Senin, 20 November 2017

Bupati Rokan Hilir, Berikan Apresiasi Young Sanusi Bangun UMKM

Mandau (riauoke.com) Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno, memberikan apresiasi bagi Young Sanusi atas upaya keras membangun  UMKM ekonomi di masyarakat Ikrohil Duri asal Kabupaten Rokan Hilir.




Ini disampaikan H Suyatno saat membuka gerai ekonomi Usaha Mikro Menengah Kecil (UMKM) di Duri kemaren. Kehadiran pemuncak negeri Rohil semakin seru disebabkan Bupati Bengkalis dan Gubernur ikut bersama-sama hadiri acara peresmian gerai warga Ikrohil Duri berasal dari Kabupaten Rokan Hilir.



Dalam kesempatan itu Bupati Rohil sangat support kegiatan koperasi di Duri bahkan satuan satuan kerja yang ada di bagian segera untuk dapat mengisi gerai Ikrohil Duri.



"Produk khas ikan silais akan di pajang di gerai ini sehingga ada kegiatan yang saling untung bagi pelaku ekonomi,"jelasnya.



Untuk memajukan usaha gerai UMKM ini,tentunya dibutuhkan modal yang kuat dan sumber daya manusianya. "Ini tentu dapat dikembangkan dan pemerintah Rokan Hilir siap membantu tumbuhkembangnya gerai UMKM Ikrohil Duri,"katanya.[] jonish



Ket foto : Bupati Rohil bersama ketua Ikrohil dan jajarannya.


Empat JCH Rohil Tertunda Berangkat ke Tanah Suci

ROKAN HILIR (riauoke.com)-Rombongan Calon Jamaah Haji (JCH) Kabupaten Rohil yang tergabung dalam Kloter 10 bersama CJH Kabupaten Meranti dijadwalkan terbangkan ke tanah suci dengan tujuan Madinah,
Selasa (8/8/2017).

Informasi dirangkum dari kota Batam dari jumlah 360 CJH Rokan Hilir diterbangkan ke tanah suci hari ini, empat CJH di antaranya dinyatakan ditunda berangkatan.

Empat CJH Rohil gagal Berangkat hari ini, Rusmawati (47) asal kecamatan Kubu menderita sakit untuk mendapat perawat medis, sementara suami ikut tertunda berangkat untuk mendamping Rusmawati.

Selain itu Halewiah (67) CJH Rohil asal Bangko, setelah diagnosa mengalami penurunan HB yang mencapai 8,6 sedangkan syarat penerbangan Hemoglobin darah bagi wanita harus mencapai 9,5. Sementara Jumadi anak Halewiah juga ikut tertunda mendampingi ibunya mendapatkan pelayan medis kesehatan.

Tim Medis kesehatan Rokan Hilir,
Dr Tribuana Tungga Dewi, mengatakan kesehatan Hemoglobin Halewiah sudah menunjukkan peningkatan, "Hemoglobinnya sudah meningkat naik 102 dan bisa memenuhi syarat untuk terbang," kata Dir Rsud Bagansiapiapi

Sementara CJH Rusmawati mengatakan setelah diagnose menderita cacar air atau Varissela "Lantaran penderita sakit itu Rusmawati  gagal berangkat ke Tanah Suci," imbuh Tri buana

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rohil H Agustiar Sag  menjelaskan, khusus untuk Halewiah sudah ada perkembangan untuk sembuh bahkan kondisinya saat ini sudah kembali pulih telah masuk ke dalam asrama haji di Batam. ‘’Kemungkinan Halewiah bersama anaknya Jumadi diberangkatkan ke tanah suci dengan kloter berikut. Sepert kloter XI atau XII dan XIII,’’ kata Agustiar.

Lanjutnya Untuk Rusmawati, A
Saya berharap agar cepat sembuh dari penyakitnya. Sehingga, Rusmawati bersama bergabung dengan JCH dari Kloter lainnya untuk diterbangkan ke Tanah Suci. ‘’Kita berharap dan berdoa agar JCH kita yang sakit bisa  cepat sembuh,’’ kata Agustiar.

"Dengan demikian, jumlah JCH Rohil semulanya tercatat sebanyak 360 orang telah berkurang menjadi 356 orang. Karena, empat JCH Rohil dinyatakan ditunda berangkat."kata agustiar

Besok Pagi, 360 CJH Asal RohilDiberangkatkan Menuju Embarkasi Batam

Rohil (riauoke.com) Sebanyak 360 Calon Jemaah Haji (CJH)asal kabupaten Rokan Hilir diberangkatan menuju Embarkasi Batam.

Menjelang Pilgubri PKB Rohil Solidkan Kader-Kader Militan

Rokan Hilir (riauoke.com) Menjelang proses pemilihan Kepala Daerah Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018 akan datang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rokan Hilir tengah mempersiapan kader-kader militan mengikuti pelatihan

Seminar Kewirausahaan Ala ICMI Rohil Bersama DPRD

Rohil (riauoke.com) Anggota DPRD Rokan Hilir (Rohil ) menghadiri seminar kewirausahaan meningkatkan perekonomian masyarakat kabupaten Rokan Hilir khususnya.




Anggota DPRD Rohil yang menghadiri Abdul Kosim, SE dan Hendra, ST Sementara Seminar Kewirausahaan ditaja oleh Organisasi daerah (Otda ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia  (ICMI) Rokan  Hilir.

Ketua Orda ICMI Rohil dr Suratmin SpA dikonfirmasi usai menggelar seminar kewirausahaan,  (3/8/2017) di STAI Ar-Ridha mengatakan seminar kegiatan ini merupakan untuk meningkatan perekonomian masyarakat berbagai langkah terus dilakukan

Oleh karena kewirausahaan dinegara kita masih tergolong kecil hanya Berkisar  2% sedangkan dinegara-negara maju angka kewirausahaan lebih mencapai 4%. Dengan seminar dilaksanakan ini sangat perlu mendorong pengusaha-pengusaha muda maju menumbuhkan perekonomian masyarakat Rokan Hilir.

Seminar ini dengan mengambil Tema "Membangun ekonomi kerakyatan melalui kiat usaha industri kecil dan Industri Home "Sebut Suratmin

Adapun narasumber hadir pada acara kali ini ,Ketua Umum Stai Arridho H Rusli Effendi, Dirut Bank Rohil Zahrul Saupi, Pelaku Usaha Irwan sahrul serta Kadis Kop dan UKM ,H Wazirwan Yunus

Dikatakan Suratmin, peserta seminar ini adalah terdiri dari kalangan pemuda, mahasiswa, dan organisasi kepemudaan. Sehinga diharapkan kedepan dapat merubah minset atau pandangan para mahasiswa dan pemuda untuk dapat bangkit dan mandiri melalui kewirausahaan.

“‎Indonesia sebagai negara berkembang, pemuda atau mahasiswanya masih banyak yang lebih memilih menjadi pekerja dibandingkan kewirausahaan , padahal sumber daya alam maupun manusia Indonesia sangat baik,” pungkasnya.

"Untuk diketahui, ini merupakan kesekian kalinya Orda ICMI Rohil melakukan seminar yang mendorong masyarakat agar melakukan wirausaha. Sebelumnya juga Orda ICMI Rohil telah menggelar seminar ternak lele secara bioploc di Bagan sinembah "Tambah Suratmin. [] adv/fyan

 

Bupati Rohil Sebut MTQ XIV sebagai Upaya Pererat Silaturahmii

Rohil (Riauoke.com) MTQ XIV Tingkat Kabupaten Rohil ditandai dengan pelepasan Burung Merpati oleh Bupati Rohil H. Suyatno, Wakil Bupati Jamiluddin ,Ketua DPRD H Nasruddin Hasan, Dandim 0321 Letkol Arh Bambang Sukisworo, Kapolsek  Bangko Kompol Agung Triady, Sik serta kepala Dinas,badan di lingkungan pemerintah Rohil pelepasan Balon oleh Ketua Tim PKk Rohil.

Bupati Rokan Hilir H Suyatno mengatakan MTQ Ke XIV diikuti Beberapa 28 OPD dan 18 kecamatan mudah-mudan tahun berikutnya MTQ, Rohil kedepan akan kita dimeriahkan lagi. Jumlah yang mengikuti Pawai Tuaruf MTQ  hari ini diperkirakan 3000 orang peserta.


Panitia Pawai Tuaruf MTQ Ke-XIV H. Jasrianto,S.sos menyampaikan bahwa Tujuan MTQ dan Pawai Tuaruf diadakan dalam Rangka mempererat hubungan silaturahmi agama islam.


"Sementara jumlah pawai tuaruf yang mengikuti 18 kecamatan dan 28 Organisasi perangkat daerah dan Selain itu barisan partisipasi Drumband SMP N 1 bangko dan Drumband SMP Muhammadiyah," ujar Jasrianto.

Bupati Lantik Dewan Hakim MTQ XIV Rohil

Rohil (Riauoke.com) Bupati Suyatno melantik Dewan Hakim MTQ XIV Rohil pada malam taaruf, Jumat (28/7/17) di Mess Pemkab Rohil Jalan Perwira, Bagansiapiapi.

Bupati Rohil H Suyatno mengajak semua pihak menyukuri malam keakraban ini dapat terlaksananya tugas pelantikan dewan hakim MTQ keXIV tingkat Kabupaten Rokan hilir.

"Takniah saya ucapkan kepada seluruh dewan Hakim agar dapat menjalan tugasnya dengan baik untuk meningkatkan ketakwaan bagi umat muslim melalui rangkaian agenda MTQ ini," sebut Bupati.

Kita berterima kasih pada Camat Bangko,Bagansiapiapi telah memberikan pelayanan terbaik bagi Qori Qoriah menyediakan tempat pemondokan bagi peserta MTQ masing-masing 17 kecamatan.

"Rangkaian kegiatan diharapkan seluruh pihak berperan aktif panitia selalu menyempatkan mengawasi sehingga semua pelaksanaan acara berjalan lancar, adapun kekurangan yang berkenan dihati saudara dalam pelayanan kegiatan ini kami memohon maaf," harapnya.


"Mungkin kekurangan persoalan ketersediaan air bersih, kita juga sudah minta camat bangko beserta panitia pelaksanaan MTQ untuk saling berkoordinasi mengatasi persoalan kekurangan dilapangan nantinya," tegas Bupati lagi.

Pelaksanaan MTQ Tingkat Ke XIV Peserta kali ini tidak lagi merekrut orang dari luar semua anak -anak tempatan,Selanjutnya kalau perlu nantinya anak-anak diasrama pemondokan datangi guru-guru untuk dibina dan latihan melalui lembaga Penyelengara Tilawatil Quran,(LPTQ) Rohil.

"Hasil pertandingan MTQ Tingkat ini nantinya akan diperlombakan kembali Pada ajang MTQ Tingkat provinsi Riau dikota dumai pada bulan desember mendatang,"  Bupati mengakhiri.

Tampak Hadir malam pengukuhan tersebut, Ketua DPRD Rokan Hilir Nasruddin Hasan,Kemenag Rohil H. Agustiar, Sag ,Kepala Dinas , Badan di lingkungan beserta Dewan Hakim.

Komisi A DPRD Rohil Setuju Tinjau Ulang Perbup Pilpeng Tahap 2

Rokan Hilir (riauoke.com) Terbitnya Peraturan Bupati (Perbup )Rokan Hilir No. 48 Tahun 2017 tentang pedoman teknis pelaksanaan pemilihan penghulu (Pilpeng) Serentak Tahap Kedua tanggal 19 Juli 2019.


 

 



Setelah terbitnya Perbup tersebut mendapat protes perwakilan masyarakat mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi A, 24/7/2017

Salah satu perwakilan masyarakat, Safrianto,SH mengatakan ada poin teknis yang dapat merugikan bakal terutama pada Poin 36 tentang penilai poin Bakal Bakal Calon Penghulu, Seperti mengenai pengalaman,orang tidak pengalaman dibidang pemerintah yang kecil, "Kemungkinan tidak berpengalaman tidak bisa ikut calon yang tercantum dalam poin 36,berdasarkan pengalaman, yang  tidak pengalaman tipis harapan Calon masuk dalam proses pencalonan nantinya "Paparnya

Maksud dan tujuan kedatangan kami Komisi A hanya untuk itu agar tinjau ulang kembali perbup tersebut ,dan juga mengharapkan kepada DPRD Komisi A agar dapat menyampaikan kepada pemkab supaya melakukan revisi terhadap perbup seperti pada poin 36.

"Jika Perbub ini tidak diubah, maka masyarakat tidak akan mau memilih calon penghulu alias Golput" tegas pensiunan pegawai Satpol PP. Menanggapi hal itu, Sekretaris Komisi A .Afrizal juga setuju dengan usulan masyarakat. Sebab menurut dia pasal yang baru diterbitkan itu terkesan terburu-buru dan tidak demokratis.

"Dalam Perbub itu ada celah untuk menjatuh calon lain. Kita meminta agar bupati meninjau ulang kembali Perbub itu," tegasnya. Darwis Syam Anggota Komisi C DPRD  juga turut hadir dalam pertemuan itu juga sepakat agar Perbub itu direvisi agar tidak menimbulkan protes melebar lebih kemana-mana .

Dalam Perbub itu akan timbul masalah jika calon penghulu yang mendaftar lebih dari batas maksimal lima orang calon, dimana dalam amanat Perbub panitia mengadakan seleksi tambahan berupa pengalaman kerja, tingkat pendidikan dan umur.

"Sebelum Perbub diubah sistimnya menggunakan passing gread, namun banyak diprotes. Dalam hal ini dilakukan perubahan perbub, namun terkesan tergesa-gesa tanpa pertimbangan yang luas, sehingga timbul protes masyarakat " terang Politisi Golkar itu.

Perbub ini agar tidak deskrimantif.dapat ditinjau ulang Sebab sebelum mencalon calon sudah bisa digugurkan dengan sistim poin. "Ini baru ini masyarakat layangkan protes. Diluar sana lebih banyak lagi masyarakat yang akan lakukan protes jika perbub ini tidak segera diubah," pungkasnya []adv/fyan


Foto : Komisi A DPRD Rohil saat melakukan Hearing dengan pemkab Rohil. Didalam hearing itu salah satunya dibahas tentang perangkat desa. 


SMA Muhamadiyah Rohil Siap Cetak Siswa yang Handal

Rohil (riauoke.com) Tokoh muda sekaligus Sekjend Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Rokan Hilir Hamdani SE turut serta menjadi pemberi materi Masa Orentasi Siswa (MOS) kepada Siswa Baru masuk SMA Muhammdiyah.

Wabup Rohil Jamiluddin Inspektur Upacara HUT Bhayangkara ke-71

Rokan Hilir (Riauoke.com) Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-71,Jatuh Pada 1 Juli 2017 .Apel dilaksanakan DiHalaman Mapolres Rokan Hilir ,Senin 10/7/2017 Ujung Tanjung sekira Pukul 08.00 Wib

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Daerah

Kamis 16 November 2017

FRPD Akan Gelar Diskusi Dana Desa

FRPD Akan Gelar Diskusi Dana Desa

Bangkinang Kota (riauoke.com)- Serikat rakyat miskin indonesia (SRMI), liga mahasiswa nasional demokrasi (LMND), dewan...

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Selasa 31 Oktober 2017

Pemkab Siak Akan Bantu 12 Parpol Peseta Pemilu

Siak (riauoke.com) Pemerintah Kabupaten Siak akan memberikan bantuan keuangan kepada 12 partai politik peserta pemilu...