Rabu, 17 Oktober 2018

Putra Terbaik Kampar Letkol Inf Aidil Amin Resmi Jabat Komandan Kodim

Salo (riauoke.com)- Komandan Batalyon Infanteri 132/Bima Sakti, Letnan Kolonel Inf Aidil Amin, S.IP yang merupakan putra terbaik Kabupaten Kampar resmi menjabat Komandan Kodim (Dandim) 0313/KPR dilingkungan Korem 031/Wira Bima, Kodam I/Bukit Barisan.

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Kades Tanjung Bungo Adakan Pelatihan Menjahit

TANJUNG BUNGO (riauoke.com)- Guna meningkatkan perekonomian masyarakat, Kepala Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar-Riau mengadakan kegiatan pelatihan jahit menjahit.

Kegiatan pelatihan jahit menjahit ini yang dimulai pada tanggal 15 Oktober 2018 dengan 20 kali pertemuan.

"Ini merupakan program pemberdayaan masyarakat", ujar Manizar, Kades Tanjung Bungo, Selasa  (16/10/2018).

Program jahit menjahit yang mengusung tema "Sukseskan Programnya, Sukseskan Kegiatannya" guna meningkatkan sumber daya masyarakat agar menjadi terampil dan mandiri.

Disampaikan, kegiatan pelatihan jahit menjahit diikuti oleh 10 orang peserta yang diambil dari tiap Dusun di Desa Tanjung Bungo.

Kegiatan pelatihan ini bersumber dari anggaran dana desa Tanjung Bungo tahun 2018 dalam program pemberdayaan masyarakat, tuturnya.

Dilanjutkan Manizar, program kegiatan pelatihan jahit menjahit ini juga akan dilanjutkan untuk kalangan pemuda.

Camat Kampa, Kholis Febriyasmi S.STP M.Si mendukung kegiatan itu.

Ia meminta, agar para peserta serius mengikuti rangkaian demi rangkaian kegiatan pelatihan.

"Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini para peserta dapat lebih terampil dan menjadi lebih mandiri," ujarnya. (**)

--
.

Sosialisasi Cegah Narkoba, BNK Kampar Gelar Carfree Day

Bangkinang (riauoke.com) Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kampar sebagai lembaga resmi pencegahan peredaran narkoba selalu melakukan sosialisasi ditengah masyarakat. Dimana salah satu kegiatan yang ditaja sangat positif oleh BNK Kampar adalah Carfree Day dengan berbagai kegiatan.

Pemkab Kampar Terima SPIP Level 3 dari BPKP Riau

Bangkinang Kota (riauoke.com) - Bupati Kampar Azis Zaenal menghadiri acara Penyerahan Hasil penilaian (Quality Assurance) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), level 3 Pemerintah Kabupaten Kampar yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Kamis (11/10)

Saat ini baru beberapa Kabupaten yang mencapai level 3 yakni Kampar, Pelalawan, Meranti, Inhil yang mendapat nilai 3. Dalam sambutannya Azis mengajak semua pihak memperbaiki kualitas sistem dan moral pelaku pelaksana itu sendiri sehingga menjadi optimal dalam menjalankan tugasnya dan tidak mudah terkontaminasi faktor eksternal.

"Kita membenahi sistem berikut orangnya kita sepakat tentang itu dalam artian mereka mengerti dengan tugasnya masing-masing, mental dan karakter ini yang harus kita perbaiki. Lebih dari 9-10 yang mengawasi namun semakin banyak pengawasan justru semakin banyak penyimpangan, ini tugas kita bersama memperbaikinya"ungkap Azis

Kami bertekad bersama-sama dengan SPIP level 3 yang kami capai akan menjadi cambuk bagi kami untuk lebih baik lagi. Tambah Azis

Dikdik Sadikin Kepala BPKP Provinsi Riau memaparkan bagaimana nilai 3 tersebut dapat diraih oleh Pemkab Kampar, BPKP menjalankan perannya sebagai pengawas eksternal pemerintah.

SPIP dapat berjalan dengan baik kita ingin merubah paradigma dulunya ada waskat , belakangan tidak berjalan optimal,dengan SPIP ini disempurnakan yang melibatkan pimpinan agar ada pengendalian yang baik dengan proses yang integral secara terus-menerus oleh pimpinan.

"Untuk capai tujuan organisasi efektif Dan efisien pengelolaan keuangan, pengamanan aset Daerah dan negara , ketaatan kepada peraturan dan perundang-undangan"Tambah Didik Sadikin.

''Ini semua dapat dicapai dengan kesungguhan dan kemauan kita untuk terus-menerus maju, bersinergi dan komitmen dengan Pemkab Kampar" tambahnya lagi.

Jika melihat kebelakang dimana perolehan nilai QA 1,16 pada tahun 2016 dan pada tahun 2017 naik 3,339 dan ini merupakan kerja keras bersama dalam meraih pencapaian ini.

Tingkat kematangan SPIP ditargetkan dengan capaian kematangan dengan level 3, ini merupakan upaya pemerintah dalam profesionalisme serta Reformasi Birokrasi pemerintah Kabupaten Kampar"ungkap Muhammad. Zar

Kampar Kirim 38 Atlet Panahan pada Kejurda Provinsi Riau di INHU

Bangkinang Kota (riauoke.com) Kejuaraan Panahan Daerah Tingkat Provinsi Riau Tahun 2018 yang diselenggarakan di Kabupaten Indragiri Hulu tanggal 5 - 7 Oktober 2018 yang diselenggarakan di Stadion Narasinga Rengat akan diikuti oleh seluruh Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau,Jumat(5/10).

Songket Kampar Jadi Primadona Pada Pameran Kriya Nusa 2018 di Jakarta

Jakarta (riauoke.com) Pada Pameran Kerajinan Dewan Kerajinan Nasioanl Tahun 2018 dengan nama Pameran Kriya Nusa tahun 2018, Kabupaten Kampar melalui Dewan Kerajinan Nasioanal Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kampar, produk kerajinan songket Kampar menjadi Primadona pada ajang yang digelar setiap tahunnya tersebut.

Kita berupaya untuk terus lebih bak lagi, dan Dekranasda Kampar telah melakukan pembinaan kepada para pengrajin di Kampar.

Demikian disampaikan oleh Ketua Dekranasda Kampar Hj, Nur’aini Azis pada saat Pembukaan Pameran Kriya Nusa Tahun 2018 yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada hari Rabu, 26/9.

Selain songket yang banyak diminati pengunjung kita juga menghadirkan kerajinan khas dari Kampar lainnya dan juga mendapat perhatian dan minat pengunjung” Tambah Nuraini lagi.

Kedepan kita akan lebih tingkatkan lagi keikut sertaan kita dengan produk-produk kerajinan khas Kampar lainnya tentunya dengan pembinaan dari kita, mari kita bertekad untuk selalu meningkatkan kreatifitas dan menyesuaikan dengan tekhnologi saat ini, karena sesuai dengan tema yang diangkat yakni meningkatkan sinergitas dan kreatifitas Wirausaha Millenial” Kata Nur’aini lagi. Selanjutnya kita juga akan kita sampaikan terhadap program pembinaan Dekranasda Kampar pada forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  Dekranas yang diadakan bersempena Pameran Kriya Nusa ini,” tambah Nur’aini.

Sementara itu Ketua Harian dekranasda Kampar Syamsul Bahri dalam pernyataannya menyampaikan bahwa Dalam acara Pameran Dekranasda Nasional di Jakarta Kampar  mempromosikan produk asli Kampar , ini untuk  memotifasi pengrajin kita yang berorientasi daerah, tak lain bukan hanya menampilkan punya kita dan mencari tau kerajinan dari daerah,” kata Syamsul Bahri.



“Kita sudah punya Tenun Kampar dan Batik Kampar muara Takus produk ini terus kita sosialisasikan kepada masyarakat Kampar dan masyarakat luas, namun untuk lebih efektifnya kita dapat kerjasamakan dengan pihak sekolah dan perusahaan dengan memakai Batik Kampar ini,” Pinta Syamsul Bahri yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar.

Dengan memproduksi barang sendiri akan ada efek untuk Kampar ini peluang yang menjanjikan dapat membuka lapangan  kerja baru  untuk  masyarakat” Tambahnya lagi.

Selain itu kata Syamsul ini juga akan menjadikan usaha bagi keluarga dengan membuka Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) bagi masyarakat,” tutup Syamsul (Diskominfo Kampar)

APBD P TA 2018 Disahkan, Bupati Azis Apresiasi DPRD Kampar

Bangkinang Kota (riauoke.com): Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Kampar telah mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran 2018 yang diadakan pada Rapat Paripurna pada penyampaian laporan Badan Anggaran dan pengesahan APBDP tahun 2018 di Gedung DPRD Kampar yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri. S. Ag dan Para Pimpinan DPRD Kampar .

Dengan disahkan perubahan APBD P tahun 2018 ini semoga kita dapat melaksanakn pembanguan dan penggunaan anggaran sevcara efisiensi terhadap Anggaran,  apa yang telah kita sepakati dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan tepat sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, sehingga dana yang telah disusun dapat termanfaatkan semaksimal mungkin, tidak ada pemborosan.

Demikian disampaiak oleh Bupati Kampar pada pidatonya dalam acara Rapat Paripurna di DPRD Kampar pembahasan dan pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun Anggaran 2018 yang diadakan di Gedung DPRD Kampar pada hari Selasa tengah malam, 25/9.



Dikatakan azis Zaenal ucapan terima Kasih kepada Anggota DPRD Kampar, Anggota DPRD Kampar,  TAPD Kampar dan kepala OPD dilingkungan Kabupaten Kampar yang telah membahas dan menyelasikan rancangan APBD P Tahun 2018 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan , dan ini akan menjadi pijakan dalam pelaksnaan kegiatan pada tahun-tahun berikutnya.

Pada komposisi APBD P tahun 2018 terdapat komposisi penerimaan dan belanja daerah, oleh karena anggaran yang tertuang dalam APBD P tahun 2018 ini harus dapat terselesaikan pada akhir tahun ini, dan kepada  OPD agar dapat melakukan langklah-langkah percepatan, sesaui dengan waktu yang ditetapkan” Pinta Azis

Dengan selesainya pembahansan dan disetujuninya APBD P 2018 ini menyatakan bahwa rancamngan APBD P ini akan disampaiakn ke Gubernur untuk dievaluasi sebelum ranperda diterbitkan. Semoga segala pengabdian kita dalam pembahasan mulai dari pembahasan KUA PPAS sampai kepada laporan Badan Anggaran DPRD Kampar yang telah disahkan menjadi amal saleh dan mendapat Ridha dari Allah SWT” Kata Azis zaenal.



Sementara itu Juru Bicara Badan Anggaran yang disampaikan oleh Zulfan Azmi, ST, MT dalam laporannya menyampaikan bahwa besaran APBD P Tahun 2018 ini Pendapatan sebesar Rp. 2,26 Triliun lebih, sedangkan untuk belanja sebesar Rp. 2,26 Triliun yang terdiri dari Belanja langsung dan belanja tak langsung yang dialokasikan kepada Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kampar, semoga dengan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat” tutup Zulfan Azmi setelah menguraikan panjang lebar terhadap alokasi dana bagi OPD di Kabupaten Kampar.

Sementara itu Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri. S,Ag agar semua OPD dapat bekerja sesaui dengan aturan, kegiatan yang perlu ditendekan agar segera dilaksnakan mengingat waktu yang tinggal hanya beberapa bulan lagi. Apa yang menjadi penekanan Bupati Kampar untuk dapat disikapi oleh Dinas-dinas di Lingkup Pemkab Kampar sehingga masa-masa akhir tahun tidak ada lagi proyek atau kegiatan yang tidak terselesaikan” Kata Ahmad Fikri lagi. (diskominfo Kampar)

Gesa Pembangunan ICS Bupati Turun Langsung ke Lokasi

Kampa (riauoke.com)- Menggesa pembangunan di Kabupaten Kampar, Bupati Kampar H. Azis Zaenal meninjau langsung ke lokasi pembangunan Integrated Cold Storage (ICS) yang sedang dalam  proses pembangunan di Desa Koto Perambahan, Selasa(25/9).

Ketika akan memasuki kawasan ICS terlihat tiang listrik besi yang telah berdiri di tengah sebagai pembatas jalan, melihat hal tersebut dimana ruas jalan yang belum termaksimalkan memang kurang rapi secara estetika dan keindahan sehingga Bupati mengharapkan penempatan tiang listrik yang di pancang harus simetris, dan diharapkan dari bahan beton kemudian Bupati Kampar melanjutkan mengecek semua penggunaan material yang digunakan untuk pembangunan Integrated Cold Storage kapasitas 100 ton mulai dari elevasi jalan dan bangunan yang sedang dikerjakan.

"Bangunan harus baik dan sesuai dengan standar peruntukannya, jangan sampai nanti crack yang malah lebih mahal biaya perbaikannya, artinya bangunlah sebaik mungkin. Saya menginginkan ketika selesai nanti tidak ada permasalahan pada kwalitasnya dan dapat difungsikan secara maksimal," ungkap Azis.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Kampar pada Rapat Koordinasi secara teknis pekerjaan di Minggu ke X1 17 - 23 September 2018, yang dilaksanakan di ruang kerja proyek ICS bersama Kontraktor Pelaksana, Konsultan Pengawas serta beberapa OPD terkait seperti Dinas Perikanan, Dinas PUPR, Dinas Perkim, PDAM Kampar.

"Hal terpenting selain fisik adalah air dan listrik yang merupakan penunjang utama, ada beberapa koreksi dalam landscaping seperti penggunaan tiang listrik dari besi ke beton, tagetnya selesai 8 Desember mendatang dan tinggal pemerintah menyiapakan jalan, Air, listriknya juga didalam saya sudah instruksikan agar bersih dan berfungsi dengan baik pada saat digunakan."  ungkap Azis.

Azis mengharapkan nantinya semua yang berada di wilayah  ICS ini dapat terintegrasi dengan baik dan memiliki daya tarik seperti kunjungan pariwisata karena kawasan disekitarnya ditata  dengan baik dan menjadi destinasi terbaru yang ada di Kampar, meningkatkan ekonomi masyarakat tempatan agar dapat berpeluang meningkatkan pendapatan, hingga ke tahap Pembangunan musholla juga di harapkan dapat dibangun diluar sehingga pengunjung datang akan lebih nyaman dan ruang yang seharusnya untuk peruntukan musholla di dalam gedung ICS dapat dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. []Zar

Bupati Hadiri Rakernas Akuntansi dan Laporan Keuangan Tahun 2018

Jakarta (riauoke.com)Bupati Kampar H Azis Zaenal,SH MM menghadiri Rapat Kerja Nasional(Rakernas) Akuntansi dan Laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta kemaren.


 



Acara yang bertemakan Pengelolaan Keuangan yang sehat untuk indonesia kuat bertujuan untuk meningkatkan kwalitas manajemen keuangan negara dalam mendukung pembangunan menuju indonesia yang sejahtera serta untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah.



Bupati Kampar setelah menghadiri Rakernas mengatakan Pemkab Kampar sangat mendukung upaya pemerintah dan siap bersinergi dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang sehat.

Bupati juga mengatakan Pemkab Kampar sangat  berkomitmen dalam mewujudkan akuntabilitas akuntansi dalam pelaporan keuangan.

" Alhamdulillah Pemkab Kampar    sudah 2 kali menerima penilain laporan keuangan dari BPK dengan opini WTP, hal ini membuktikan kita telah patuh, disiplin, efektivitas dan akuntabilitas dalam mengelola keuangan di daerah, Ujarnya.

Pada Rakernas kali ini  juga mengagendakan peyerahan penghargaan, talkshow dan peluncuran dan bedah buku akuntansi dan pelaporan pemerintah Indonesia dari masa ke masa. [] zar

Wabup: Awali Tahun Baru Islam dengan Peningkatan Iman dan Kinerja

Bangkinang Kota (riauoke.com)- Selamat memasuki tahun baru islam 1440 H dan mari kita isi tahun baru ini dengan peningkatan kinerja yang lebih baik dari tahun sebelumnya, niatkan dihati kita akan mengisi tahun baru dengan hal yang lebih baik lagi terutama dalam pekerjaan di kantor terlebih dengan meningkatkan iman.

Peningkatan kinerja tentunya harapan kita bersama para Aparatur Sipil Negara (ASN) diikuti dengan peningkatan kesejahteraan pula bagi para ASN, karena kalau kesejahteraan tidak meningkat  bagaimana semangat kerja akan bertambah dan terwujud, tentu harus sejalan dan semoga ke depannya juga ada peningkatan kesejahteraan.

Begitu kata Wakil Bupati (Wabup) Catur Sugeng Susanto mengawali arahannya ketika membuka wirid pengajian bulanan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilaksanakan di Masjid Al-muhajirin di lingkup perkantoran Bupati Kampar, jumat (21/9).

Ikut hadir pada wirid itu diantaranya Sekdakab Kampar Drs.Dt.Yusri bersama pimpinan dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ASN beserta tenaga harian lepas di Lingkup Setdakab Kampar

Catur Sugeng mengingatkan, kita tidak tahu umur manusia sampai dimana, baik yang masih muda maupun sudah tua kalau sudah sampai ajalnya akan meninggal dan tidak bisa dihindarkan karena itu ke depan awali hidup dengan hal yang bermanfaat dan amal ibadah.

Salah satunya melalui kegiatan seperti ini semoga keselamatan dan kemudahan akan mengikuti kita semua bagi ASN apalagi dalam menjalankan pekerjaan akan lebih amanah dan dimudahkan, pungkas Wabup.

Sementara itu Ustadz Jarlisman penceramah pada wirid bulanan ASN, menjelaskan, dihari yang mulia ini karena hari jumat merupakan penghulu segala hari bagi umat Islam untuk bersama kita awali tahun baru Islam dengan pekerjaan dan niat baik serta untuk ibadah, maka semua persoalan akan Allah mudahkan pula semuanya termasuk rezekinya.

Selayaknya Umat islam memperingati tahun baru islam dengan cara introspeksi diri, siapa yang masih istiqomah imannya itulah orang yang beruntung sebagaimana janji Allah yang artinya “ sesungguhnya manusia itu dalam kerugian kecuali bagi mereka yang istiqomah imannya”.

Selain itu perbanyaklah berbuat kebaikan dan bersholawat agar mendapat kemudahan baik itu berkenaan dengan pekerjaan termasuk masalah rezeki, terang Darlisman.(Humas)

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Daerah

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Kamis 23 Agustus 2018

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Jakarta (riauoke.com) Saat dijenguk oleh Presiden, Anthony tengah dirawat di ruang medis. “Masyarakat Indonesia bangga...

Politik

Kamis 11 Oktober 2018

Deklaraikan Dukungan pada Petahana di Pilpres 2019, Bawaslu Riau Akan Panggil Para Kepala Daerah

PEKANBARU (riauoke.com)- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau akan melakukan pemanggilan terhadap Gubernur Terpilih dan Bupati/Walikota...