Kamis, 21 Juni 2018

LAM Riau Lantik Pengurus LAM Meranti dan Penambalan Datuk Sri Setia Amanah Bupati Meranti

Selatpanjang (riauoke.com) Helat Pelantikan Penggurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAM) Kabupaten Kepulauan Meranti dan Penambalan Datuk Setia Amanah Bupati Meranti Drs H. Irwan Msi dan Wakil Bupati Drs H. Said Hasyim Msi oleh Ketua MKA LAMR Provinsi Riau Datuk Seri H. Al Azhar, dan Ketua DPH LAMR Provinsi Riau, Datuk Sahril Abu Bakar berlangsung sukses di Halaman Lembaga Adat Melayu Riau Jalan Dorak Minggu (16/12) dari pagi hingga malam.


 

 

H. Irwan : Semoga Generasi Muda Bisa Terapkan Budaya Melayu di Zaman Kekinian.


Dalam Helat berlangsung terlihat hadir, Ketua LAM Provinsi Riau, Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Irwan Msi, Ketua DPRD Meranti Fuazi Hasan dan Anggota DPRD Meranti, Ketua Lam Kepulauan Meranti Muzamil Bahrudin, yang juga wakil Ketua DPRD Meranti, Kepala Dinas di Lingkungan Pemkab Meranti Majelis Kerapatan Adat Riau dan Pengurus Lam Provinsi Riau,Majelis Kerapatan Adat Kepulauan Meranti, Kerapatan Adat Kecamatan yang hadir, mewakili polres Meranti, Tokoh Adat, Tokoh Agama di Lingkungan Pemkab Meranti.

"Dalam pelantikan Pengurus LAM Kabupaten Meranti, di Laksanakan dalam helat yang di kemas dengan memasak sendiri makanan juadah undangan dan lainya, oleh Lembaga adat, dalam silahturahmi dengan masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti dalam mengujudkan budaya melayu, "tutur Ketua Pelaksana acara Agusriadi.

Naskah penambalan adat,Lembaga Adat Melayu Riau Langsung di bacakan dan di kukuhkan  Ketua MKA LAMR Provinsi Riau Datuk Seri H. Al Azhar dan Ketua DPH LAMR Provinsi Riau, Datuk Sahril Abu Bakar.ujar Agus. "Semoga datuk-datuk betah di Kepulauan Meranti, dan menjadikan pengurus Lam yang bermatabat, "ujar Agusriadi Ketua Pelaksana

Dalam Surat Keputusan Lembaga Adat Melayu Riau dalam Pelantikan Pengurus Priode 2017-2023, Menetapkan Dewan Kerapatan Adat,Majelis Kerapatan Adat Kabupaten Meranti,serta Gelar Datuk Setia Amanah Kepada Drs H. Irwan Msi, Drs H. said Hasyim,Ketua Majelis Kerapatan Adat H. Ridwan Hasan,dan Ketua Kerapatan Adat Muzamil oleh Ketua MKA LAMR Provinsi Riau Datuk Seri H. Al Azhar, dan Ketua DPH LAMR Provinsi Riau, Datuk Sahril Abu Bakar.

Bupati Kepulauan Meranti Drs H.Irwan Msi menyampaikan sebagai datuk setia amanah akan berupaya meningkatkan budaya melayu di tanah jantan serta mengajak gerasi muda tahu Alan budaya melayu di daerah melayu Kabupaten Meranti Provinsi Riau yang indentik dengan melayu.

"Alhadulilah kita sempat hadir dalam rangka pelantikan LAM Priode 2017- 2023,selamat kepada pengurus yang baru saja di lantik, semoga amanah dan tanggung jawab pengurus dapat di kembangkan untuk memajukan budaya melayu di tanah jantan, "tutur H. Irwan.

"Saya selaku bupati ,mengucapkan selamat atas pelantikan pads hari ini, semoga momentum ini ,sanggat berharga ,untuk pemilik negeri di kepulauan meranti dan kemajuan kabupaten yang kita cintai bersama, "ungkap Orang nomor satu di Kota Sagu.

Kendati demikian, H. Irwan juga mengajak, membangkitan lagi, budaya melayu ,niscaya kita semua masyarakat termajinalkan, kelompok kecil ,sehingga jumlah orang sanggat sedikit, maka dari itu pertahankan budaya melayu yang ada saat ini. harap H. Irwan.

"Generasi melayu, harus mengoreksi dirinya sendiri ,kenapa ? karena kita keinginan yang tinggi ,dalam tempat yang telah di kelompokkan dan sebagaimana, mestinya cara mengelola yakni sebagai contoh negara malaysia, "terang Bupati Meranti.

tambah H. Irwan untuk itu ,generasi muda melayu ,harus bisa segera mungkin merubah paradikma baru, dalam massa kekiniaan massa ini, kita lihat sampai saat ini ,posisi penting di negara tugas dan kewajiban kita yakni pemuda melayu.tutur H. Irwan. "Mari tingkatkan kwalitas sumberdaya manusia ,generasi melayu dalam teknologi kekinian, dengan Kebiasaan gerasi melayu, dalam pendidikan ,"harap H. Irwan.

Sementara itu,Ketua Kerapatan Adat (LAM) Muzamil Bahrudin menuturkan negeri melayu bukan tidak bertuan, kalau negeri melayu tidak,berdaulat langkah lebih tinggi dalam menata melengu inyak Allah dalam menata masyaralat melayu agar hubungan silahturahmi terjalin dengan baik.ujar Ketua LAM Kabupaten Meranti. "Semoga Kegiatan Pelantikan ini, dapat di maknai dan di sampaikan setiap hari, tentang bagaimana berprilaku menciptakan budaya melayu yang baik di tanah jantan, "harap Muzamil.

Dijelaskan Muzamil, kita semua, harus memiliki semangat dan Misi yang sama terhadap keberadaan adat istiadat dan budaya Melayu, dalam rangka untuk mencapai cita-cita mulia yang telah di impikan para orang tua kita terdahulu yaitu, memperkuat dan memperkokoh jati diri kemudian melakukan tindakan berupa penggalian, perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan terhadap nilai dan norma-norma hukum adat Melayu.Jelas Muzamil.

"Tindakan-tindakan nyata, yang kita lakukan dalam rangka melestarikan adat istiadat warisan budaya Melayu, sudah semestinya harus berpegang teguh pada syariat dan warisan masa lampau dalam rangka untuk melindungi, memelihara dan membina adat istiadat yang pasti akan kita wariskan pada anak cucu kita dimasa yang akan datang, "ungkapnya Muzamil.

tambah Muzamil, keberadan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), yang berazaskan syariat Islam dan berfalsafahkan Pancasila dalam rangka untuk meraih cita-cita mulia tersebut, tentunya bukanlah suatu hal yang mudah dan juga bukanlah suatu hal yang tabu.terang dia.

"Ini semua akan bergantung pada komitmen kita semua para pewaris peradaban budaya Melayu dalam mewujudkan impian mulia tersebut, mau dan sanggupkah kita untuk membumikan Melayu secara totalitas di muka bumi ini pada umumnya, dan khususnya di Kampung halaman kita tanah jantan, Kabupatan Kepulauan Meranti yang kita cintai bersama, "tegas Wakil Ketua DPRD Meranti itu. []ril.wn

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Senin 18 Juni 2018

LSM Lira Kampar Instruksikan Seluruh Jajarannya Kawal Pilkada Riau

Kampar (riauoke.com) Ketua LSM Lira Kabupaten Kampar Ali Halawa meminta seluruh jajarannya untuk berperan aktif...