Senin, 20 November 2017

Tingkatkan Kualitas Wartawan, PWI Riau Kembali Gelar UKW

Pekanbaru (riauoke.com) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau kembali akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan IX, di Pekanbaru, 15-16 Desember 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kualitas kerja wartawan anggota PWI di Provinsi Riau.




Ketua PWI Provinsi Riau H Zulmansyah Sekedang mengatakan, kegiatan ini selaras dengan program kerja Dewan Pers dalam meningkatkan kualitas insan wartawan. Menurut dia, perkembangan informasi yang disajikan ke masyarakat tidak terlepas dari peran wartawan.

Oleh karena itu, jelasnya, agar informasi yang beredar ke masyarakat semakin berkualitas, maka dibutuhkan peningkatan kualitas kerja para wartawannya. PWI, tegas dia, berkewajiban meningkatkan kualitas insan pers.

‘’Ini merupakan bagian dari tanggung jawab PWI terhadap bangsa dan negara,’’ ujar Zoom, panggilan akrab Zulmansyah Sekedang,  di Gedung PWI Provinsi Riau. UKW, sebut dia, adalah bagian dari upaya sistematis dan terukur untuk menjaga profesionalitas dan kehormatan profesi wartawan.

Dengan demikian, papar Zum, UKW boleh disebut sebagai standar keprofesionalan wartawan. Terkait hal itu, sebutnya, PWI Provinsi Riau membuka kesempatan dan mengajak para wartawan di Kota Pekanbaru khususnya dan Provinsi Riau umumnya, untuk mengikuti UKW.

Dalam kesempatan sama, Ketua Panitia UKW Angkatan IX PWI Provinsi Riau H Novrizon Burman mengatakan, pada kegiatan UKW akan disiapkan tiga jenjang, yakni muda, madya, dan utama. Kata Novrizon, masing-masing tingkatan terdiri dari dua kelas. Peserta Muda dikenakan biaya Rp800 ribu, Madya Rp900 ribu, dan Utama Rp 1 juta.

Menurutnya, undangan untuk mengikuti UKW akan disebar ke seluruh media massa. ‘’Kita akan mengirimkan undangan ke redaksi-redaksi, sementara undangan dan pemberitahuan ke perwakilan-perwakilan PWI di kabupaten/kota di Riau, akan disampaikan oleh Sekretariat PWI Riau,’’ kata Novrizon.

Mengingat terbatasnya kuota peserta, pihaknya berharap rekan-rekan wartawan segera mendaftarkan ke Sekretariat PWI Provinsi Riau, Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru. Pendaftaran telah dibuka mulai besok tanggal 14 November 2017, dan akan ditutup pada 12 Desember 2017. Peserta yang berminat juga bisa menghubungi saudara Abdul Gafur di 08127531635 dan Dona 085265904870.[]ril

Kucurkan Dana Rp 5 Milyar, Rektor Universitas Riau Prioritaskan Peningkatan Infrastuktur IT

Pekanbaru (riauoke.com) Rektor Universitas Riau Prof Dr Aras Mulyadi DEA, dalam dua tahun terakhir ini memberi perhatian khusus untuk peningkatan infrastruktur layanan teknologi informasi (information technology/ IT) pada Unit pelayanan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK), dengan mengucurkan dana setidaknya Rp 5 milyar.




Demikian dikemukakan Kepala UPT TIK Universitas Riau (UR), Ir Ridar Hendri MSi, kepada wartawan di ruang kerjanya,(18/10). Menurut Ridar, perhatian khusus Rektor tersebut diberikan untuk meningkatkan performa, kinerja dan pelayanan UPT TIK UR ke depan yang memang dituntut harus prima.

“Apalagi saat ini UR sedang mempersiapkan diri menghadapi proses akreditasi institusi, dan berharap dapat meraih akreditasi A. Dalam kaitan ini peran UPT TIK sebagai unit pengelola data dan berbagai aplikasi online terintegrasi di Universitas Riau, sangat strategis,” katanya.

Menurut Ridar, tahun 2016 lalu, dana yang dikucurkan untuk keperluan peningkatan infrastruktur dan pelayanan UPT TIK hampir Rp 1,5 milyar. Diantaranya untuk pembelian peralatan IT (Rp 1.135.085.940), pembelian 43 unit AC (Rp 67.050.000), pengembangan dua aplikasi (Rp 96,7 juta), dan rehabilitasi ruangan pimpinan dan staf (Rp 125.475.000).

Dana itu di luar dana operasional rutin yang berjumlah Rp 800 juta lebih, dan pembelian bandwidth berkapasitas 500 Mbps. Sementara tahun ini, lanjut dia, dana yang dikucurkan sekitar Rp 3 milyar. Diantaranya untuk peningkatan bandwith menjadi 1 GB, yang mencapai hampir Rp 2 milyar.

Lalu untuk rehabilitasi ruang pelayanan IT, rehabilitasi ruangan resepsionis, dan pengecatan gedung, dengan nilai masing-masingnya bih dari Rp 100 juta. “Tahun ini juga ada kucuran dana sekitar Rp 700 juta lagi untuk penggantian 40 unit komputer di ruang pelayanan komputer,” ujarnya.

Nilai ini juga di luar dana operasional rutin sebesar Rp 800 juta lebih. Dengan perhatian dan dukungan Rektor tersebut, saat ini kinerja pelayanan UPT TIK UR sudah lauh lebih baik. Bahkan, UPT TIK UR sekarang sudah memiliki fasilitas backup data (colocation server) di Jakarta. Backup data ini penting untuk mengantisipasi manakala terjadi gangguan penyimpanan data lokal di UPT TIK. []had

 

PWI Riau Gelar Sunatan Massal untuk Anak Wartawan

Pekanbaru (riauoke.com)- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau bekerja sama dengan Yayasan Ibadurrahman Pekanbaru akan menggelar Sunatan Massa untuk 400 anak. Sunatan massal tersebut direncakan digelar pada 23 Desember 2017 mendatang.

Ketua panitia sekaligus wakil ketua Yayasan Ibadurrahman  Abu Syarief Selasa (17/10) mengatakan sunatan massal dilaksanakan di dua tempat yaitu Gedung PWI Riau Jl Arifin Ahmad dan Arsyad Islamic School Jalan Harapan Raya Pekanbaru.

Terselenggaranya acara tersebut berkat kerjasama dengan beberapa sponsor seperti RS Syafira, Syrup Kurnia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Pekanbaru, Aqua, FDA Travel, Susu SGM dan Arsyad Islamic School.

Dikatakan Abu Syarief kegiatan Sunat massal ini telah terlaksana secara rutin setiap liburan  sekolah sejak Desember 2015 lalu yang dilaksanakan oleh RS Syafira dan Arsyad Islamic School.

Dengan kegiatan sunatan massal ini panitia berharap dapat membantu masyarakat yang kurang mampu, selain itu kegiatan ini salah satu wujud menjalanakan sunah rasul. Sebagai wujud nyata kepedulian  RS Syafira yang mempercayakan pantia menyalurkan CSR.

Panitia sunatan massal dalam tahun ini menargetkan sebanyak 400 anak, 100 diantaranya merupakan anak keluarga wartawan yang ada di Riau.

Sementara itu ketua PWI Provinsi Riau Zulmansyah Sekedang mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Ibadurrahman terhadap PWI Riau untuk menyelenggarakan sunatan massal.

Zulmansyah berharap kegiatan sunatan massal ini dapat bermanfaat untuk semua masyarakat khususnya kekuarga wartawan di Riau. Ia juga berharap kegiatan ini tidak terlaksana tidak hanya hanya sekali ini saja, tetapi dilaksanakan secara rutin dengan kegiatan-kegiatan lainnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya untuk menghubungi Ummi Maya di Nmr Hp 0853-6354-9985. Atau daftar ke Kantor PWI Riau Jl Arifin Ahmad Pekanbaru.

Bagi masyarakat atau donatur yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini bisa ditransfer melalui BNI Syariah Cabang Sudirman di Nmr Rekening 181.85.75757 an Ibadurrahman Pekanbaru. []rls

Lembaga Adat Riau Kutuk Pembakaran Mobil Nurhasyim

Pekanbaru (riauoke.com) Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Datuk Seri Al azhar mengatakan, pihaknya mengutuk pelaku pembakaran mobil tokoh adat Dr Nurhasyim, apa pun sebab-musabab dan alasannya.




“Itu tindakan biadab, dan semestinya tidak boleh terjadi di mana pun, apalagi di negeri Melayu ini,” kata Al azhar. Disambungnya, oleh sebab itu sebagai pribadi dan selaku pimpinan LAMR, ia mendesak pihak kepolisian dan aparat hukum untuk mengusut tuntas kasus itu dan menghukum si pelaku maupun auctor intellectual (sekiranya ada) yang berada di balik kasus tersebut.

Seperti diketahui, Jumat subuh, mobil merk Avanza di rumah tokoh Melayu, Dr Nurhasyim, dibakar oleh orang tak dikenal. Selain diotolong warga sekitar, api dapat dikendalikan setelah mobil pemadam kebakaran turun ke lokasi. Tapi bagian depan mobil ini sudah hangus terbakar sehingga tidak mungkin dipergunakan lagi seperti dilansir riaukepri.com.

Selain tokoh adat, yang sejak beberapa tahun terakhir dipercayakan sebagai Ketua MKA LAMR Pekanbaru, Nurhasyim yang kini berusia 70 tahun, sehari-hari juga mengajar di Fakultas Hukum Universita Islam Riau. Ia juga dikenal sebagai birokrat yang tangguh, sempat menjadi Sekretaris DPRD Riau, bahkan menjabat Bupati Rokan Hulu saai awal kabupaten ini berdiri belasan tahun lalu.

Al azhar tidak mau berandai-andai. Tetapi peristiwa terebut jelas bukan suatu kecelakaan biasa, tetapi disengaja seperti terlihat dari tertinggalnya korek api di tempat kejadian. Adalah wajar jika kemudian orang menyimpulkan bahwa pelaku berusa meneror sesorang atau suatu pihak dengan tujuan tertentu.

Di sisi lain, Al azhar mengaku, bagaimanapun kejadian tersebut memelukan penyelidikan yang akurat. “Kami akan membantu pihak keamanan untuk menyelidiki kasus ini dengan siap memberikan berbagai keterangan yang diperlukan,” katanya.

Diharapkan, pada masa mendatang kasus serupa tidak terjadi lagi. Sebab bagaimanapun teror apalagi dengan kekerasan yang dilakukan secara terbuka, merupakan suatu bentuk penistaan terhadap kemanusiaan.

Pernyataan senada juga diperuntukkanya terhadap kasus bom molotov yang baru-baru ini terjadi terhadap rumah salah seorang anggota DPRD Riau. “Seperti kejadian pembakaran mobil itu, pegeboman di rumah anggoita DPRD beberapa pekan lalu harus dibongkar tuntas dan pelaku serta orang yang berada di belakang kasus tersebut (sekiranya ada) ditindak tegas,” kata Al azhar. [] had.rkc

 

Ketua TP PP Riau Canangkan Bulan Bhakti PKK KB Kes Tingkat Provinsi di Pelalawan

Pelalawan (riauoke.com) - Ketua PKK Sisilita Arsyadjuliandi didampingi Wakil Ketua PKK Rosmiati Thamrin menghadiri acara Pencanangan Bulan Bhakti PKK KB dan Kesehatan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2017 di areal PT. Mitra Unggul Pusaka (MUP) Desa Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Selasa (10/10/2017).

Gubernur Riau Serahkan Bonus Kepada Atlet dan Pelatih Berprestasi

Pekanbaru (Riauoke.com) - Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman menghadiri acara penyerahan bonus atlet dan pelatih peraih medali sekaligus pembubaran kontingen POPNAS XIV Riau 2017 di Gedung Daerah, Balai Serindit, Pekanbaru, Senin (2/10/2017).

Puan Riau Audiendi dengan Gubernur, Ajak Rombongan Keliling Kediaman

Pekanbaru (riauoke.com) -Rombongan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perempuan Amanat Nasional (PUAN) Provinsi Riau melakukan audiensi dengan Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman di kediaman Jalan Diponegoro, Pekanbaru, (27/9/2017) siang. Usai audiensi, gubernur memperkenalkan satu per satu kamar dan ruangan yang ada serta mengajak rombongan mengelilingi kediaman.

Khususnya Riau, Korupsi adalah Masalah Besar bagi Seluruh Negara Termasuk Indonesia

Pekanbaru (Riauoke.com) Penaningkatan Maturitas SPIP Dan Kapabilitas APIP, Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa, Penandatanganan MOU Implementasi Simda Perencanaan MOU Pembinaan Putra/i Riau Yang Berprestasi Untuk Mengikuti Penerimaan Calon Anggota Polri, gedung daerah, Pekanbaru, 27-september-2017

Meriahkan Milad ke-55, Universitas Riau Gelar Aneka Pertandingan Olahraga

 

Pekanbaru, (riauoke.com) Memperingati Milad ke-55 2017, Universitas Riau menggelar pertandingan empat cabang olahraga berhadiah jutaan rupiah. Keempat cabang olahraga itu ialah sepakbola putera, bola voli putera-puteri, futsal putera, dan bulutangkis putera-puteri.

Gubri: Pemerintah Provinsi Riau Seriuas Tingkatkan Semangat UMKM di Bumi Melayu

Duri (riauoke.com) Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman, mendukung langkah Ikatan Keluarga Rokan Hilir (Ika­rohil) yang mendirikan gerai Usaha Mikro Kecil Mengah (UMKM), di Duri, Kabu­paten Bengkalis.

Daerah

Kamis 16 November 2017

FRPD Akan Gelar Diskusi Dana Desa

FRPD Akan Gelar Diskusi Dana Desa

Bangkinang Kota (riauoke.com)- Serikat rakyat miskin indonesia (SRMI), liga mahasiswa nasional demokrasi (LMND), dewan...

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Selasa 31 Oktober 2017

Pemkab Siak Akan Bantu 12 Parpol Peseta Pemilu

Siak (riauoke.com) Pemerintah Kabupaten Siak akan memberikan bantuan keuangan kepada 12 partai politik peserta pemilu...