Minggu, 27 Mei 2018

Gedung LPTQ Desa Alai di Resmikan di Momen MTQ Ke- 10 Kecamatan Tebing Tinggi Barat


Meranti (riauoke.com) MTQ Ke-10 Kecamatan Tebing Tinggi Barat ke -10 Camat Tebing Tinggi Barat di saksikan Anggota DPRD Edi Mashudi Spdi, dan Sektaris LPTQ Kabupaten Meranti H.Zulkair meresmikan Gedung LPTQ Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Jalan Pertaya Desa Alai Minggu (29/4/2018).




Kepala Desa Alai Ruslan menyampaikan gedung LPTQ dari ADD dan bantuan dari masyarakat sehingga bisa terbagun gedung LPTQ Desa di Kecamatan Tebing Tinggi Barat ini. Jelas Ruslan. " Kita harapkan, ini bisa do you mampatakan yakni magrib mengaji dan membina dan untuk belajar mengaji untuk generasi Quani anak - anak kita nantiknya,dan ini bisa kita  lakukan," ungkap Kepala Desa Alai Ruslan yang juga tuan Rumah MTQ Kecamatan Tebing Tinggi Barat tahun ini.


Ketua LPTQ Kabupaten Meranti Drs H.Tengku Akhriyar yang di wakili Drs H.Zulkairil menyampaikan dengan adanya, gedung LPTQ desa sudah punya gedung, dan sanggat bermampaat bagi tempat kita berkumpul membina anak- anak membina anak generasi qurani yang bagus serta berkopetensi dan ini menjadi salah satu contoh dilanjutkan di Kecamatan, bahkan Kabupaten harus gedung permanen nantiknya harap H.Zulkair. "Saya berharap, dengan adanya Gedung ini, tentunya, Desa Alai jauh meningkat mengenal Al- Quraan lebih bagus lagi," ungkap Zulkairil.

Sementara itu, Camat Tebing Tinggi Barat Idris Syampul menyampaikan, agar Gedung LPTQ Desa Alai ini, sanggat bisa membantu pemerintah dalam mendidik generasi qurani, dan dapat kedepanya dapat di mampatkan. ujar Idris Syampul. Tambah Camat Idris Syampul, LPTQ Desa Alai ini, bisa di tingkat desa Alai ini, bisa menjadikan desa yang maju dengan generasi Islam yang Qurani di massa akan datang.harap Mantan Camat Rangsang Pesisir itu.

Camat Tebing Tinggi Barat Lepas Pawai MTQ Ke -10 Ribuan Masyarakat tumpah ruah

Camat Tebing Tinggi Barat Idris Syampul, (29/4/2018) pagi melepas  peserta pawai ta’aruf yang merupakan rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat ke 10 tahun 2018. Sebanyak 14 kafilah dari seluruh desa se Kecamatan Tebing Tinggi Barat Ikut memeriahlan pawai taaruf MTQ ke 10 tersebut.

Selain Camat Tebing Tinggi Barat Idris Syampul, terlihat Anggota DPRD Meranti Edi Mashudi Spdi, Kapolsek Tebing Tinggi Barat IPDA Bernando Purba Ketua Panitia MTQ, yang juga sekcam Tebing Tinggi Barat, Upika,  jajaran panitia serta ribuan masyarakat dan peserta pawai.

Kegiatan Pawai ta’aruf yang dilepas oleh Camat Tebing Tinggi Barat ini dimulai dari Kantor Camat Tebing Tinggi Barat, Jalan Sungkim,Desa Alai Menuju Jalan Pertaya Mesjid Raya Desa Alai

Idris Syampul, dalam sambutannya mengatakan rasa syukur dan apresiasinya untuk masyarakat Tebing Tinggi Barat, khususnya tuan Rumah Desa Alai, yang ikut menyukseskan pawai taaruf dan rangkaian MTQ Kecamatan Tebing Tinggi Barat tahun ini.

"Mari kita bersama-sama bersyukur pada hari ini karena kita bisa berkumpul di desa Alai ini, untuk pelepasan pawai ta’aruf. Kami atas nama pemerintah kecamatan Tebing Tinggi Barat dan jajaran mengucapkan terimakasih dan  meminta maaf apabila ada kekurangan dalam penyambutan,"  ujarnya

Dikatakannya bahwa sesudah pelaksanaan pawai malamnya akan dilaksanakan pembukaan MTQ tingkat kecamatan Tebing Tinggi Barat  yang rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Nasir MSi atau yang mewakili nantiknya.

Pantauan di lapangan, panjangnya barisan Pawai Ta’aruf terjadi hingga beberapa kilometer. Namun dengan pengamanan yang diterapkan oleh Dishub, Satpol PP dan satuan lantas polsek Tebing Tinggi Barat dibantu dengan masyarakat, pawai berjalan dengan aman. [] humas

Legislator Meranti Dedi Putra Buka Lomba Azan dan Morotal di Taja Remaja Mesjid Nurul Iman Selatpanjang

Selatpanjang (riauoke.com) Ikatan Remaja Mesjid Nurul Iman ( IRMAN) Berkerjasama dengan Mesjid Nurul Iman Gelar Peringati Menyambut Israk Mik raj do halaman Mesjid Nurul Iman Jalan Budaya Selatpanjang Timur dengan beberbagai perlombaan.

"Kegiatan perlombaan keagamaan bagi anak-anak merupakan bentuk upaya untuk memotivasi agar anak-anak cinta dengan agama, menjadikan lapangan masjid sebagai tempat perlombaan adalah salah satu bentuk upaya agar anak-anak terbiasa beraktifitas di masjid," ujar Anggota DPRD Meranti Dedi Putra SHi yang juga Politisi PPP Kepada toRiau Sabtu (28/8/2018) sore.

Selain itu, di katakan Anggota DPRD Dua Priode ini menyampaikan anak-anak harus dicegah dan dibentengi dengan aktiftas yang  memiliki nilai ibadah agar tidak larut dalam perkembangan modern saat ini.terang Dedi Putra.


" InsyaAllah sejak dini, melalui kegiatan ini kita mencegah anak-anak untuk larut dalam perbuatan yang tidak bermanfaat dan tidak terpuji.Masyarakat yg madani tentu akan terwujud klu semua pihak merasa penting untuk menyiapkan generasi saat ini menjadi generasi yang hatinya terpaut dengan masjid," ungkap Dedi Putra yang dekat dengan Masyarakat Sekitar Mesjid Nurul Iman.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrohmnirrohim  lomba azan dan murottal dalam rangka peringatan Isra' Mi'raj Ikatan Remaja Masjid Nurul Iman secara resmi kami Buka," tukasnya.(azw)

Dihadiri Tersangka, Polres Meranti Gelar Rekontruksi oleh Tersangka Pembunuh Warga Semukut

Meranti (riauoke.com) Polres Resor Kepulauan Meranti Gelar Rekontruksi atas pembunuhan Nurul Komariah Warga Semukut Akhir pekan lalu Polres Meranti Mengahadiri tersangka dengan beberapa adegan di Mapolres Resor Meranti (25/4/2018) Sore.

Kabupaten Kepulauan Meranti Dapat Bantuan Kapal Berkapasitas Gross Tonnage 35 GT

Selatpanjang (riauoke.com) Kabar gembira bagi masyarakat Kepulauan Meranti karena tak lama lagi Kabupaten termuda di Riau ini akan menerima bantuan Hibah Kapal Pelayaran Rakyat (PERA), dari Kementrian Perhubungan Rublik Indonesia, penyerahan akan dilakukan di Terminal Penumpang Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar, Sulawesi Selatan, 19 April 2018 mendatang.


“Kita merupakan satu satunya Kabupaten di Riau yang memperoleh bantuan Hibah kapal dari Kementrian Perhubungan, bantuan akan diserahkan kamis mendatang,” demikian dijelaskan Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Meranti H. Aready, dikantor Bupati.


Lebih jauh dikatakan Kepala Dians Perhubungan Meranti, dari 5 Kabupaten yang mengusulkan bantuan hibah kapal PERA hanya Kepulauan Meranti yang dijatahi kapal berkapasitas Gross Tonnage sd 35 GT dengan jumlah penumpang 24 orang itu. Sesuai dengan program dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Direktorat Lalu Lintas Angkutan Laut, Kapal ini diperuntukan untuk menghubungkan Pelayaran Rakyat di daerah yang tersiolir,

Sehingga dapat membuka akses penghubung orang dan barang dari dan ke daerah tersebut. Selain digunakan untuk Pelayaran Rakyat, kapal berbahan dasar kayu dengan fasilitas lengkap seperti GPS, Alarm, Alat Pemadam Kebakaran dan Black Box tersebut juga dapat digunakan untuk penunjang pariwisata dan mengatasi Kebakaran Hutan dan lahan karena sudah dilengkapi dengan fasilitas  pemadam kebakaran yang sangat memadai.


Jika tak ada aral melintang, Kapal Pelayaran Rakyat itu akan diserahkan kepada Pemkab. Meranti oleh Kementrian Perhubungan RI pada, Kamis mendatang, bertempat di Terminal Penumpang Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar, Sulawesi Selatan.


Selain diserahkan kepada Kabupaten Kepulauan Meranti, Kapal PERA berjumlah 24 unit  itu, juga diserahkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten lainnya di Indonesia. [] ril/win

Tampung Aspirasi Masyarakat, Ketua DPRD Meranti Fauzi Hasan Gelar Reser di Rangsang

Selat Panjang (riauoke.com)  Kini telah memasuki masa Reses Pertama pada persidangan pertama  (10/4/2018)  berdasarkan jadwal yang ditetapkan oleh Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Ketua DPRD Meranti Fauzi Hasan melakukan Reses.




"Reses yang kita gelar ini, dilaksanakan dengan melakukan kunjungan kerja di Desa dwi tunggal dilapangan MDA HIDAYATUL MUBTADIIN . Kecamatan rangsang kabupaten kepulauan meranti," ujar Fauzi Hasan.  

Selanjutnya,dalam reses tersebut, terlihat masyarakat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti Kegiatan Reses yang dilaksanakan  H. FAUZI HASAN tersebut. Hal tersebut, dapat dilihat banyaknya masyarakat yang hadir pada acara tersebut.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh unsur Pemerintahan kecamatan, Desa, ketua MUI RANGSANG, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh adat dan Pemuda serta seluruh lapisan masyarakat. Hal senada juga di sampaikan sekcam Rangsang RAYAN PRIBADI.SH menyampaikan sambutanya mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas kehadiran bapak fauzi hasan .

"Kami merasa terharu,untuk dapat hadir bersama sama dalam Program yang memang merupakan kewajiban bapak fauzi hasan sebagai anggota DPRD Meranti," ujar Sekcam Rangsang Rayan.  Di katakan Rayan pula,yang memang biasa kita kenal dengan istilah reses,Rayan juga menjelaskan kepada masyarakat yang hadir bahwa reses ini adalah menyerap aspirasi masyarakat yang tidak diusulkan dalam agenda musrenbang diawal tahun kemaren,"Jelas Rayan.

" Saya juga menghimbau kepada masyarakat khususnya dikecamatan rangsang untuk tidak membakar sampah. Mengingat sekarang cuaca sudah musim kemarau," bebernya. Fauzi Hasan dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang hadir pada malam hari ini, masih bisa menyempatkan waktunya buat kita bertatap muka.

Fauzi hasan juga menjelaskan reses itu kunjungan kerja yang dilakukan anggota dewan kedaerah daerah pemilihannya, serta menyerap aspirasi masyarakat yang tercecer yang tidak diusulkan pada musrenbang yang kita laksanakan kemaren. " Maka pada kesempatan inilah kita berdiskusi mengenai usulan usulan yang ingin disampaikan. Fauzi hasan juga mengatakan alhamdulillah diawal tahun kecamatan rangsang sudah mulai melakukan pembangunan jalan poros yang membuat iri kecamatan -kecamatan lain,"Jelas Fauzi Hasan yang Ketua DPD PAN Meranti.

" Karena baru dikecamatan rangsang yang melakukan pembangunan, fauzi hasan juga meminta kepada kontraktor agar bisa menyelesaikan jalan pelantar sebelum lebaran ini. Supaya memudahkan masyarakat bertransportasi.terang Polisi PAN Meranti.( Sekwan/Win)

Tampung Aspirasi Masyarakat, Ketua DPRD Meranti Fauzi Hasan Gelar Reses di Rangsang

Meranti (Riauoke.com)- Kini telah memasuki masa reses pertama pada persidangan pertama  (10/4/2018) maka  berdasarkan jadwal yang ditetapkan oleh badan Musyawarah DPRD Ketua DPRD Meranti Fauzi Hasan melakukan reses.

"Reses yang kita gelar ini, dilaksanakan dengan melakukan kunjungan kerja di Desa dwi tunggal dilapangan MDA HIDAYATUL MUBTADIIN . Kecamatan rangsang kabupaten kepulauan meranti," ujar Fauzi Hasan.

 

Dalam reses tersebut, masyarakat terlihat sangat antusias. Ini dapat dilihat  dengan banyaknya masyarakat yang hadir pada acara tersebut.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh unsur Pemerintahan kecamatan, Desa, ketua MUI Rangsang, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan Pemuda serta seluruh lapisan masyarakat.

Hal senada juga di sampaikan Sekcam Rangsang Rayan Pribadi, SH menyampaikan sambutanya mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas kehadiran Fauzi Hasan .

"Kami merasa terharu, untuk dapat hadir bersama sama dalam program yang memang merupakan kewajiban bapak fauzi hasan sebagai anggota DPRD Meranti," ujar Sekcam Rangsang Rayan.

Dikatakan Rayan pula, yang memang biasa kita kenal dengan istilah reses, Rayan juga menjelaskan kepada masyarakat yang hadir bahwa reses ini adalah menyerap aspirasi masyarakat yang tidak diusulkan dalam agenda musrenbang diawal tahun kemaren.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Rangsang untuk tidak membakar sampah. Mengingat sekarang cuaca sudah musim kemarau," bebernya.

Fauzi Hasan dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang hadir pada malam hari ini, masih bisa menyempatkan waktunya buat kita bertatap muka .

Fauzi Hasan juga menjelaskan reses itu kunjungan kerja yang dilakukan anggota dewan kedaerah daerah pemilihannya, serta menyerap aspirasi masyarakat yang tercecer yang tidak diusulkan pada musrenbang yang kita laksanakan kemaren.


"Maka pada kesempatan inilah kita berdiskusi mengenai usulan usulan yang ingin disampaikan. Fauzi Hasan juga mengatakan alhamdulillah diawal tahun kecamatan Rangsang sudah mulai melakukan pembangunan jalan poros yang membuat iri kecamatan -kecamatan lain," jelas Fauzi Hasan yang juga Ketua DPD PAN Meranti itu.

Karena baru di Kecamatan Rangsang yang melakukan pembangunan, Fauzi Hasan juga meminta kepada kontraktor agar bisa menyelesaikan jalan pelantar sebelum lebaran ini. Supaya memudahkan transportasi masyarakat. []sekwan/Win

Gelar Kemah Penggalang Se- Meranti, Said Hasyim Lantik Saka Budaya















 

 

 

 

Meranti (riauoke.com) Wakil Bupati Meranti Drs H.Said Hasyim MSi yang juga Ka Kwarcab 0412 Kepulauan Meranti Melantik Mabi Saka Kebudayaan yakni Kepala Dinas H Rosdaner MPd, Pimpinan Saka, Pamong Saka, Intruktur Saka.


Disamping itu Wabup juga membuka secara resmi Perkemahan Budaya 10-12 Tahun 2018. di Bumi Perkemahan Rubia Berduri Jalan Pramuka Dorak 10/4/2018) petang kemaren.

"Perkemahan Budaya ini, merupakan perdana di Kwarcab Kepulauan Meranti dan Pelantikan Unsur Saka Kebudayan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Kepulauan Meranti. Sekaligus Kemah Budaya Kabupaten Meranti Tahun 2018 10-12 April 2018," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Meranti H.Rosdaner melalui Kabid Budaya H.Arifudin SH  di sela acara.


"Ada 90 Perserta dan 9 Pembina Pendamping dari tingkat pengalang, yakni SMP/ MTS se- Kepulauan Meranti. Kegiatannya, meliputi, pertama dinamika Kelompok, Lomba Gasing Putra, Seni Budaya dan Putri Lomba tari Serampang 12, memasak masakan daerah," Jelasnya.


H Arifudin juga berharap, dengan adanya, surat dari Provinsi Riau tentang seleksi Kemah Budaya Nasional yang akan di adakan di Sulawesi Tenggara, tentunya saya selaku, Kabid Budaya, harapannya, prestasi pengalang kita, kwarcab Kepulauan Meranti, daerah Provinsi Riau bisa membawa kita, untuk di tingkat nasional Sulawesi Utara Mewaki Riau,"harap Arifudin.

" Surat Seleksi untuk Kepualaun Meranti, sudah ada yakni perserta 8 Putra dan Putri untuk mewakili Provinsi Riau, Kemah Budaya Nasional di Sulawesi Utara," ungkap Pria biasa di sapa Kak Aji ini.


Wakil Bupati Drs Said Hasyim MSi yang juga Ketua Kwarcab 0412 Kepulauan Meranti menyampaikan, pada kesempatan ini,  mengucapkan taniah kepada kakak- kakak yang baru saja di lantik.

"Selaku pimpinan Kwartir Cabang 0412 Kabupaten Meranti, sekaligus pimpinan Kabupaten kiranya, tidak berlebihan bila kami mengajak dan menaruh harapan, kepada kakak- kakak sekalian berserta seluruh anggota Pramuka Se- Kwartircabang Meranti, untuk dapat terus bersinergi, membagun motivasi sumberdaya manusia, melalui Gerakan Pramuka di Kabupaten Meranti," terang Said Hasyim.

Kata Said Hasyim, hal ini sanggat beralasan, karena gerakan pramuka memiliki posisi stategis, pada diri setiap gerakan pramuka telah terwajahkan. " Saya juga mengucapkan taniah,atas pelaksanaan Kemah Budaya dan seluruh rangkaian kegiatan, yang akan di laksanakan,ini salah satu bentuk keperdulian dalam gerakan pramuka di meranti," ujar Wakil Bupati.


Orang Nomor dua di Kota Sagu juga menjelaskan, selaku Kwartir Cabang kami mengucapkan terimakasih Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Meranti. "Semoga kegiatan dapat berjalan dengan lancar,tampa ada halangan yang berakti, dan dapat mengasilkan saka-saka yang di dirikan Gerakan Pramuka keluaran yang positif dan dapat progres yang ada lebih baik," harap Ka Kwarcab Meranti itu.

Selanjutnya, saya juga mengajak komponen yang bergabung di kwarcab Kepulauan Meranti lebih tanggap merebut peluang peluang yang ada ,pemerintah telah membuka peluang kepada kita melalui satuan karya dan gugus depan yang telah terbentuk sesuai target yang di inginkan.tukasnya.[] humas meranti



Tinjau UNBK Hari Kedua, Wabup Meranti Dapati Ujian Berjalan Aman dan Lancar




Meranti (riauoke.com)
Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, pada
Selasa Pagi (10/4/2018), terlihat gembira hal itu karena saat melakukan peninjauan
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMU Sederajat di Kepualaun Meranti, mendapati berjalan aman dan lancar.

Peduli Sagu: Bupati Meranti Jadi Inisiator Terbentuknya Fokus-Kapassindo




Jakarta (riauoke.com)-
Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Irwan Nasir, M.Si menjadi inisiator terbentuknya Fokus- Kapassindo (Forum Komunitasi Kabupaten Penghasil Sagu Seluruh Indonesia ), Fokus -Kapassindo ini berada di bawah Apkasi. Tujuan di bentuknya Fokus Kapassindo ini untuk memajukan persaguan nasional sebagai pendukung dan penyangga sumber pangan dan energi alternatif yang mampu memperkuat kedaulatan lengan dan energi nasional. Pertemuan ini digelar untuk memajukan Persaguan Nasional sebagai pendukung dan penyangga sumber pangan dan energi alternatif yang mampu memperkuat kedaulatan pangan dan energi Nasional ,11 Kabupaten penghasil sagu di Indonesia terdiri dari Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Lingga, Kabupaten Bupati Luwu Utara, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Jayapura , Kabupaten Nabire , Kabupaten Mimika, Kabupaten Serdang Bedagai membuat Forum Komunikasi Kabupaten Penghasil Sagu Seluruh Indonesia yang di singkat dengan Fokus-Kapassindo,yang mana pada hari ini Kamis (05/04) menjadi hari bersejarah lahirnya.

Dalam Fokus Kapassindo, yang mana Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Nasir M,Si menjadi Ketua Dan Bupati Luwu Utara Hj Indah Putri Indriani S.IP, M,Si menjadi Sekretaris Sementara FOKUS KAPASSINDO. Fokus Kapassindo bertempat di Sekretariat Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta. Adapun tugas pokok dari dari Fokus Kapassindo adalah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam melakukan kegiatan penelitian, pengkajian, penerapan, Penguatan, pendampingan ,pengembangan dan promosi dalam upaya pengelolaan sagu yang berkelanjutan, juga membangun dan menumbuh Kembangkan Kelembagaan sagu rakyat yang mandiri dan produktif, serta mensenerjikan dengan perusahaan sagu nasional agar persaguan nasional mempunyai ke unggulan dan daya saing di tingkat Internasional . Menurut Ketua sementara Fokus Kapassindo Drs Irwan Nasir M,Si mengatakan sagu belum termasuk sebagai Komoditas Perkebunan Strategis Nasional Maka sudah saatnya harus masuk dalam komoditas perkebunan strategis Nasional. Maka dari pada itu dibentuklah Fokus Kapassindo biar secara sinergi dapat menempatkan sagu menjadi prioritas strategi Nasional sebagai alternatif pangan dan energi. Dan Beliau akan mengundang 11 Kabupaten sebagaiinisiator Fokus KapassindoPASSINDO dan 70 Kabupaten penghasil Sagu seluruh Indonesia dalam waktu dekat ini untuk membentuk kepengurusan defenitif Fokus Kapassindo agar manaikan sagu Dimata Internasional . Selaras dengan Keterangan yang di sampaikan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs.Irwan Nasir ,MSi , Prof. Bintoro yang telah melakukan uji coba dan penelitian tentang sagu, bahwa sagu dapat sebagai pengganti beras, dapat di buat gula cair dan berbentuk tepung, juga sebagai bahan bakar dan banyak lagi yang lainnya, maka dari pada itu Sagu harus menjadi prioritas Pemerintah Indonesia. Dilihat pentingnya isu sagu ini diangkat di permukaan Prof Riyaas Rasyid sebagai PENASEHAT Khusus Apkasi mendorong terbentuknya Fokus Kapassindo ini beliau mengatakan bahwa sagu adalah potensi yang tersembunyi yang Allah berikan dan harus diangkat Kembali di permukaan yang dapat menjadi kekuatan pangan di Indonesia, maka beliau sangat mendukung terbentuk forum ini agar sagu juga di jadikan prioritas seperti halnya beras, jangung San kedele. Begitu juga yang disampaikan oleh PT.National Sago Prima yang telah melakukan budidaya sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti mengatakan Bahwa sagu yang mereka kelola menjadi tepung telah di ekspor ke Jepang, itu pertanda bahwa sagu dapat di terima di Internasional , Hanya saja sagu harus mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Indonesia. Turut hadir Prof. Riyaas Rasyid Penasehat khusus Apkasi dan Prof Bintoro yang merupakan akademisi yang peduli dengan sagu yang menamakan masyarakat Sagu Indonesia, Bupati Luwu Utara Hj Indah Putri Indriani, S.IP,M,Si, Bupati Jaya Pura Mathias Awoitauw, SE, M,Si, Sekda Indragiri Hilir H.Said Syarifuddin, Kadis Ketahanan Pangan Prov Riau Darmansyah. [] humas

Hasil Tes Labor Permen Yupi Diduga Bernarkoba Negatif, Bupati Meranti Minta Warga Tidak Resah

Meranti (riauoke.com) Isu yang beredar lewat pemberitaan terkait ditemukannya permen "Yupi" yang
diduga mengandung Narkoba (Amfetamin), di Kabupaten Kepulauan Meranti yang
sempat dikonsumsi seorang bocah berusia 3.8 tahun berinisial CS hingga
menyebabkan halusinasi, mendapat perhatian serius dari Bupati Kepulauan
Meranti Drs. H. Irwan M.Si, ditegaskannya dari hasil pertemuannya dengan
pihak Balai Besar Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru, pada Rabu pagi
(4/3/2018), diketahui negatif, hal itu sesuai dengan hasil tes labor yang
dilakukan oleh BPOM Pekanbaru, terhadap sampel permen "Yupi" yang diduga
bernarkoba tersebut.

Dengan telah dikeluarkannya hasil tes labor yang valid terhadap sampel
permen yang diduga mengandung Narkoba itu, Bupati Kepulauan Meranti meminta
warga jangan resah, karena kenyataannya tidak seperti isu yang sempat
meledak lewat pemberitaan itu, untuk itu ia menghimbau kepada Dinas terkait
dan seluruh komponen masyarakat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat
agar keresahan ditengah masyarakat akibat pemberitaan yang tidak valid itu
tidak terus berlanjut.

"Baru saja saya melakukan pertemuan dengan pihak BPOM Pekanbaru, terkait
ditemukannya permen "Yupi" yang diduga mengandung Narkoba, hal ini perlu
diklarifikasi sebab dari laporan BPOM yang didasari hasil tes labor
terhadap sampel permen yang diduga Narkoba itu menyatakan hasilnya
negatif," jelas Bupati Meranti.

Bupati juga mengharapkan masyarakat jangan khawatir dan resah terhadap isu
permen "Yupi" yang diduga mengandung Narkoba itu, karena kenyataannya tidak
seperti yang beredar di media sosial dan lainnya.

"Saya harap PNS dan pihak terkait dapat mensosialisasikan kepada masyarakat
bahwa isu telah ditemukannya permen bernarkoba di Kepulauan Meranti,
kenyataanya tidak seperti berita yang beredar di media sosial," tambahnya.

Lebih jauh dikatakannya, jika isu ini terus digulirkan dikawatirkan akan
dimanfaatkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab yang dengan
sengaja ataupun tidak sengaja untuk membuat resah ditengah masyarakat yang
selama ini sudah aman.

"Kita tidka ingin isu ini dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab
untuk kepentingan negatif, mari kita sama sama menjaga keamanan dan
kenyamanan dilingkungan kita," paparnya.

Sekedar informasi, seperti telah diberitakan dibeberapa media masa, isu ini
bermula dari hasil tes Urine terhadap bocah berinisial CS berusia 3 tahun
oleh RSUD Kabupaten Meranti, yang positif mengandung Amfetamin. Hal itu
diketahui setelah anak dari Rika Novitri itu mengkonsumsi permen Yupi saat
bermain ditempat kerabatnya.

Seperti diceritakan Rika Novitri, dugaan sang bocah terkena efek Narkoba
semakin kuat setelah ia mendapati perubahan prilaku anaknya yang tidak bisa
tidur, ngelantur seperti berhalusinasi. Akhirnya iapun melaporkan kejadian
itu kepada pihak kepolisian Polres Meranti.

Menerima laporan tersebut, pihak Mapolres Meranti langsung mengambil
tindakan cepat dengan membawa sang bocah ke RSUD Meranti untuk dilakukan
tes Urine yang hasilnya menyatakan Urinenya positif mengandung Amfetamin.

Dari pengakuan Kapolres Meranti AKBP. La Ode Proyek kepada media ketika
itu, pihaknya telah melakukan penyelidikan terhadap keluarga dan lingkungan
sekitar korban termasuk distributor pemasok permen merk Yupi itu. Selain
itu juga membawa sampel permen "Yupi" yang diduga bernarkoba ke BPOM
Pekanbaru untuk dilakukan tes labor yang saat ini diketahui sama sekali
tidak mengandung narkoba atau negatif. (Humas Meranti).

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Rabu 23 Mei 2018

Lagi, Ayat Cahyadi Dkk Turun Gunung Ikut Menangkan Syamsuar-Edy

Lagi, Ayat Cahyadi Dkk Turun Gunung Ikut Menangkan Syamsuar-Edy

PEKANBARU (riauoke.com) – Ketua Pemenangan PKS Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi kembali turun gunung, berkampanye...