Kamis, 18 Januari 2018

Efril Reza Pimpin PWI Inhu 2018-2021

PEMATANG REBA (riauoke.com)- Efril Reza akhirnya terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) masa jabatan 2018-2021.


Efril terpilih sebagai ketua dalam Konferensi Kabupaten (Konferkab) PWI Inhu Tahun 2017 di aula Hotel Irma Bunda, Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Sabtu (30/12/17).


Dalam proses pemilihan, presidium sidang yang dipimpin Wakil Ketua Seksi Organisasi PWI Provinsi Riau, Bambang Irawan Syahputra mengatakan, ada empat bakal calon ketua yang dipilih 13 anggota PWI Inhu yang memiliki suara sah memilih. Yaitu, Zulpen Zuhri (7 suara), Efril Reza (7), Raja Kasmedi (6), Eka Buana Putra (6). Dari empat nama tersebut ditetapkan dua nama calon ketua yang memiliki suara terbanyak yakni Zulpen Zuhri dan Efril Reza. Zulpen Zuhri akhirnya tidak bersedia dicalonkan sebagai ketua PWI Inhu.


"Dengan begitu, maka saudara Efril Reza secara aklamasi terpilih sebagai Ketua PWI Kabupaten Inhu periode 2018-2021," kata Bambang.


Ketua PWI Provinsi Riau yang diwakili Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Hary B Koriun mengucapkan selamat kepada ketua terpilih.


"Selamat buat Efril Reza. Semoga amanah yang diberikan teman-teman dapat dijalankan demi kemajuan PWI di Inhu," kata Hary.


Ketua PWI Kabupaten Inhu terpilih, Efril Reza menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan PWI Inhu yang telah mempercayakannya memimpin PWI Inhu tiga tahun ke depan.


"Terima kasih kepada senior kami di PWI Inhu dan rekan-rekan yang telah memberi amanah kepada saya memimpin PWI di Inhu. Mari kita bersatu dan membangun PWI di Inhu lebih maju," ucap Efril. (rls)

Praktisi Hukum Riau: Persoalan Kotak Kuburan di DPRD Inhu Itu Adalah Aspirasi Rakyat

Inhu (riauoke.com)  Praktisi Hukum Riau, angkat bicara terhadap polemik gonjang ganjing yang lagi viral terjadi di Inhu dimana beberapa wakil rakyat Anggota DPRD Kabupaten Inhu meminta pimpinannya agar melaporkan kasus pengiriman kotak kuburan ke halaman gedung DPRD Inhu kejalur Hukum.




Pertanyaannya kok beraninya Rakyat mengirim batu nisan dan meletakkannya didepan gedung DPRD tentu sebagai wakil rakyat harus bisa menggambil hikmahnya dan beritrofeksi diri kenapa sampai hal yang aneh tersebut bisa terjadi  demikian dikatakan Justin Panjaitan, SH yang berprofesi sebagai Advokat, (28/12/2017) kepada wartawan usai makan siang di Airmolek.

Dikatakan Justin,  memang diakuinya kalau ditinjau dari aspek hukum tindakan yang dilakukan masyarakat kepada Wakilnya tersebut dinilai sudah melecehkan lembaga DPRD Inhu, tapi sebaliknya kalau dianalisa dengan cerdas dari aspek aspek lainnya seperti aspek Sosial dan aspek Adat istiadat apa yang dilakukan masyarakat mungkin karena dengan pola pikir mereka begitulah menyampaikan pendapat mereka terhadap mosi tak percaya mereka kepada pak Dewan yang awalnya berharap keterwakilan mereka di lembaga Legislatif tersebut yang masih tersumbat.

Masih ulasnya, kejadian yang sama itu bukan satu kali terjadi, pantauannya dalam bulan yang sama sudah dua kali dikirim dan diletakkan. Sebelum kiriman batu nisan, sebelumnya OTK juga mengirimkan karangan bunga bertuliskan ,"Selamat sukses penundaan pembahasan APBD Inhu tahun 2018,".

Menurut Aktivis Inhu ini, sebagai bapak rakyat tak perlulah sampai melaporkan hal itu kepolisi karena masih banyak hal yang bermanfaat lagi yang perlu diselesaikan menggingat Bulan Desember tinggal beberapa hari lagi, siapa yang mengirim itu dipastikan anggap saja sebagai asfirasi masyarakat yang perlu ditindaklanjut dengan profesional oleh bapak rakyat namun ini bukan sejenis penghinaan dan intimidasi terhadap lembaga DPRD Inhu. []Ram

 

Sapa Taruna Penerbang, Gubri Tinjau Bandara Japura Indragiri Hulu

Japura (riauoke.com) – Setelah menandatangani MoU dengan Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan RI Wahju Satrio Utomo, Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman langsung terbang ke Bandara Japura, Kecamatan Lirik, Rengat, Kabupaten Inhu.




Gubri yang terbang menggunakan pesawat latih bersama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Wahju Satrio Utomo mendarat di Bandara Japura sekitar pukul 11.30 WIB siang ini, Rabu (29/3/2017).

Gubri langsung melihat kesiapan Bandara Japura yang akan digunakan untuk tempat latihan bagi taruna penerbang Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) atau Satelite Base Flight Training bagi taruna STPI yang ada di Curug, Tangerang, Provinsi Jawa Barat. Tentu saja Gubri juga menyapa dan bersilaturrahmi dengan para pelatih dan taruna penerbang STPI.

Seperti diberitakan sebelumnya, BPSDM Kemenhub RI telah meneken MoU bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam bidang pendidikan penerbangan. Salah satunya pelatihan penerbangan. Untuk memfasilitasi sarana latihan ini, setidaknya telah disiapkan sebanyak lima pesawat latih.

Saat ini tempat latihan penerbangan hanya ada dua di Indonesia, yaitu Banyuwangi dan Curug. Bandara Japura akan menjadi tempat ketiga. Tentu saja ini menguntungkan bagi masyarakat Riau. Diharapkan ke depan, putra-putri Riau lebih banyak terpilih atau lulus menjadi taruna STPI.[]had


Masyarakat Inhu Harap Waspada, Ada Buaya di Sungai Indragiri

Lirik, Inhu (riauoke.com) Hal yang jarang terjadi. Warga Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), digemparkan dengan munculnya seekor buaya di areal kebun PT Tesso Indah Desa Pasir Ringgit. Belum diketahui secara pasti asal buaya tersebut hingga naik ke darat dan berada di dalam areal perkebunan kelapa sawit.

Ratusan Pelajar Inhu Antusias Ikuti Event Fun Climbing II

Rengat (riauoke.com) Ratusan pelajar se Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ikut ambil bagian dalam kegiatan Fun Climbing Competition II Tingkat Pelajar tahun 2016 yang digelar di Arena Sport Climbing Pematang Reba dan dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin, (15/1/2016).

Festival Seni Budaya dan Teraju Gawai Teater III Inhu 2015 Berakhir

Rengat (riauoke.com) Gelaran Festival Seni Budaya dan Teraju Gawai Teater III Indragiri Hulu malam tadi resmi berakhir. Penutupannya sendiri secara resmi dilakukan langsung oleh Asisten Administrasi Umum H. Agus Rianto, SH di Gedung Kesenian Indragiri, Jalan Ahmad Yani Rengat, Jumat (30/10).

PJ Bupati Inhu Membuka Pelaksanaan Peyusunan Rencana Kontijensi Karhutla

Rengat, (riauoke.com) Penjabat (Pj) Bupati Inhu H. Kasiarudin,SH membuka pelaksanaan kegiatan Penyusunan Rencana Kontijensi Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Inhu di Wisma Five Boys jalan Lintas Timur Pematang Reba, (03/11).




Turut hadir dalam kegiatan itu Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Prov Riau Kamaruzaman beserta rombongan, beberapa kepala SKPD, camat, danramil, kepolisian, ormas , mahasiswa serta beberapa tokoh masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana Jim Gafur, menyampaikan bahwa menurut rencana pelaksanaan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan (03-06/11). Sedangkan sebagai tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini diantaranya yaitu mencari solusi terkait penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan serta pentusunan sumber anggaran dan beberapa masukan yang dianggap perlu dalam hal penanggulan bencana.

Sementara itu dalam sambutannya, Pj Bupati inhu H. Kasiarudin, SH sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan penyusunan rencana kontijensi kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Inhu ini. Sebab kegiatan ini sangat diperlukan sebagai upaya kesiapsiagaan terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang selalu terjadi tiap tahun pada saat musim kemarau.

Selain tertuang dalam undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dan instruksi presiden nomor 16 tahun 2011 tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, telah diamanatkan kepada setiap daerah agar mempunyai perencanaan terkait dengan penanggulangan bencana.

Maka dari itu. Pj Bupati Inhu mengharapkan khususnya kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. sehingga nantinya akan didapat dokumen perencananaan yang mampu mengidentifikasi, mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Inhu.

Selain itu, Pj Bupati juga mengajak kepada seluruh yang hadir dalam kesempatan tersebut untuk dapat bersama-sama menjadi bagian penting dari upaya-upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, dengan demikian, apa yang telah alami terkait dengan sejumlah bencana tidak akan terjadi lagi pada tahun-tahun mendatang.

Usai menyampaikan sambutannya, dalam kesempatan itu Pj Bupati H. Kasiarudin, SH menyematkan tanda kepada beberapa perwakilan peserta sebagai tanda dimulainya pelaksanaan kegiatan Penyusunan Rencana Kontijensi Kebakaran Hutan dan Lahan.[]Yudha


Foto: Penjabat Bupati INHU H. Kasiarudin,SH membuka acara Penyusunan Rencana Kontijensi Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Tahun 2015, Selasa (3/11/2015)

Penjabat Bupati Inhu Himbau PNS Laksanakan Shalat Tepat Waktu

Rengat (riauoke.com) Penjabat Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H Kasirudin mengimbau kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Inhu untuk menghentikan aktivitas saat azan berkumandang dan dapat menunaikan ibadah shalat tepat waktu.




Himbauan ini disampaikan Penjabat Bupati Inhu ketika bertindak sebagai inspektur upacara, Senin (2/11) di halaman Kantor Bupati Inhu. Upacara ini merupakan yang pertamakalinya semenjak kabut asap menyelimuti wilayah Kabupaten Inhu lebih dari dua bulan.

Saya mengimbau saat azan berkumandang hentikan sejenak aktivitas untuk dapat melaksanakan shalat. Dengan cara itu kita tetap dapat menjaga dan meningkatkan ibadah kita dan mudah-mudahan apa yang kita lakukan menjadi amal ibadah bagi kita semua, ujar H Kasiarudin.

Selain mengimbau untuk melaksanakan shalat tepat waktu, pada pelaksanaan upacara tersebut, Penjabat Bupati Inhu juga minta kepada seluruh PNS agar tetap menjaga integritas dan profesionalisme. Dengan cara itu, PNS akan dapat bekerja lebih baik dan lebih tenang karena berpijak pada aturan dan ketentuan yang berlaku. InsyaAllah dalam beberapa hari kedepan APBD Perubahan Tahun 2015 sudah dapat disepakati bersama DPRD Inhu dan selanjutnya akan dilaksanakan pembahasan RAPBD Inhu tahun 2016, ungkapnya.

Penjabat Bupati Inhu juga minta seluruh PNS tetap bersyukur karena sejak empat hari terakhir intensitas kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Inhu semakin menipis. Mudah-mudah kedepan hujan rahmat terus turun dan membasahi wilayah Kabupaten Inhu.

Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh petugas yang telah bekerja tidak kenal lelah melakukan upaya-upaya pemadaman kebakaran lahan. Ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada seluruh PNS yang telah hadir pada pelaksanaan upacara ini serta Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana selaku pelaksana upacara, ucapnya.[]Yudha



Foto: Upacara Bendera 2 Nopember 2015 yang di Pimpin Langsung oleh Penjabat Bupati Indragiri Hulu H. Kasiarudin


DPRD Inhu Taja Rapat Paripurna tentang R-APBD

Rengat (riauoke.com) Pelaksanaan Rapat Paripurna DPRD tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2015 dilaksanakan pada hari (2/11) pada pukul 19.30 Wib di Ruang Rapat Kantor DPRD kabupaten Indragiri Hulu.

Kabupaten Inhu Nominasi AMPL Award 2015

Rengat (riauoke) Prestasi membanggakan kembali di raih Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) di ajang nasional. Kali ini Kabupaten Inhu masuk sebagai salah satu nominasi penerima penghargaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award 2015 bidang sanitasi yang di selenggarakan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Selanjutnya Kelompok Kerja (Pokja) Kabupaten Inhu yang dipimpin Kepala Bappeda dan Litbang Inhu Junaidi Rachmat akan melakukan presentasi di Kantor Bappenas Jakarta, Selasa (3/11) mendatang.

Dengan masuk sebagai nominasi AMPL Award 2015 ini, berarti Kabupaten Inhu sudah masuk 10 besar nasional. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kebanggaan bagi kita. Mudah-mudahan pada penilaian presentasi kita dapat melaksanakannya dengan baik, sehingga berhasil merai penghargaan nasional ini, ujar Ketua Pokja AMPL Award Kabupaten Inhu Junaidi Rachmat, Jumat (30/10).

Dijelaskan Junaidi, tampilnya Kabupaten Inhu sebagai salah satu nominasi AMPL Award 2015 ini karena dinilai telah melaksanakan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, khususnya dalam bidang sanitasi oleh sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Hal ini dibuktikan adanya payung hukum serta program kegiatan seperti buktu putih sanitasi tahun 2013, Ranperda tentang sanitasi serta Jambore sanitasi.

Jadi AMPL Award 2015 ini merupakan penilaian yang dilakukan oleh Bappenas terhadap program pemerintah di bidang sanitasi yang dilakukan oleh tiap kabupaten/kota, sehingga penilaian tidak hanya dari sisi perencanaan, tetapi juga pelaksanaannya oleh seluruh SKPD terkait, tutur Junaidi Rachmat.

Junaidi optimis Kabupaten Inhu mampu menampilkan yang terbaik saat penilaian presentasi Selasa (3/11) mendatang. Ia juga berharap dukungan dan doa masyarakat Inhu agar Kabupaten Inhu mampu meraih penghargaan AMPL Award 2015 ini.[]Yudha

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Sabtu 25 November 2017

14 Atlet Bulutangkis Riau Berlaga di Kejurnas

14 Atlet Bulutangkis Riau Berlaga di Kejurnas

Pekanbaru (riauoke.com)Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Riau mengirimkan 14 atlet untuk...

Politik

Kamis 11 Januari 2018

Paslon Gubri dan WagubriI AYO Daftar Ke-KPU Riau, Diarak Riabuan Pendukung

Paslon Gubri dan WagubriI AYO Daftar Ke-KPU Riau, Diarak Riabuan Pendukung

Pekanbaru (Riauoke.com) Resmilah sudah paket pasangan 'Ayo' yang diusung oleh Partai demokrasi Indonesia perjuangan Partai...