin memiliki prognosa yang baik namun bila terlambat dan terjadi komplikasi dapat berbahaya dan mengancam jiwa.

Dalam penjelasan rincinya menyebutkan gejala awal menyerupai common cold (flu),demam tidak terlalu tinggi,pilek ringan dan anoreksia (malas makan),malaise (lemas),nyeri menelan.Apa bila tidak ditangani dengan baik,maka pasien akan mengalami suara serak,sesak nafas dan lesu serta pucat dan lemah.Leher juga yang membesar (Bullneck) yang disebabkan oleh Limfadenitas Servikal dan Submandibula disertai edema jaringan lunak leher yang luas.



“Kita berpesan segeralah mencari pertolongan ke klinik atau puskesmas atau rumah sakit terdekat apabila timbul gejala dengan ciri-ciri Difteri pada diri sendiri dan anggota keluarga maka jangan menunda untuk mencari pertolongan supaya tidak terjadi komplikasi dan gejala yang berat,”pesan dr Rangga,yang diberikan tugas tambahan sebagai humas RSUD Kecamatan Mandau. [] jonish

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Sabtu 25 November 2017

14 Atlet Bulutangkis Riau Berlaga di Kejurnas

14 Atlet Bulutangkis Riau Berlaga di Kejurnas

Pekanbaru (riauoke.com)Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Riau mengirimkan 14 atlet untuk...

Politik

Kamis 11 Januari 2018

Paslon Gubri dan WagubriI AYO Daftar Ke-KPU Riau, Diarak Riabuan Pendukung

Paslon Gubri dan WagubriI AYO Daftar Ke-KPU Riau, Diarak Riabuan Pendukung

Pekanbaru (Riauoke.com) Resmilah sudah paket pasangan 'Ayo' yang diusung oleh Partai demokrasi Indonesia perjuangan Partai...