Sabtu, 18 Agustus 2018

HUT IKLA Riau, Tampilkan Atraksi Tambua Tasa, Silat Gelombang dan Senibudaya

Pekanbaru (riauoke.com) Demi suksesnya acara HUT Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) Provinsi Riau dan Pelantikan Pengurus IKLA Pekanbaru, panitia pelaksana yang digawangi Yosrizal. ST M.Si St Makmur sudah mempersiapkan sejumlah atraksi seni dan budaya Minangkabau.

Di antara seni budaya Minangkabau itu yakni atraksi Tambua Tasa, silat gelombang, tari persembahan, Tari Piring diatas kaca, Pepatah dan petitih adat, dan para Datuk-Datuk akan memakai pakaian Datuk Minangkabau Lengkap  sesuai dg amanah yang dipegang Datuk datuk tersebut.

Acara HUT IKLA Riau dan Pelantikan Pengurus IKLA Pekanbaru masa bakti 2018-2023 akan berlangsung InshaAllah di Jalan Gajahmada Pekanbaru pada Minggu (08/04/2018) mendatang mulai pukul 08:00 WIB sampai selesai.

Ketua Panitia HUT IKLA Riau dan Pelantikan Pengurus IKLA Pekanbaru,  Yosrizal. ST M.Si St Makmur mengungkapkan, sampai sekarang panitia terus melakukan persiapan-persiapan untuk kelancaran dan suksesnya acara HUT IKLA Riau dan pelantikan pengurus IKLA Pekanbaru masa bakti 2018-2023. Meski acara akan diselenggarakan pada April 2018 mendatang.

"Untuk acara nanti, semuanya sudah kita persiapkan. Seperti undangan akan kita rancang dan design bentuknya. Selain itu, proposal kegiatan juga sudah.mulai kita buat untuk kita edarkan ke Donatur  yang kita anggap bisa membantu suksesnya acara nanti,"   beber Yosrizal yang saat ini menjabat Ketua Harian IKLA Riau disela-sela rapat pembahasan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) pelaksanaan HUT IKLA Riau dan IKLA Pekanbaru di Sekretariat IKLA Riau/IKLA Pekanbaru dan IKTR di Jalan Kasah Ujung/Jalan Merak Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Sabtu (03/02/2018) sore kemarin.

Yosrizal mengatakan, acara HUT IKLA Riau dan pelantikan IKLA Pekanbaru nanti akan dihadiri InshaAllah Gubernur dan Ketua DPRD SUMBAR, Gubernur dan Ketua DPRD Riau Bupati dan Ketua DPRD Agam, Walikota dan Ketua DPRD Bukittinggi, Walikota dan Ketua DPRD Pekanbaru, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Komandan Korem (Danrem) 031 Wirabima dan tokoh-tokoh Pagayuban yg ada d Provinsi Riau serta masyarakat Minang yang ada di Riau dan Lembaga Adat Melayu Riau serta ratusan undangan lainnya.

"Kita optimis seluruh tamu undangan akan hadir pada acara nanti. Karena pada acara nanti akan ada acara khusus penyambutan yakni dengan mengarak tamu-tamu penting dari kediaman Ketua Umum IKLA Riau di Jalan Sumatera ke tempat acara di Jalan Gajahmada dengan tambua tassa dan silat gelombang. Setibanya di tempat acara, tamu-tamu penting ini nanti disambut dengan pasambahan Minang serta tari persembahan dan tari zapin," papar Yosrizal.

Menariknya lagi, sebut Yosrizal, para ninik mamak atau Datuk diharuskan memakai baju kebesaran dan tongkat datuknya. Tujuannya, supaya bisa membedakan mana yang sudah bergelar datuk dan mana yang bukan datuk.

"Pada acara nanti, kita meminta para datuk-datuk adat kita memakai baju kebesaran dan tongkatnya," ujar Yosrizal.[] had

 

Daerah

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Selasa 31 Juli 2018

NasDem Kampar Serahkan Perbaikan 45 Berkas Bacaleg Ke KPUD Kampar

NasDem Kampar Serahkan Perbaikan 45 Berkas Bacaleg Ke KPUD Kampar

Bangkinang Kota (riauoke.com) - DPD Partai NasDem Kampar antarkan Perbaikan 45 Berkas Bacaleg yang diminta...