Rabu, 19 Desember 2018

Wakil Bupati Catur Sugeng Hadiri Pemberian Gelar Adat Presiden Jokowi

Pekanbaru- Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menghadiri undangan pemberian gelar kepada Presiden Joko Widodo yang menerima gelar kehormatan adat sebagai Datuk Seri Setia Amanah Negara.

 

Gelar kehormatan tersebut dianugerahkan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau pada di Balai Lembaga Adat Melayu Riau, Kota Pekanbaru, Riau.



"Pemerintah Kabupaten Kampar mengucapkan selamat atas pemberian gelar  tersebut semoga amanah yang diberikan dapat diterima dengan baik dan menjadi amanah" ungkap Catur

Gelar kehormatan tersebut dapat dimaknai dengan pemimpin negara yang bercahaya dan setia menunaikan amanah negara dalam melindungi serta mengayomi rakyat.

"Saat saya pertama membaca arti dari gelar adat ini saya teringat pada saat saya dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia. Bagian dari sumpah seorang Presiden Republik Indonesia adalah berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Presiden.

Menurutnya, setiap Presiden Republik Indonesia sudah diberikan amanah untuk menjaga dan memenuhi cita-cita kemerdekaan Indonesia yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar 1945. Dibebankan pula amanah untuk melestarikan budaya Indonesia.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAM Riau, Datuk Seri Syahril Abubakar, dalam acara yang sama mengatakan pemberian gelar adat kepada Presiden Joko Widodo ini didasarkan pada sejumlah kebijakannya yang memberikan manfaat positif kepada masyarakat adat Riau.

Keputusan tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Lembaga Adat Melayu Riau Nomor 33/LAMRIAU/XII/2018 tentang Penganugerahan Gelar Kehormatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau kepada Presiden Joko Widodo.

"Lebih kurang 17 tahun lamanya Riau selalu didatangi oleh asap. Lantas Tuan Presiden mengambil kebijakan tidak ada asap di provinsi Riau. Alhamdulillah sudah tiga tahun ini asap tidak ada lagi," ucapnya.

Berbicara soal kebijakan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang menjadi salah satu dasar pemberian gelar adat, Presiden Joko Widodo mengatakan hal itu merupakan buah kerja keras dan kerja sama antara komponen masyarakat sehingga secara bertahap mampu menyelesaikan persoalan yang kurang lebih 17 tahun lamanya tidak dapat diselesaikan.(DiskominfoKampar/DAT)
09:44

Lawan Dominasi Konglomerasi Media Besar, AJO Indonesia Rekrut Media Kecil

JAKARTA (riauoke.com)- Ketua Dewan Pimpinan Daerah Aliansi Jurnalistik Online (DPD AJO) Indonesia, DKI Jakarta, Ridwan Ewako mengaku bangga dengan Ketua Umum DPP AJO Indonesia Rival Achmad Labbaika Alhasni.

“Pasalnya, dengan merekrut media-media kecil, di seluruh Indonesia, dengan menggunakan konsep tekhnologi digital, kemudian dengan kompetensi diharapkan bisa mengurangai konglomerasi media-media besar, ” tutur Ridwan, Ewako yang juga Pemimpin Redaksi bening media, Sabtu (15/12/2018).

“Kita lawan dominasi konglomerasi media media besar, jelas Ketua DPD AJO Indonesia, DKI Jakarta, pada kegiatan Pra Rapimnas AJO Indonesia, di Alia Matraman Hotel, Jakarta Timur.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum DPP AJO Indonesia Rival Achmad Labbaika Alhasni, berharap kepada semua pengurus DPD, DPC se Indonesia harus bisa mematang, untuk agenda Rapimnas pada Februari 2019 mendatang.

“Sehingga diharapkan AJO indonesia bisa menjadi konstituen bagi Dewan Pers, khususnya media online yang berbasis on line, ” katanya.

Ketua DPC AJO Indonesia, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Herman Khadafy beterimakasih atas pencerahan serta pengetahuan mengenai bisnis on line yang ditransperkan pengurus pusat kepada peserta yang hadir.

“Khususnya kami yang dari Kabupaten Rokan Hulu, merasa mendapat ilmu baru, setalah mengikuti kegiatan ini,” pungkas Herman Khadafy.

Terlihat, sejumlah pengurus, DPP DPD dan DPC aktif mengikuti sesi demi sesi dari kegiatan Rapimnas tersebut. Apalagi kegiatan dikemas berupa dialog antara peserta yang hadir dengan pengurus-pengurus pusat.[]Rilis/Detikperistiwa.com

Pra Rapimnas AJO Indonesia, Gelar Rakernas 15 Desember 2018

Pekanbaru riauoke.com - Gelar rakernas AJO Indonesia sikapi peran media di tahun politik. dan penetapan konsep “Be-Indonesia” sebagai konsep media AJO Indonesia yang terintegrasi dengan persyaratan mutlak.



Ketua Umum AJO Indonesia Rival Achmad Labbaika menyampaikan,Konsentrasi Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia, adalah membangun media yang profesional dengan mengedepankan kemampuan teknologi yang modern, tatakelola keredaksian dan para jurnalis yang kekinian, untuk kemudian mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh anggotanya.


Dengan semakin hangatnya suhu politik, dan semakin dekatnya pelaksanan Pemilihan Umum pada April 2019. AJO Indonesia sebagai Organisasi Pers dan Media Nasional, merasa perlu untuk mengambil sikap, tegas Rival Achmad di Jakarta, Senin, (11/12/2018).



Sebagai sebuah organisasi yang didalamnya tergabung banyak media – media lokal dari 18 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang didalamnya pula terdapat beragam pilihan politik dari masing – masing individu, baik pemilik, pemimpin redaksi, serta jurnalis. Yang pada hakekatnya merupakan hak asasi dalam berdemokrasi. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia, merasa perlu untuk menyikapi keberagaman pilihan tersebut, untuk tetap menjadi sebuah keberagaman namun tidak merupakan sikap dan tujuan serta pilihan politik organisasi” Tegas Rival Achmad.


Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia, menyerukan kepada seluruh media yang tergabung sebagai anggota untuk tidak tampil dengan membatasi ruang redaksional serta pemberitaan hanya terhadap satu Pasangan Calon (Paslon). Namun memberikan ruang yang sama dengan pemberitaan yang proporsional dan menjauhi pemberitaan yang bertendensi negatif kepada kedua Paslon agar masyarakat mendapatkan informasi yang baik, benar, dan bertanggungjawab.


Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia, menyerukan kepada seluruh media yang tergabung sebagai anggota untuk menghindari berita – berita yang mengandung kontroversi tanpa kepemilikan bukti yang kuat yang cenderung mengarah untuk menjatuhkan elektabilitas salah satu Paslon tertentu.


Rival Achmad mengakui, bahwasanya benar, media – media anggota AJO Indonesia bukanlah media mainstream, namun jumlah yang mencapai ribuan dari keanggotan media online yang tergabung dalam AJO Indonesia di 18 DPD provinsi se-indonesia tentunya dapat memberi warna melebihi satu, atau dua media mainstream terbesar di Indonesia sekalipun.


Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia, menyerukan seluruh anggota media untuk menjaga ruang publik dengan memberikan dan menyajikan berita – berita baik. Berita yang lebih bermanfaat untuk kembali membentuk dan membangun stigma di masyarakat luas tentang *“Pesta Demokrasi Yang Penuh Kegembiraan”*.


“Bahwa berbeda pilihan tidak akan membuat seseorang menjadi bukan Indonesia, tidak Pancasilais, tidak Nasionalis, atau bahkan tidak Agamis” ungkap Rival Achmad.Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia, menyerukan sebagai bentuk indentifikasi member keanggotaan AJO Indonesia seluruh anggota media AJO Indonesia untuk dapat menggunakan dan atau meletakkan Logo Organisasi di web / aplikasinya.


Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia, menyerukan kepada seluruh ketua DPD untuk segera memperbaharui data keanggotaan media, dan kemudian menyerahkan data terbaru disertai kelengkapan legal (Badan hukum) dalam bentuk hard copy kepada DPP dengan segera, dikali pertama selambatnya saat Rakernas pada tanggal 15 Desember 2018.


Rival menegaskan,dalam hal pengembangan bisnis media yang akan di selenggarakan bersama, dimana DPP AJO Indonesia akan mengeluarkan satu Aplikasi yang berbasis Web dengan nama *”Be-Indonesia”*, maka akan di tetapkan persyaratan yang berlaku mutlak. Dengan ketentuan yang diputuskan bersama saat Rakernas 15 Desember 2018. Tutup Rival Achmad.


Sebelumnya DPP AJO Indonesia telah memberikan undangan kepada seluruh Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPD dan DPC AJO Indonesia. Untuk dapat menghadiri Rakernas Pra Rapimnas AJO Indonesia, yang diselenggarakan di Kantor DPP AJO Indonesia dengan alamat : Ruko Mitra Matraman Blok A2 / 18 Jl. Raya Matraman No 148. Jakarta Timur.=ril

Kapolresta Pekanbaru Terima Penghargaan Polisi Sosial dari Mitrapol

JAKARTA (riauoke.com)- Peduli dan Berbagi terhadap masyarakat yang kurang mampu disekitar wilayah kota Pekanbaru Provinsi Riau, tim Polisi Peduli dan Berbagi Jum'at Barokah Polresta Pekanbaru menerima penghargaan dari Mitrapol di ruangan Bhayangkara Mabes Polri, Rabu (31/10/2018) Pukul 09.00 WIB.

Dalam rangka HUT Tabloid dan Media Online Mitrapol yang ke II tahun dilaksanakan pemberian reward kepada instansi Polri yang aktif dalam melaksakan program sosial. Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH mendapatkan penghargaan sebagai kategori Kapolresta yang Peduli program sosial.

Pimpinan umum Mitrapol Jend Purn Roesmanhadi SH MH kepada awak media menyebutkan bahwa Kapolresta Pekanbaru beserta tim Polisi Peduli dan Berbagi Jum'at Barokah merupakan kegiatan sosial yang rutin dilaksanakan oleh Polresta Pekanbaru setiap minggunya berhak mendapatkan penghargaan ini.

"Kegiatan sosial Polresta Pekanbaru ini, sudah 6 bulan belakangan ini menilainya. Jadi reward ini berhak mereka terima,"ujar mantan Kapolri tersebut

Kapolresta Pekanbaru yang diawakili Wakapolresta AKBP Edy Sumardi P SIK menerima lansung penghargaan tersebut menyebutkan ucapan terimakasihnya kepada tabloid dan media Online Mitrapol yang telah memberikan rewad kepada Kapolresta Pekanbaru berkat kegiatan polisi peduli.

"Alhamdulillah, Kapolresta bersama tim Jum'at Barokah Polresta Pekanbaru menerima reward dari groub Mitrapol, ini semua berkat kerjasama tim yang bekerja dengan ikhlas dalam membantu masyarakat setiap minggunya. Terimakasih tim JB, penghargaan ini juga buat tim. We Are Family Jum'at Barokah,"tutup Wakapolresta (*)

Hoax Sekarang Sedang Viral, Waspadalah

PEKANBARU (riauoke.com)- Hoax atau berita bohong atau informasi palsu sekarang ini sedang viral di tanah air. Generasi milenial di SMAN 13 Pekanbaru diharapkan waspada dengan hoax, sekaligus wajib melek IT.

Harapan itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Riau H Rudyanto diwakili Koordinator Pengawas Disdik Riau Drs Joyosman MM saat membuka hajatan Gerakan Anti Hoax Goes to School di SMAN 13 Pekanbaru, Kamis (22/11/2018). Hadir dalam hajatan tersebut Kepsek Abdul Gafar MM beserta majelis guru, Ketua PWI Riau/Ketua SPS Riau H Zulmanyah Sekedang, Ketua IJTI Riau Perasmadino, Ketua AJI Pekanbaru Firman Agus dan Kasubdit II Direskrimsus AKBP Jhon Ginting dari Polda Riau.

Menurut Joyosman, untuk mewaspadai dan melawan hoax, siswa-siswi SMAN 13 Pekanbaru diharapkan cerdas. "Cerdas apanya? Paling penting cerdas intelektualnya dan cerdas spiritualnya. Mudah-mudahan dengan mengikuti acara Gerakan Anti Hoax Goes to School, semakin bertambah kecerdasan intelektual kita semua, terutama dalam menghadapi dan melawan hoax," kata Joyosman.

Sebelumnya, Kepala SMAN 13 Pekanbaru Abdul Gafar MM menyambut gembira sekolahnya menjadi salah satu tempat sosialisasi dan edukasi anti-hoax. "Anak-anakku sekalian, ini kesempatan yang langka mendapatkan ilmu dan pengetahuan dari konstituen dewan pers di Riau. Ikutlah acara ini dengan semangat dan sungguh-sungguh," pesan Abdul Gafar kepada peserta didik.

Terhadap SPS Riau, PWI Riau, AJI Pekanbaru dan IJTI Riau, Abdul Gafar mengharapkan kerjasama ke depan lebih banyak lagi, tidak semata dalam Gerakan Anti Hoax Goes to School. "Kami pihak sekolah sangat gembira bila ada kerjasama lebih lanjut dengan SPS, PWI, AJI dan IJTI. Misalnya dalam pelatihan jurnalistik untuk peserta didik kami," ungkap Abdul Gafar.

Acara Anti Hoax Goes to School di SMAN 13 Pekanbaru menampilkan empat narasumber, yakni Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang dengan materi "Hoax: Ketika Fiksi Dijadikan Fakta", Ketua AJI Pekanbaru Firman Agus dengan materi "Saring Sebelum Sharing", Ketua IJTI Riau Perasmadino dengan  materi "Literasi Digital: Peran Penting Generasi Milenial Melawan Hoax" serta AKBP Jhon Ginting dari Direskrimsus Polda Riau. (Izl)

Ketua PWI Ajak Generasi Milenial Lawan Hoax

PEKANBARU (riauoke.com)-- Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang mengajak generasi milenial SMAN  13 Pekanbaru yang beralamat di Muara Fajar, Rumbai untuk melawan hoax atau berita bohong.


Karena selain menimbulkan keresahan dan kekhawatiran di tengah masyarakat, dari sudut pandang agama hoax juga perbuatan dosa.


Hal ini disampaikan Zulmansyah dalam seminar Gerakan Anti Hoax Go To School, Kamis (22/11) yang digelar PWI Riau bersama IJTI Riau dan AJI Pekanbaru dan Polda Riau.


Lebih jauh Zulmansyah memaparkan bahwa gerakan anti hoax perlu dikembangkan seiring dengan perkembangan media sosial di tengah masyarakat. Karena di era digital sekarang semua komponen masyarakat atau individu tanpa disadari sudah terlibat langsung sebagai insan penyebar berita hoax melalui android atau HP konten online mereka seperti facebook, instagram maupun konten mensos lainnya.
Apalagi setelah disyahkannya UU ITE yang mengatur tentang transaksi elektronik sehingga masyarakat rentan terjerat UU ITE ini.


Oleh karena itu PWI merasa terpanggil untuk memberikan pencerahan tentang bahaya berita hoax kepada generasi milenial agar bisa terhindar dari virus penyebaran berita hoax.  []Zar

DPW FPI Kota Dukung Program Jumat Barokah Kapolresta Pekanbaru

PEKANBARU (riauoke.com)- Front Pembela Islam (FPI) Kota Pekanbaru mengajak masyarakat untuk memberikan apresiasi yang terbaik untuk kegiatan Polisi Peduli dan Berbagi dengan nama Jum'at Barokah Polresta Pekanbaru.

Ketua DPW FPI Pekanbaru Provinsi Riau,  M. Alhusnie Thamrin R kepada awak media, Sabtu (17/11/2018) menyebutkan dirinya sangat memberikan apresiasi yang terbaik kepada team Jum'at Barokah Polresta Pekanbaru yang diprakarsai oleh  AKBP Edy Sumardi P SIK selaku Wakapolresta dan Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH sebagai komando tim.

"Kegiatan yang tulus dan nyata lansung menyentuh kepada masyarakat yang membutuhkan tanpa memandang suku dan agama. Setiap minggu kegaiatan terlaksana sampai tak ada yang ketinggalan dalam minggunya. Bahkan, kegiatan sosial tersebut sudah berjalan satu tahun lebih,"terang M Alhusnie

Ketua FPI tersebut menjelaskan Jum'at Barokah dilaksanakan berkat istiqomah, komitmen serta tekad untuk peduli dan berbagi kepada masyarakat yang kurang mampu. Terus, dapat berbagi kebahagiaan, kepedulian sesama Hablumminannas (sesama manusia,red).

"Dengan ini saya selaku ketua Tanfidzi DPW FPI Pekanbaru Riau menghimbau dan mengajak kepada setiap elemen pemerintah mulai dari tingkat RT, RW, Lurah, Camat, Walikota hingga tingkat Gubernur, ORMAS, LSM, OKP dan Wurausahawan untuk ikut serta dalam indahnya berbagi,"imbuhnya kembali

Penutup wawancaranya, M Alhusni berpesan dalam indahnya berbagi kebahagiaan, baik yang memberi dan yang menerima mendapatkan kebaikkan di dunia serta akhirat.(*)

Jumat Barokah Staf Sium Senyum Bahagia Petugas Sapu Jalan Dapat Rezeki dari Tim JB Polresta Pekanbaru

PEKANBARU (riauoke.com)-Polresta Pekanbaru lagi-lagi melakukan kegiatan sosial kepada masyarakat dengan memberikan rasa peduli dan berbagi.

Kali ini, Jumat (16/11/18), Tim Jumat Barokah Staf Sium Polresta Pekanbaru memberikan nasi bungkus gratis kepada petugas sapu jalan yang ada di jalan Jenderal Sudirman dan jalan Arifin Ahmad.

Rute pertama di jalan Jenderal Sudirman tepatnya depan Mtq, dilanjutkan ke jalan Arifin Ahmad.

Mendapat nasi bungkus gratis, petugas kebersihan pun tampak tersenyum bahagia sembari mengucapkan terima kasih kepada Tim Jumat Barokah Staf Sium Polresta Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH melalui Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan Jumat Barokah yang dilaksanakan Staf Sium ini terwujudnya rasa berbagi kepada sesama.

Disamping itu, AKBP Edy berharap, staf sium Polresta Pekanbaru bisa melaksanakan kegiatan yang baik ini.

"Dengan rasa berbagi dan peduli ini, kita juga memberikan yang terbaik buat masyarakat. Karena masyarakat juga bagian dari kita, sahabat kita," ucap AKBP Edy.***(rls)

Mas Bagus Santoso, Anggota DPRD Riau Bantu PWI Meja Pingpong

Pekanbaru (riauoke.com) Anggota DPRD Riau H Bagus Santoso membantu satu unit meja pingpong dan seperangkat alat permainan pingpong kepada PWI Riau.

Wakil Ketua PWI Riau Lelang Novel untuk Korban Bencana Sulteng

Pekanbaru (riauoke.com)-Untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami di Palu,  Donggala,  Sigi,  dan daerah lainnya di Sulawesi Tengah (Sulteng),  Wakil Ketua PWI Riau Hary B Kori'un akan melakukan lelang salah satu novelnya,  Luka Tanah.

Daerah

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Rabu 12 Desember 2018

Wadahi Potensi Kaum Muda, PPI Kampar Gelar Turnamen Futsal

Bangkinang (riauoke.com) Untuk mewadahi para pecinta olah raga futsal di Kampar, Persatuan Paskibraka Indonesia (PPI)...

Politik

Senin 17 Desember 2018

Tampung Aspirasi Warga Mandau, Anggota DPRD Bengkalis Ini Gelar Reses

Tampung Aspirasi Warga Mandau, Anggota DPRD Bengkalis Ini Gelar Reses

Duri  (riauoke.com) - Anggota DPRD Zulkifli Bengkalis dari Partai Hanura  mengadakan reses di Duri tepatnya...