Selasa, 25 September 2018

Jembatan Gantung Hanyut, Anak Sekolah Naik Rakit dan Jalan Kaki 14 KM

Pasir Pangaraian (riauoke.com) Awal tahun 2018 Jembatan atau titi gantung penghubung desa Sungai Siasam  Kecamatan Rokan 4 Koto Hanyut diterjang banjir bandang, akibatnya ratusan anak Paud dan SDN harus naik rakit atau berjalan kaki memutar sejauh 7 Km atau PP 14 Km. Padahal kalau jembatan tersedia hanya berjarak 700 meter sudah sampai.

 



Dari pengamatan di lapangan Jembatan gantung yang dibangun tahun 2000 oleh pemerintah Kecamatan, setelah terjang banjir tinggal tersisa tiang pancang dan dua utas tali seling yang saat ini dimanfaatkan warga untuk menambat Rakit dari kayu yang dibuat warga untuk anak- anak sekolah.

Kades Sungai Siasam Suryadi berharap pemerintah membantu pembangunan jembatan baru, mengingat banyak anak sekolah dan warga sangat tergantung pada akses jembatan untuk transportasi dan mengangkut hasil panen karet dan sawit .


“Kalau musim kemarau seperti sekarang anak- anak sekolah pakai rakit ini, tetapi kalau musim banjir tidak berani karena airnya dalam dan deras, memang kami larang karena beresiko ” kata Suryadi saat mengajak Anggota DPRD Riau melihat langsung ke titian penyeberangan sungai Tolab.

Ditambahkan oleh tokoh muda tempatan Zaini, untuk pembangunan jembatan yang sudah hanyut sekitar 8 bulan yang lalu sudah disampaikan kepada pemerintah Kabupaten.


Usaha warga sudah dilakukan dengan mengajukan permohonan termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana. “ Semoga kedatangan Pak Bagus ke sini menjadi jembatan suara warga supaya cepat diperhatikan oleh pemerintah” harap Zaini yang juga sebagai pendamping desa.

Terkait dengan persoalan Bagus Santoso yakin semua pihak terkait terutama pemerintah Kabupaten jika melihat kondisi langsung dilapangan akan memprioritaskan pembangunan jembatan gantung. Ini menyangkut keselamatan dan keberlangsungan hidup warga, saya akan turut menyampaikan persoalan ini kepada pihak terkait “ kata Bagus Santosa sambil menaiki rakit penyeberangan.

Dikabarkan bahwa Bupati Rohul menaruh perhatian serius terhadap pembangunan jembatan warga desa Rokan Timur. Saat warga mengadakan syukuran desa sebenarnya sudah mendengar kabar dan menyambut kedatangan Bupati untuk peletakan batu pertama. [] had

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Kamis 23 Agustus 2018

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Jakarta (riauoke.com) Saat dijenguk oleh Presiden, Anthony tengah dirawat di ruang medis. “Masyarakat Indonesia bangga...

Politik

Senin 24 September 2018

Sejumlah Caleg Partai Berkarya Mandau dan Pinggir Mantapkan Strategi Bersama Caleg Provinsi Riau Bermasa Lombak Tobing

Sejumlah Caleg Partai Berkarya Mandau dan Pinggir Mantapkan Strategi Bersama Caleg Provinsi Riau Bermasa Lombak Tobing

Duri (riauoke.com)- Untuk memenangkan dalam merebut hati Masyarakat sejumlah kader dan para Caleg Partai Berkarya...