Kamis, 18 Januari 2018

Kadisdukcapil Rohil : NIK E-KTP Tidak Bisa Dirobah

Rohil (riauoke.com,) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Rokan Hilir (Rohil) mengatakan bahwa Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak bisa dirobah. Sebagai besar terbit e-ktp memang mengikuti angka pada angka tanggal lahir, bulan dan tahun lahir pada NIK Kartu Tanda Penduduk (KTP), Demikian dikatakan oleh Kadisduk Capil Rohil, Sabaruddin, SH , Kamis 10/01/2018 di Bagansiapiapi.




"Tidak semuanya sama, ada juga yang beda tanggal lahir, bulan dan tahun lahir, dalam kasus ini perlu diketahui bahwa NIK adalah data stastik kependudukan untuk selamanya, tidak bisa dirubah walaupun sesorang itu sudah meninggal dunia" kata lagi Sabaruddin

Hal ini sangat perlu disampaikan kepada masyarakat bahwa NIK e-ktp tersebut tidak bisa dirubah, walaupun sekalipun orang itu telah meninggal dunia. Sementara NIK e-ktp ini sipatnya tunggal, dan unik, percetakan secara otomatis , melalui sistem aplikasi selamanya terekam didatabase kependudukan secara nasional

Ia mengatakan jika sesorang telah melakukan perekaman e-Ktp atau sudah memiliki e-Ktp, tercantum dalam dokumen kependudukan bisa manfaat lembaga pemerintah maupun lembaga -lembaga pelayanan publik .


"NIK e-Ktp tidak bisa dirubah kembali, meskipun NIK yang diterbitkan adanya mengalami perbedaan pada tanggal ,bulan dan tahun lahir yang mereka miliki tersebut." Sebut Sabarudin. []fyan


Dewan Kesenian Rohil Angkat Marwah Melayu Bersama Produser Nasional

Rohil (riauoke.com) Malam sambut tahun Baru 2018,  Dewan Kesenian  Daerah (DKD) Rokan Hilir dengan Produser musik asal jakarta ikut memeriah pesta Rakyat dan Lauching album kompilasi melayu dangdut Liza dan Soni D,Academy4.

Bagansiapiapi, Pakning dan Dumai Pesisir Diimbau Waspadai Fenomena Supermoon

Rohil (Riauoke.com) Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir,termasuk salah satu daerah pesisir yang masil dalam prediksi  Badan Meteorologi Klimotologi Geofisika ( BMKG ) Stasiun Belawan dugaan adanya fenomena Supermoon yang terjadi pada awal 2018.

Dugaan fonemena itu memberi dampak peningkatan tinggi muka air laut, yang dapat mengakibatkan terjadi rob atau genangan air laut di daratan, yang diprediksi terjadi antara 01 hingga 04 Januari  2018.


BMKG Stasiun Belawan merilis edaran wilayah pesisir diprediksi akan terdampak oleh fenomena supermoon ini, Pesisir Sabang, Lhoksumawe, Malahayati, Semulue, Meulaboh, Belawan, Kuala tanjung, Pangkalan susu, Sibolga, Nias, Bagansiapiapi, Dumai dan Sei Pakning Kabupaten Siak.

Demikian Kepala Stasiun Meteotologi Maritim Belawan Abdul Aziz, ST menyampaikan dalam Surat Edaran diterbitkan pada Minggu (31/12/17) kemaren.

Terkait fenomena itu, masyarakat di pesisir diimbau tetap waspada dan siaga, untuk mengantisipasi dampak dari pasang air laut maksimun.

"Masyarakat diimbau untuk selalu memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG," himbau Abdul Aziz.

Hingga kini berita dinaikan ami belum dapat menghubungi pihak BMKG Stasiun Belawan terkait kebenaran surat edaran itu. []fyan

Pastikan Situasi Terakhir Aman dan Kondusif, Polres Rohil Gelar Operasi Lilin Siak 2017

Rohil (Riauoke.com) Pantuan hingga terakhir, Senin 01/1/18 sekira Pukul 00.00 wib pelaksanaan kegiatan operasi lilin Siak 2017, stuasi kamtibmas masih aman dan kondusif .


Personil melaksanakan tugas kegiatan operasi lilin siak tersebut , pantauan kehadiran personil lengkap, dan personil kesehatan masih dalam keadaan baik, serta sarana dan prasarana pendukung Oprerasi lilin siak 2017 ,.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Rohil,  AKBP Sigit Adiwuryanto, SIK MH melalui Paur Humas Polres Rohil Aiptu Yusran Pangeran Chery, SH, Senin (01/01/18).

Kegiatan pelaksanaan tersebut Patroli beregu Banops ,Ops Lalin 2017 memantau dan kunjungan kepos pengamanan dijalan lintas Riau-sumut dikepenghuluan rantau bais, tanah putih

"Patroli dipimpin oleh Kasubag humas Polres Rohil , AKP Ruslan sebagai Kasatgas II Ops Lalin siak 2017 ,beserta dengan delapan personil Polres Rohil," ujar Pangeran.[]fyan

Polres Rohil Patroli Keamanan Rutin Hadapi Tahun Baru

 

Rohil (riauoke.com) Regu II Polres Rohil melaksanakan Patroli dan diploting Personil yang ada diareal gereja-gereja untuk pengamanan kebaktian umat nasrani dan sambut perayaan tahun baru 2018 sampai kelokasi sasaran. Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto,Sik .MH melalui Kasubag Humas Polres Rohil, Aiptu Yusran Pangeran Chery,SH, 31/12/17 di Ujung Tanjung.

Ini Dia Nama Anggota Legislatif Yang Mengembalikan Mobnas

Rohil (riauoke.com) Anggota DPRD Rokan Hilir fraksi Golongan Karya (Golkar) mengembalikan mobil dinas (Mobnas)Ke Sekretariat Dewan (Sekwan ). Pengembalian Mobnas itu untuk memenuhi ketaatannya tentang peraturan pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 didasari dengan perda yang telah disyahkan akan menerima hak dana tunjungan inisiatif.

Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Rohil Dirikan Pos Pelayanan

Rohil (Riauokecom)-Polres Rohil telah turun 338 personil Gabungan Polres Rohil, dan Jajaran Polsek-ditambah dengan kekuatan satuan Brimob Den pelapor manggala Jonction serta TNI, Pemkab Rohil serta instansi terkait.


"Polres Rohil turunkan 338 Personil mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Siak Tahun 2017 dalam rangka menyambut Natal dan tahun baru 2018  agar berjalan aman dan kondusif," Kata waka Polres Rohil Kompol Dr Wawan, SH. MH melalui Paur Humas Polres Rohil , Aiptu Yusran Pangeran Chery, SH, Sabtu, (23/12/17) di jalan lintas Riau-Sumut Km 17 Balam.


Saat melakukan pemantuan Waka Polres Kompol Dr Wawan, SH. MH didampingi Kabag Ops Polres Rohil Kompol Antoni L.Gaol dan Kasat Intel Akp Pantun Banjornahor.

Kegiatan Ops Lilin Siak 2017, Polres Rohil menyiapkan 2 Unit Pos Yan di sepanjang jalan lintas Riau-Sumut berada di depan Suzuya Bagan Batu.


Selain itu dua Pos pam Jalan Lintas Balam Km 17 dan Rantau Bais Tanah Putih. Selain itu Pos Yan berada Bagansiapiapi, Semua Pos Yan disiapkan untuk memberikan aman dan kenyamanan pada masyarakat baik dalam melaksanakan Natal dan tahun baru 2018.


Personil Polres Rokan hilir juga melakukan pemantauan kelancaran arus mudik serta melakukan pengamanan perayaan Natal dan tahun Baru 2018.


"Semoga seluruh segenap personil pengamanan dua agenda tersebut mendapatkan Ridho perlindungan dari tuhan maha Esa, Selama pelaksanaan tugas ini berjalan lancar dan kondusif," Ungkap Yusran. []syan

Putra Daerah Rohil Bangun STTR di Ujung Tanjung

Rohil (Riauoke.com)-Keluarga Besar Almarhum  Affandi Tungkang  bertekad memajukan  dunia  pendidikan di kampung  halamannya  sendiri, supaya  putra-putri  memiliki ilmu pengetahuan  yang  andal  dengan sumber daya manusia yang berkecukupan.

Tekad  donatur  ini  membangun  Sekolah Teknologi Tinggi Rohil (STTR) yang berada di Kelurahan Ujung Tanjung, Tanah Putih, Rokan Hilir.

Sekretaris Yayasan Negeri Seribu Kubah, (YNSK) Jhoni Charles, BA MBA, mengakui hal  tersebut. Ia menjelaskan sementara ini  kita menyediakan 3 unit rumah toko (Ruko) dan pemilik yayasan  juga menyiapkan lahan seluas 32 Hektar guna pembangunan pendidikan STTR ini.

"Dengan perlahan tapi pasti, untuk dengan niat baik, membangun yang lebih besar,  ruangan STTR dilahan 32 Hektar disini,  dilahan itu bisa dibangun pusat pendidikan jenjang SD sampai kejenjang tingkat SMA," tutur Jhoni Charles.

Saat ini,  pihak  YNSK  tengah mengurusi proses perizinannya, kita yakin 2018 STTR  ini sudah  bisa dibuka.

Dikatakan Jhoni, rencana awalnya pihak yayasan akan menyediakan 3 Fakultas, yaitu Fakultas  Pertanian, Informatika, dan Perikanan, menyediakan 24 Dosen.

"Dengan terbangun Pusat pendidikan STTR di sini,  otomatis  anak-anak daerah tidak lagi jauh-juah kuliah. Selain dapat mengirit pembiayaan   kuliah, mereka  tak  begitu  jauh  dari keluarga,  tujuan pihak  YNSK (donatur) sebenar karena masih sayangkan kabupaten Rohil ini," ujar Jhoni.

Pemkab Rohil mengapresiasi Donatur akan membangun Pusat Pendidikan STTR di Rohil, di Ujung Tanjung, kita menyambut baik.

Pemerintah  daerah  memberi Support dan akan memfasilitasi  proses perizinan, "Kita siap  membantu Pihak  YNSK  mengurusi  proses perizinan  yang  diperlukan."tegas sekda Rohil Drs H.Surya Arfan,M.si  Sabtu, 23/12/17 didamping Camat Tanah Putih Ramlan dan Sekretaris YNSK Jhoni Charles di Ujung Tanjung.

"Dengan  niat  baik  putra  Rohil ini, semoga  mendapatkan  Ridho nya  dari  Allah SWT,  sehingga segala  proses dilalui  berjalan dengan lancar  "kata Sekda

Jaga Kedaulatan NKRI Melalui penyiaran, KPID Riau Bentuk KCSI di Rokan Hilir

Rokan Hilir (riauoke.com)- Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Riau membentuk kelompok Keluarga Cinta Siaran Indonesia (KCSI) di Desa Sekeladi, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, Jumat (22/12/2017). Kegiatan ini bentuk komitmen KPID dalam menjaga kedaulatan  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari luberan siaran negara asing.


Kegiatan yang dilaksanakan di aula desa Sekeladi ini  dihadiri kepala desa setempat Joni Efendi dan puluhan tokoh masyarakat serta masyarakat dari berbagai elemen pekerjaan seperti petani,  nelayan juga Gabinsa.


Kades dalam sambutannya, menyampaikan selama ini masyarakat sekitar tidak bisa menikmati siaran lokal dan nasional negara Indonesia karena di wilayahnya belum belum ada siaran dari lembaga penyiaran baik radio maupun televisi yang bisa dinikmati masyarakat. Untuk bisa menikmati siaran nasional masyarakat harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli parabola, maupun tv berlangganan satelit. Apabila menggunakan antena UHF masyarakat hanya dapat menikmati siaran dari negara asing Malaysia. Sementara siaran TVRI tidak begitu jelas,  karena luberan siaran asing cukup kuat ke Rokan Hilir.


Untuk itu dia berharap dengan kehadiran Komisioner KPID Riau membentuk  KCSI ini membekali masyarakat terkait baik buruknya isi dan program siaran lembaga penyian televisi agar masyarakat bisa menjadi filter di rumah tangga setempat dan memperkuat rasa kebangsaan dengan cinta siaran indonesia melalui penyiaran.


Komisioner KPID Riau, Nopri Naldi dalam penyampainya tentang keluarga cinta siaran indonesia mengatakan pembentukan Keluarga cinta siaran Indonesia adalah kelompok yang dibentuk menjadi ujung tombak dari gerakan kampanye yang mendorong Tumbuhnya rasa cinta terhadap siaran indonesia, ini sesuai dengan amanat undang undang penyiaran Pasal 3, UU No 32 tahun 2002; yang berbunyi dengan cinta siaran indonesia bisa, Memperkukuh integrasi nasional, Terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa, Mencerdaskan kehidupan bangsa, Memajukan kesejahteraan umum dalam rangka  membangun masyarakat mandiri, demokratis, adil dan sejahtera,  serta menumbuhkan industri penyiaran Indonesia.


Serta UU penyiaran No 32 Tahun 2002 pasal 52, Setiap warga negara Indonesia memilki hak   dan kewajiban dan bertanggung jawab dalam berperan serta mengembankan penyelenggaraan penyiaran nasional.


Setidaknya pertahanan bangsa indonesia dalam menjaga negara kesatuan indonesia  tidak hanya TNI, POLRI, namun KPI sama kelompok cinta siaran indonesia ikut berperan aktif menjaga kedaulatan siaran indonesia memalui penyiaran.


Untuk itu diperlukan kelompok kelompok kcsi di seluruh daerah perbatasan di provinsi riau yang luberan siaran negar tetangga masih sangat jelas diterima mayarakat di 7 kabupaten dan kota di Provinsi Riau.


Sementara  komisioner KPID Riau kordinator bidang kelembagaan Widde Munadir Rosa menjelaskan terkait kelembagaan KPID. Karena selama ini masyarakat msih kurang paham dan mengerti  apa   KPI dan KPID Riau,  yang Merupakan lembaga negara yang bersifat independen yang memiliki kewenangan untuk mengatur hal-hal mengenai penyiaran. KPI yang sifatnya di pusat dan KPID yang berada di provinsi adalah lembaga indepedent yang telah diatur dalam undang undang 32 tahun 2002 tentang penyiran, dimana lembaga independen ini seperti KPK (komisi pemberantaan korupsi) , KPU (komisi Pemiihan Umum).


Tekait apa saja tugas dan kewajiban kpi yakini memberi jaminan kepada masyarakat untuk memperoleh informasi yang layak dan benar, serta membantu pengaturan infrastruktur bidang penyiaran agar bisa merata hingga didaerah daerah dan membangun iklim persaingan yang sehat antar lembaga penyiaran dan industri terkait juga Memelihara tatanan informasi yang adil, merata, dan seimbang, dan Menampung, meneliti, dan menindaklanjuti aduan, sanggahan, seta kritik dan apresiasi masyarakat terhadap penyelenggaraan penyiaran dan Menyusun perencanaan pengembangan sumber daya manusia yang menjamin profesionalitas di bidang penyiaran.


Seperti di desa Sekeladi Kecamatan Tanah Putih kabupaten rokan hilir, masyarakat tidak bisa mendapat informasi siaran radio dan televisi lokal dan nasional karena tidak adanya insfrastruktur penyiaran disini, dengan adanya anggaran desa, kepala desa dan masyarakat bisa berembuk untuk membentuk lembaga penyiran komunitas, dimana lembaga penyiran ini bisa menjadi corong informasi, penegetahuan dan hiburan ditengah tengah masyarakat dan KPID Riau bisa memberikan solusi terkait bagaimana proses perizinan lembaga penyiaran komunitas ini dapat terwujud . Sehingga apabila ini bisa terwujud maka informasi terkait pertanian, perkebunan dan  perikanan masyarakat dapat didengar dan terasa manfaatnya serta bisa melakukan interaktif kepada narasumber yang berkopenten di bidangnya.


Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana masyarakat atau keluarga bisa menjadi filter dirumah terhadap tayangan dan isi program siaran televisi, tidak semua tayangan televisi baik dan mendidik. Batasi dan dampingi anak dalam menonton televisi dimana seluruh tayangan tidak semuanya baik dikomsumsi anak, sesuaikan umur dan program acara televisi. Karena apabila ini tidak dikontrol dari orang tua akan berakibat buruk terhadap pola pikir anak kita kedepannya.


Karena anak merupakan generasi dan penerus bangsa untuk itu dengan filter yang telah dilakukan orang tua sejak dini sehingga bisa mewujudkan pemimpin bangsa Indoneaia yang kuat dan tangguh kedepannya.


Wujud nyata penyiaran dalam menjaga  Negara Kesatuan Indonesia NKRI didaerah perbatasan usai acara sosialisasi KCSI, KPID Riau beserta jajaran aparat desa dan masyarakat serta ketua kolompok cinta siaran indonesia desa sekeladi menempelkan stiker ke perahu kelompok nelayan dan rumah masyarakat, yang bertujuan gerakan keluarga cinta siaran indonesia dapat terwujut dalam kehidupan sehari hari masyarakat di perbatasan. []rls

Mabes Polri Bantu Speed Boat Patroli Untuk Polres Rohil

Rohil (riauoke.com) Penyerahan Speed Boat oleh PT Samudera Permai Multi Guna ( SPMG) dipelabuhan Pliong, kemaren di Bagansiapiapi. Satu unit Speed Boat Ini guna untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ,Karena mengingat daerah kecamatan sinaboi yang berdekatan dengan laut dan banyak masyarakat yang bermukim di pulau Pulau kecil diwilayah hukum polsek sinaboi Polres Rohil,

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Sabtu 25 November 2017

14 Atlet Bulutangkis Riau Berlaga di Kejurnas

14 Atlet Bulutangkis Riau Berlaga di Kejurnas

Pekanbaru (riauoke.com)Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Riau mengirimkan 14 atlet untuk...

Politik

Kamis 11 Januari 2018

Paslon Gubri dan WagubriI AYO Daftar Ke-KPU Riau, Diarak Riabuan Pendukung

Paslon Gubri dan WagubriI AYO Daftar Ke-KPU Riau, Diarak Riabuan Pendukung

Pekanbaru (Riauoke.com) Resmilah sudah paket pasangan 'Ayo' yang diusung oleh Partai demokrasi Indonesia perjuangan Partai...