Rabu, 19 Desember 2018

Bupati Sukiman Bersama Ketua PMI Rohul Buka Kemah Bhakti PMR di Ujung Batu

 

ROHUL-Riauoke.com– Bupati Rohul H Sukiman didampingi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Rohul Hj Peni Herawati, membuka Kemah Bhakti Palang Merah Remaja (PMR) sekaligus pengukuhan Anggota PMR Wira (tingkat SLTA) dan Madya Tingkat SLTP Zona II Rohul.


Kegiatan yang dipusatkan di Bumi Perkemahan SMKN 1 Ujung Batu, kemarin, digelar selama tiga hari, diikuti 620 pelajar dari 25 sekolah (SLTP dan SLTA) yang tersebar di 8 kecamatan di Rohul.


Dikegiatan itu, juga digelar pawai dan simulasi pertolongan pertama bagi para korban kecelakaan lalulintas (Lalin) oleh Anggota PMR sekaligus perlombaan. Kegiatan juga dihadiri Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi, sejumlah Kepala OPD, Camat Ujung Batu Arie Gunadi SSTP, Pengurus PMI Cabang Rohul serta Pembina PMR dari 25 sekolah.


Ditegaskan Ketua PMI Cabang Rohul Hj Peni Herawati, dirinya sangat menyambut baik digelarnya kemah bhakti PMR Zona II Rohul yang dipusatkan di Bumi Perkemahan SMKN 1 Ujung Batu. PMR adalah suatu wadah pembinaan generasi muda PMI. Karena anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan.


“Saya berharap, dari rangkaian kegiatan kemah Bhakti PMR yang digelar nantinya dapat membentuk karakter anak, sehingga bisa menjadi relawan muda yang tangguh dalam melaksanakan tugas kemanusian di Rohul kedepannya,’’ karapnya.


Peni Herawati juga menyatakan, banyak pengetahuan yang didapatkan  dari kemah PMR, selain dapat dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah dalam proses pembinaan anggota remaja dalam peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk menjadi remaja yang berkarakter.


“Berharap dari pelaksanaan kemah, nantinya dapat meningkatkan kapasitas relawan muda PMI Kabupaten Rohul yang memiliki potensi serta pengamalam, dalam penanganan pertolongan pertama serta berikan pengetahuan tentang Kepalangmerahan. Pengetahuan akan difungsikan dimasing masing sekolah,”


“Disamping sebagai remaha yang berkarakter positif, disiplin dan berdedikasi tinggi terhadap kemanusian,” ucapnya.


Sedangkan dalam arahannya, Bupati Rohul H Sukiman, berterima kasih ke Pengurus PMI Rohul dan Pembina PMR di sekolah yang sudah mensukseskan pembukaan kemah Bhakti PMR Zona II Rohul. Dirinya berharap, dari kegiatan kemah ini, anggota PMR merupakan cikal bakal sukarelawan masa depan PMI.


‘’Kemah bakti PMR, merupakan wadah dalam menciptakan remaja yang memiliki karakter bersih, sehat, kepemimpinan, peduli, kereatif dan kerjasama,’’ tegasnya.


Bupati Sukiman mengajak, agar seluruh anggota PMR benar benar fokus dalam menjalankan kemah ini, untuk menjadi generasi muda Rohul yang memiliki karakter yang kuat dan bertanggungjawab.


“Dari kegiatan yang dilaksanakan dalam kemah ini, remaja harus mempunyai kepedulian sosial terhadap sesama dan lingkungan bagi yang membutuhkan pertolongan. Begitu juga ke pembina dan pembimbing PMR, agar dapat memberikan materi melalui pendidikan karakter serta kekuatan mental,” imbau Bupati. (ADV/ Humas Pemkab Rohul)

Ditutup Bupati Sukiman, Kafilah Rambah Kembali Raih Juara Umum MTQ 2918

 

 

ROHUL-Riauoke.com- Pada perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-18 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ‎tahun 2018, Selasa (6/11/2018) malam, resmi ditutup Bupati Rohul H. Sukiman. Kafilah Kecamatan Rambah, kembali raih juara umum.


Kegiatan yang dipusatkan di Astaka MTQ di Lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah dihadiri Sekda Rohul H Abdul Haris Lubis, Ketua PN Pasir Pangaraian Sahrudi, Kalapas Klas B Pasir Pangaraian M.Lukman, Kapolres Rohul.


Juga hadir Perwira Penghubung Kodim 0313/KPR, para pejabat Forkompinda, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Sukiman, serta para kepala dinas, camat se-Rohul, Kakan Kemenag Syahrudin, KUA se-Rambah, dan tamu undangan lainnya.


Dipengumuman hasil akhir pelaksanaan MTQ Rohul, Kafilah dari Kecamatan Rambah untuk ke empat kalinya secara berturut-turut dan meraih juara umum‎ di helatan MTQ Tingkat Kabupaten Rohul, dan berhak menerima piala bergilir.


Kemudian, untuk juara umum kedua diraih Kafilah Kecamatan  Rambah Samo, dan juara umum ketiga diraih Kafilah Kecamatan Pendalian IV Koto, dan juara ke empat di Raih Kecamatan Ujung Batu‎. Untuk ‎ juara Pawai Taaruf Pembukaan MTQ ke-16 Kabupaten Rohul diraih oleh Kafilah Kecamatan Rambah Hilir, juara ketiga diraih Kecamatan Ujung Batu.


‎Ketua Panitia MTQ ke-18, M.Ruslan yang juga Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Rohul, berterima kasih ke Bupati Rohul H.Sukiman, sudah hadir di pembukaan juga pada penutupan MTQ tahun 2018.


M. Ruslan juga berterima kasih ke masyarakat, serta qori dan qoriah yang sudah ikut berpartisipasi sekaligus sukseskan perhelatan MTQ ke-18 Kabupaten Rohul 2018 yang digelar selama enam hari, mulai 1 hingga 6 November 2018.


"Berharap, apa yang sudah dilaksanakan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat kita, dan meningkatkan syiar Islam," harap M.Ruslan.


Sementara itu, Bupati Rohul H Sukiman dalam sambutannya, berterima kasih kepada para peserta MTQ ke-18 Kabupaten Rohul yang sudah berpartisipasi dan mensukseskan helatan Keagamaan dilaksanakan setiap tahun.



Juga Bupati Sukiman berterima kasih, ke seluruh elemen masyarakat Rohul yang telah ikut memeriahkan MTQ Tingkat Kabupaten Rohul tahun ini. Ia berharap, meski MTQ tingkat kabupaten telah selesai dilaksanakan, namun masyarakat tetap gemar membaca Al Qur'an.


"Saya harapkan, jangan usai pelaksanaan MTQ‎ gemar membaca Al Qur'an juga redup. Namun jadikan perhelatan MTQ tahun ini menjadi peningkatan kita untuk mencintai Al Qur'an," imbau Bupati Rohul Sukiman.


Bupati Sukiman juga mengatakan, bahwa Kabupaten Rohul yang berjuluk Negeri Seribu Suluk sudah selayaknya syiar Islam dan nilai-nilai Al Qur'an diterapkan di kehidupan sehari-hari masyarakat.


Bupati juga berharap, agar seluruh generasi muda di Negeri Seribu Suluk bisa membentengi diri dengan mengamalkan nilai-nilai Al Qur'an, sehingga mereka nantinya akan semakin maju dan berakhlak.


"Permasalahan terbesar kita saat ini bagi generasi muda, yakni dampak negatif dari kemajuan teknologi dan informatika yang sangat berkembang pesat. Bila tidak ada benteng, maka dikhawatirkan akan terpengaruh oleh budaya luar yang negatif," tegas Bupati Sukiman.


Kemudian, MTQ sangat penting dilaksanakan, hal itu untuk meningkatkan syiar islam, dan meningkatkan pembangunan di bidang Keagamaan. Ia sangat berharap adanya MTQ ini akan semakin banyak Al Qur'an 'berjalan' di Kabupaten Rohul.


"Saya berharap agar Rohul semakin maju dan berkembang, di bidang keagamaan. Bagi pemenang saya ucapkan selamat, dan persiapkan diri untuk MTQ tingkat yang lebih tinggi lagi," pesan Bupati Sukiman.


Pada penutupan MTQ ke-18 tingkat Kabupaten Rohul tahun 2018, juga dimeriahkan dengan kembang api, yang disaksikan ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Rohul.(ADV/Humas Pemkab Rohul)




Bupati Rohul Sukiman Ajak Wartawan Ikut Membangun Daerah

 

ROHUL-Riauoke.com- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, ajak‎ seluruh wartawan yang bertugas di wilayah Rohul, agar ikut dalam proses pembangunan daerah.


Hal itu disampaikan Bupati Sukiman, saat Silaturrahmi Pemerintah Kabupaten Rohul bersama wartawan media cetak, media elektronik, media online, di aula Rumah‎ Dinas Bupati Rohul, di Pasir Pengaraian, Rabu (31/10/2018).


Silaturrahmi, juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman, Kepala Diskominfo Rohul Gorneng S.Sos M.Si, Camat Rambah El Bizri, Plt Kabag Humas Tanti Ekasari SS, M.Si, pegawai Kesbangpol Rohul, Pegawai Bagian Humas, Wartawan Rohul dari berbagai organisasi seperti dari anggota PWI Rohul dan FOSWAR, serta organisasi media lokal di Rohul lainnya.


Kepada wartawan, Bupati Rohul Sukiman mengatakan, wartawan merupakan salah satu pilar dari pembangunan. Sehingga dirinya mengajak awak media untuk bersama-sama pemerintah dalam membangun daerah.


“‎Kita membangun perlu kebersamaan, dari wartawan, dari judikatif, dari eksekutif, serta legislatif, juga dari masyarakat. Mari kita bersama-sama memajukan daerah ini," ajak Bupati Sukiman.



“Sehingga, intinya mari bersama kita membangun semangat kebersamaan dan persaudaraan, meski dari berbagai suku, agama, dan warna kulit," katanya.

 

Kata Bupati Sukiman lagi, melalui tulisan wartawan juga perlu ikut dalam membangun‎ kebersamaan dan persatuan masyarakat, sehingga Kabupaten Rohul tetap aman, nyaman dan kondusif.


"Saya juga menitip pesan, melalui tulisan seluruh wartawan di Rohul untuk bersama-sama membangun kebersamaan dan persatuan masyarakat,"harap Bupati Sukiman, juga dirinya mengharapkan Kabupaten Rohul kedepannya semakin maju dengan keterlibatan wartawan. (ADV/ Humas Pemkab Rohul)




Teken Nota Kesepakatan KUA dan PPAS, RAPBD Perubahan 2018 Rohul Sekitar 1.7 Triliun

 

ROKAN HULU (Riauoke)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul), Jumat (28/9/2018) petang menyampaikan Ranperda tentang RAPBD Perubahan tahun 2018 ke DPRD Rohul.

Ranperda RAPBD Rohul 2018 tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati Rohul H Sukiman kepada Wakil Ketua DPRD Rohul H Zulkarnain SSos didampingi Wakil Ketua DPRD Rohul Hardi Chandra dan H Abdul Muas dalam rapat Paripurna yang dilaksanakan di gedung DPRD Rohul.

Turut disaksikan oleh Puluhan Anggota DPRD Rohul yang hadir, Perwakilan Forkopimda, Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi, para Kepal Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohul. Sebelum diserahkanya RAPBD Perubahan Rohul tahun 2018, Jumat pagi, dilakukan penandatangan nota kesepakatan antara Kepala Daerah dengan Pimpinan DPRD Rohul terhadap KUA dan PPAS Perubahan tahun anggaran 2018.

Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA dan PPAS Perubahan 2018 dilakukan, setelah Banggar melaporkan hasil pembahasan KUA dan PPAS Perubahan 2018. Pembahasan KUA dan PPAS Perubahan 2018 dilakukan secara meraton oleh Banggar DPRD Rohul, kendati sehari sebelumnya, Kamis (27/9/2018), rancangan KUA dan PPAS 2018 itu baru diserahkan oleh Pemkab ke DPRD Rohul.

Bupati Rohul H Sukiman dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Rohul terhormat yang telah bekerja siang malam, membahas KUA dan PPAS Perubahan tahun 2018 hingga disepakatinya KUA dan PPAS Perubahan 2018 dalam sidang paripurna DPRD Rohul, Jumat (28/9).

Dari penyusunan hingga ditandatanganinya kesepakatan KUA dan PPAS Perubahan tahun anggaran 2018, lanjutnya, sebagai acuan pemerintah daerah dalam penyusunan RAPBD Perubahan 2018.

Diproyeksikan total RAPBD Rohul tahun 2018 yang telah diserahkan ke DPRD Rohul ini sekitar Rp 1,7 triliun. Dari total RAPBD Perubahan Rohul 2018 tersebut, terjadi peningkatan jumlah RAPBD Perubahan Rohul tahun 2018 dari total APBD Rohul murni 2018 sebesar Rp1.262.048.881.128.

Sukiman berharap, pembahasan RAPBD Perubahan Rohul tahun 2018 yang telah diserahkan ini, tuntas secepatnya oleh Banggar DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Rohul.

’’Kita berharap dengan waktu yang berjalan, pembahasan Ranperda RAPBD Perubahan Rohul tahun 2018 nantinya tuntas secepatnya dan dapat disetujui oleh DPRD Rohul sesuai dengan target yang diharapkan,’’ jelasnya. (ADV/Humas Pemkab Rohul)




Bupati Sukiman Didaulat Jadi Inspektur Upacara HUT Ke 52 Batalyon Arhanud 13/PBY

 

ROHUL-Riauoke.com– Sebagai bentuk apresiasi dan menghargai jasanya yang pernah mengabdi di Kesatuan Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud), Letkol Arh (Purn) H. Sukiman yang juga menjabat sebagai Bupati Rokan Hulu, didaulat jadi Inpsektur Upacara (Irup) dalam rangka Upacara Bendera 17_an dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 52 Batalyon Arhanud 13/PBY (Parigha Buana Yudha), dilapangan Upacara Mayonarhanud 13/PBY, Rabu (17/10/2018) di Pekanbaru.


Dalam upacara itu turut juga dihadiri Komandan Batalyon Arhanud 13/PBY Mayor Arh Yosip Brozti Dadi SE, Para Perwira, Bintara, Tamtama, Prajurit dan PNS Kodim I/Bukit Barisan serta Plt Kabag Humas Setda Rohul Tanti Ekasari.


Dalam melaksanakan tugasnya sebagai Inspektur Upacara, terlihat Bupati Rohul Letkol Arh (Purn) H. Sukiman yang memakai setelan Jas dan memakai Baret Arhanud masih terlihat dengan gagahnya dalam memimpin upacara dihadapan ratusan Prajurit Batalyon Arhanud 13/PBY.


Dalam upacara itu, Bupati Sukiman membacakan amanat dari Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jendral TNI MS. Fadhilah. Pada kesempatan yang baik ini, selaku Pangdam I/Bukit Barisan dan atas nama Pribadi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh prajurit dan PNS yang terlibat.


Baik langsung maupun tidak langsung dalam operasi pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden dan Ibu Iriana Jokowi, pada Pembukaan MTQ Tingkat Nasional dan dilanjutkan Kunker ke Wilayah Padang Sumatera Barat.


Selain itu pada acara Penutupan MTQ oleh Wakil Presdien RI, Operasi Pengamanan VIP juga dapat berjalan sesuai harapan kita semua. Oleh karenanya kita patut bersyukur Operasi pengamanan VIP Dalam rangkaian kegiatan MTQ Tingkat Nasional Ke XXVII dapat berjalan aman, nyaman dan lancar,


“Semuanya itu dapat terlaksana berkat kerja keras, sinergitas dan soliditas TNI-Polri bersama Aparat Pemda. Saya berharap kerja sama yang sudah terjalin baik selama ini dapat kita pertahankan bahkan ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang,” harapnya


Lanjutnya, untuk diketahui ini bersama saat ini sudah memasuki musim penghujan, dimana curah hujan saat ini cukup tinggi dibeberapa wilayah Kodam I/Bukit Barisan, sehingga mengakibatkkan beberapa wilayah mengalami banjir.


“Saya perintahkan Kepada Komandan Satkowil agar tanggap dan melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi setiap kemungkinan terjadi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” pintanya


Masih dalam Amanat Pangdam I/Bukit Barisan, Apabila terjadi bencana alam, untuk segera melakukan koordinasi dengan Stakeholder dan seluruh komponen masyarakat yang ada diwilayah. Laksanakan langkah-langkah penanggulangan dampak bencana dengan mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki oleh Satuan, baik personil maupun alat peralatan yang ada secara optimal.


“Hal lain yang tidak kalah penting kembali saya mengingatkan tentang penggunaan media sosial. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Saat ini pengaruh media sosial sangat luas dalam kehidupan baik individu, keluarga, kelompok bahkan mampu mengubah tata kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya


“Saya juga mengharapkan kepada kepada para prajurit dan PNS Kodam I/Bukit Barisan semakin cerdas dalam menyikapi informasi dimedia sosial dan berita yang sedang berkembang,” harapnya.
Selain itu, Lanjutnya, peran prajurit dan PNS untuk turut serta memonitor dan mengecek kebenaran berita yang beredar. Langkah utama yang perlu dilakukan yaitu apabila menerima informasi berita agar mengecek kebenaran informasi tersebut.


“Jadi hindari penyebarluasan berita yang belum jelas kebenarannya, sehingga berpotensi menimbulkan fitnah, menebar kebencian atau dapat menyebabkan perpecahan serta membahayakan persatuan dan kesatuan, kebhinekaan serta munculnya radikalisme,” katanya


Dirinya Berharap kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam I/Bukit Barisan untuk terus berkarya dan bekerja, bukan semata mencari prestasi dan kesuksesan, tetapi lebih dari itu bahwa kita bekerja dan berkarya untuk menambah nilai sikap dan prilaku prestasi yang berdimensi ibadah.


“Inilah nilai yang mengilhami kita untuk terus berkarya sehingga apapun peran yang diamanahkan kepada kita, harus kita lakukan dengan semangat dan sepenuh hati serta segenap kemampuan kita, semua ini adalah komitmen kita sebagai prajurit yang telah diikrarkan bersama dari dahulu hingga sekarang,” tutupnya.(ADV/Humas Pemkab Rohul)

Dilepas Bupati Sukiman, Ratusan Rider Nusantara Dua Hari Jelajahi Rimba Rohul

 

ROHUL-Riauoke.com- Ratusan rider dari berbagai provinsi di Sumatera ikut meramaikan Jelajah Rimba Rohul (JJR) ke-6 tahun 2018‎ sempena Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang dipusatkan di Taman Kota Pasir Pengaraian, Sabtu (6/10/2018).


Ratusan peserta JRR yang turut disponsori Honda ini dilepas Bupati Rohul H. Sukiman, didampingi Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Sekretaris Daerah Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Deny Setyanto.


Hadir juga Kepala Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian Muhammad Lukman, Kepala Disparbud Rohul Drs. Yusmar M.Si, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Rohul tampak di acara pembukaan JRR ke-6 tersebut.


Ketua Panitia JRR ke-6 tahun 2018, Ceprianto, mengatakan ‎JRR ini didukung oleh Pemkab Rohul dan Disparbud Rohul. JRR tahun ini diakuinya diikuti sekira 700 peserta, dan di hari pertama ada sekira 400 rider yang menjelajah rute ekstrem yang telah disediakan panitia.


Sebelum melepas peserta, Bupati Rohul Sukiman, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih tidak terhingga kepada rider nusantara yang berkenan hadir di even memerihan HUT Rohul, seperti rider dari Provinsi Riau, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Utara, Jambi, dan lainnya.


Sukiman mengharapkan di even dengan hadiah 7 sepeda motor ini, seluruh rider menjaga kesehatan dan tetap sehat walafiat mulai start hingga finish. Ia janji mendukung kegiatan trail ini untuk tahun 2019, dalam upaya mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Rohul.‎


Menurut Bupati Sukiman, even JRR yang sudah digelar ke enam kalinya ini turut andil besar dalam mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Rohul.‎
Selain itu, tambah Bupati Rohul, even olahraga rutin tahunan seperti ini juga ikut mengenalkan kepada masyarakat luas tentang potensi yang ada di daerah‎ berjuluk Negeri Seribu Suluk.


Terlepas itu, para rider yang ikut meramaikan JRR ke-6 tahun 2018 juga diundang silaturahmi ke rumah dinas Bupati Rohul di Komplek Perkantoran Bina Praja Pemkab Rohul, dan pembagian doorprize tahap pertama.(ADV/Humas Pemkab Rohul)




Bupati Sukiman Ajak Perusahaan Ikut Bangun Rohul Dengan Aktif Membayar Pajak

 

ROHUL-Riauoke.com- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, ajak semua perusahaan di Negeri Seribu Suluk, terutama bagi perusahaan perkebunan, untuk ikut memberikan sumbangsih terhadap kelancaran‎ pembangunan Rohul.


Hal itu ditegaskan Bupati Rohul H.Sukiman kepada seluruh perwakilan perusahaan yang hadir dalam Rapat Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah Kabupaten Rohul, yang dilaksanakan di ‎Hotel Pangeran, Pekanbaru, Rabu (3/10/2018).


Rapat tersebut, juga dihadiri Sekretaris Daerah Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Rohul Bisman B.SSI, MM, Camat dari 16 kecamatan, serta perwakilan perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Rohul.


Selain itu, juga hadir perwakilan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau dan Kepulauan Riau Edwar Hamonangan Sianipar dan Banggas Sitorus, perwakilan dari KPP Pratama Bangkinang‎ Verizal Suryadi, dan Kepala UPT Bapenda Provinsi Riau wilayah Rohul Zulkafli.


Bupati Rohul Sukiman mengajak, agar seluruh perusahaan ikut membangun daerah Rohul,  dengan taat membayar kewajiban ke pemerintah daerah.
Jelas Bupati Sukiman,  dirinya tahu bagaimana susahnya ketika pengusaha harus membayar pajak. Namun, perusahaan harus penuh kesadaran dalam membayar pajak, sehingga pembangunan daerah tetap lancar dan terus berkembang.


"Sehingga harus berimbang, pemerintahnya tidak susah, rakyatnya tidak susah, pengusahanya juga tidak susah, itu baru bagus," sebut Bupati Sukiman, dalam amanatnya.


Bupati Sukiman juga meminta, agar semua aparatur di pemerintahan yang menangani pajak, ikut menciptakan kondisi yang damai, aman, dan saling toleransi.
“Bila ada kesulitan-kesulitan mengenai urusan administrasi pemerintahan, segela laporkan ke saya," imbau Bupati Rohul Sukiman ke perwakilan perusahaan yang hadir.


"Namun sebaliknya, kata Bupati, Agar kewajiban dari para pengusaha yakni membayar pajak juga harus ditaati," ucap Sukiman, dan menurutnya bila sampai bertahun-tahun kewajiban perusahaan tidak dibayarkan maka hal itu sudah sangat luar biasa.


Sehingga melalui pertemuan tersebut, Bupati Sukiman sangat mengharapkan,  agar seluruh perusahaan mentaati dan membayar seluruh kewajibannya kepada pemerintah daerah.
"Jangan sampai setelah ketemu kemudian realisasi juga tidak ada, saya‎ akan gunakan wewenang saya. Membikin susah orang paling gampang daripada membikin senang dan kita agar saling pengertian," ajaknya.


Bupati Sukiman juga meminta para pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, supaya tidak neko-neko atau melakukan pemerasan ke perusahaan‎. Bila ketahuan, risikonya bisa saja jabatan dicopot.
"Saya ingin agar bisa melaksanakan tugas baik dengan kesadaran, supaya bisa bersama-sama membangun Rohul dengan kami semuanya. Maka, dengan ketaatan untuk saling memahami kewajiban dari masing-masing kita semuanya itu yang kita harapkan," harap Bupati Rohul.


Selain meminta perusahaan wajib pajak, seluruh Camat di 16 kecamatan se-Rohul, juga diminta agar aktif mendata seluruh wajib pajak yang ada di kecamatannya.


Bupati Sukiman mengharapkan seluruh pengusaha,  untuk membangun kantor di Kabupaten Rohul, terutama kantor perusahaan perkebunan yang saat ini masih banyak berkantor di Medan, Jakarta, dan Pekanbaru. Bupati Sukiman mengakui, hal itu guna memudahkan perizinan yang diperlukan.


"Tolong kewajiban perusahaan agar‎ dilaksanakan, sehingga pajak yang disetorkan para pengusaha ke pemerintah semuanya bisa dimanfaatkan untuk rakyat, tidak untuk kepentingan pribadi," pesan Bupati Rohul Sukiman. (ADV/Humas Pemkab Rohul)

Bupati Sukiman Hadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Kemenkeu RI di Jakarta


 

ROKAN HULU (riauoke)- Bupati Rokan Hulu H. Sukiman Menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan Negara Tahun 2018, Yang Digelar Di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (20/9/2018) Pagi.

Pemkab Rohul Akan Buka Seleksi CPNS tahun 2018, Ini Yang Harus Dipersiapkan Masyarakat

 

ROKAN HULU (Riauoke)- Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman melalui Kepala Badan kepegawaian, pendidikan dan pelatihan (BKPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), M. ‎Zaki mengaku Pemerintah Kabupaten Rohul akan menggelar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Rohul.

Ia mengungkapkan, formasi CPNS untuk kabupaten Rohul, telah diterimanya dari pihak Kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Menpan RB).



"Sudah kita terima dan segera akan kita laporkan kepada pak Bupati Rohul, H. Sukiman," katanya, Minggu  (9/9/2018).

Zaki  menjelaskan, surat resmi dari Menpan RB telah diterima, terkait anggaran CPNS akan dianggarkan di APBD Perubahan 2018, terkait jumalah Formasi yang didapat, pihaknya belum bisa memberikan karena akan dilaporkan terlebih dahulu kepada Bupati Rohul.

Untuk informasi CPNS, akan segera diinformasikan  kepada masyarakat baik melalui Website Resmi kabupaten Rohul, maupun media masa.

Diakuinya, terkait pendaftaran CPNS  akan dilakukan serentak di seluruh indonesia melalui portal  Resmi BKN, yakni, Sscn.bkn.go.id.

Diakuinya,  formasi CPNS yang diajukan terakhir, BKPP Rohul terakhir yakni 325,  dari jumlah formasi yang diajukan, 60 persennya merupakan tenaga pendidik, ‎30 persen tenaga kesehatan, dan sisanya 10 persen merupakan tenaga Teknis.

Zaki  mengaku, pengajuan terakhir  pihaknya juga sudah menjelaskan kepada Kementerian bahwa setiap tahunya PNS di Rohul yang pensiun sekitar 107 orang, dan Pemkab Rohul tidak melakukan penerimaan CPNS selama 2010.

"Untuk jumlah formasi belum bisa kita sampaikan, harus dilaporkan dulu kepada pak bupati, " ucapnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat yang ingin mengikuti CPNS agar segera mempersiapkan segala persyaratan, seperti legalisir Transkip Nilai, Ijazah, SKCK dan lain sebagainya.

Zaki juga menghimbau kepada masyarakat yang hendak mengikuti CPNS untuk belajar, karena proses ujian  akan menggunakan Computer assisted tes (CAT), ‎sehingga masyarakat harus terbiasa dengan komputer.

"Hati-hati penipuan dan informasi Hoax dari situs-situs yang mengatasnamakan Kementerian, apalagi sampai meminta uang, karena CPNS tidak pernah dipungut biaya, kalau ada yang minta uang sudah jelas itu penipuan," pungkasnya. (ADV/Humas Pemkab Rohul)

Sekda Lantik 156 Pejabat Eselon III dan Eselon IV Pemkab Rohul

 

ROKAN HULU (Riauoke)-‎ Sebanyak 156 Pejabat Administrator eselon III dan Pejabat Pengawas eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) menjalani pelantikan dan pengambilan sumpah. Sedangkan untuk jabatan Kabag Humas Setdakab Rohul kosong.

Ratusan Pejabat Eselon III dan Pejabat Eselon IV Pemkab Rohul dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Rohul H. Sukiman Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul H. Abdul Haris Lubis S.Sos, M.Si, di hall Masjid Agung Islamic Center‎ Rohul, Pasirpangaraian, Jumat (31/8/2018) kemarin.

Pelantikan yang baru selesai Jumat malam turut dihadiri Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. H. M. Ruslan M.Si, Asisten III Bidang Administrasi dan Kepegawaian Helfiskar, serta Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Rohul Muhammad Zaki.

‎Beberapa wajah lama yang sempat non eselon ikut dilantik, seperti Fajar Sidqy mantan Kepala BKPP Rohul dilantik sebagai Sekretaris Disparbud Rohul, Ari Gunadi S.SSTp sebagai Camat Ujung Batu, Yurikawati S.Sos selaku mantan Kepala Disparbud Rohul dilantik sebagai Inspektur Pembantu Wilayah I Bidang Pembangunan Inspektorat Rohul.

Abdullah SE mantan Kabag Humas Setda Rohul dilantik sebagai Inspektur Pembantu Wilayah IV Bidang Sosial dan Perekonomian Inspektorat Rohul, Muammer Ghadapi kembali dilantik sebagai Camat Tambusai, dan lainnya.

Berdasarkan catatan BKPP Rohul, sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Rohul Nomor Kpts.821.23/ BKPP-MT/ 647/ 2018 tanggal 23 Agustus 2018, Pejabat Administrator eselon III yang dilantik sebanyak 51 orang, dan Pejabat Administrator eselon III‎ non eselon 12 orang.

SK Bupati Rohul Nomor Kpts.821.27/ BKPP-MT/ 646/ 2018, tanggal 23 Agustus 2018, Pejabat‎ Administrator eselon III Camat yang dilantik ada 8 orang, dan Pejabat Administrator eselon III Camat non eselon 2 orang.

Sedangkan sesuai SK Bupati Rohul Nomor Kpts.821.27/BKPP-MT/648/2018,‎ tanggal 23 Agustus 2018, Pejabat Pengawas eselon IV yang dilantik ada 97 orang, dan Pejabat pengawas eselon IV yang non eselon 22 orang.

‎Adapun 8 Pejabat Administrator eselon III Camat yang dilantik yakni, Elbisri S.SSTp, M.Si dilantik sebagai Camat Rambah, menggantikan M. Franovandi yang kini menjabat Kabag Administrasi Wilayah (Adwil) Setdakab Rohul.

‎Drs. Tengku Habrizal dilantik sebagai Camat Kepenuhan,‎ Ari Gunadi S.SSTp yang sempat non job dilantik sebagai Camat Ujung Batu, menggantikan Fisman Hendri S.Hut yang rolling jabatan sebagai Camat Pagarantapah Darussalam.

Zulhendri S.Sos yang sebelumnya Camat Pagarantapah Darussalam dilantik sebagai Camat Rambah Hilir, Basri SKM, MKL dilantik sebagai Camat Bonai Darussalam, Agus Salim S.Sos yang sebelumnya Camat Rambah Hilir dilantik sebagai Camat Kepenuhan Hulu. Sedangkan Muammer Ghadafi S.Sos yang sempat non job kembali dilantik sebagai Camat Tambusai untuk kedua kalinya.

Beberapa pejabat Administrator eselon III jabatan sekretaris‎ Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga dilantik, diantaranya Muslim SE, M.Si dilantik sebagai Sekretaris Inspektorat Rohul, Samsul Kamar S.Hut, M.Si dilantik sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul.

‎Drs. Fajar Sidqy yang sebelumnya sempat non eselon dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul, Umzakirman S.Ag, M.Si dilantik sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Rohul, Prasetyo dilantik sebagai Sekretaris Dinas PMPD Rohul.

Desmadiana S.Sos dilantik sebagai Sekretaris Dinas Penananam Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Rohul, H. Damri Poti S.Sos dilantik sebagai Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Rohul, Apriliadi SE, M.Si dilantik sebagai Sekretaris Dinsos P3A‎ Rohul.

Firdaus Nasution S.Sos dilantik sebagai Sekretaris Disperindag Rohul, Ramli Napitulu S.Sos dilantik sebagai Sekretaris Kesbangpol Rohul, Ir. Syahruddin S.Sos dilantik sebagai Sekretaris Satpol PP dan Damkar Rohul.

Selanjutnya, ‎Aprizal SE, MM dilantik sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Rohul, Muhardan S.STp sebagai Kepala Badan Layanan Pengadaan Barang/Jasa Setdakab Rohul menggantikan Samsul Kamar.

Sedangkan Dahulu Harahap sebelumnya menjabat Kabag Humas Setdakab Rohul dilantik sebagai Kabid Penerangan Jalan Dishub Rohul. ‎Pasca ditinggal Dahulu Harahap, jabatan Kabag Humas Setdakab Rohul kosong, dan sementara waktu akan ditunjuk Pelaksana Tugas atau Plt.

‎Usai melantik, Pj Sekda Kabupaten Rohul, Abdul Haris Lubis, mengatakan pelantikan ratusan pejabat eselon III dan eselon IV kali lebih pada rotasi, sehingga ASN sesuai bidang ilmunya bisa bekerja sesuai kemampuannya.

"Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) sudah melakukan penilaian-penilaian terhadap pegawai, dan ini merupakan salah satu inovasi supaya pejabat kita ini kinerjanya lebih lagi ke depan," kata Abdul Haris.

‎Pj Sekda Rohul berpesan kepada 8 Pejabat Administrator eselon III Camat yang baru dilantik agar lebih maksimalkan program unggulan Pemkab Rohul yaitu Peremajaan Sawit Rakyat.

Menurutnya, Program Peremajaan Sawit Rakyat merupakan program pemerintah pusat ini harus jadi fokus utama para Camat, dengan membentuk kelompok petani, dengan tujuan meningkatkan taraf perekonomian petani Rohul untuk lima tahun ke depan secara signifikan.

‎Selain itu, Abdul Haris berpesan kepada seluruh pejabat eselon III dan eselon IV Pemkab Rohul yang baru dilantik mengetahui tugas pokok dan fungsinya. Mereka juga dituntut terus berinovasi, tidak mengacu program pejabat sebelumnya saja.(ADV/ Humas Pemkab Rohul)


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Rabu 12 Desember 2018

Wadahi Potensi Kaum Muda, PPI Kampar Gelar Turnamen Futsal

Bangkinang (riauoke.com) Untuk mewadahi para pecinta olah raga futsal di Kampar, Persatuan Paskibraka Indonesia (PPI)...

Politik

Senin 17 Desember 2018

Tampung Aspirasi Warga Mandau, Anggota DPRD Bengkalis Ini Gelar Reses

Tampung Aspirasi Warga Mandau, Anggota DPRD Bengkalis Ini Gelar Reses

Duri  (riauoke.com) - Anggota DPRD Zulkifli Bengkalis dari Partai Hanura  mengadakan reses di Duri tepatnya...