Sabtu, 18 Agustus 2018

Pemkab Rokan Hulu Dorong Masyarakat Kembangkan Tanaman Buah-buahan


 

Rokan Hulu (riauoke.com)  Bupati Rokan Hulu H Suparman SSos M.Si menyebutkan, pemerintah daerah akan mensuppor masyarakat atau kelompok tani untuk mengembangkan tanaman buah-buahan dengan pola agregat yang ditanam di perkarangan rumah.




Tentunya tanaman buah buahan yang dikembangkan disesuaikan dengan potensi tanaman yang ada di kecamatan tersebut. Sehingga dari perkembangan tanaman buah-buahan itu, kedepannya menjadi ciri khas dari kecamatan itu sebagai sentral dari tanaman buah-buahan yang nantinya dibantu oleh pemerintah daerah maupun Pemprov Riau.



‘’Saya himbau warga Rohul tidak harus terpaku dengan usaha komoditas sawit. Tetapi harus berani alih komoditi dengan tanaman buah-buahan, sehingga disaat harga jual sawit anjlok, tidak berpengaruh terhadap pendapatan ekonomi masyarakat. Saya yakin dan percaya, bila warga berani beralih ke komoditi lain seperti buah-buahan, perekonomian warga akan meningkat dimasa mendatang,’’ ungkap Bupati Rohul H Suparman SSos Msi, Kamis (23/11/2017).



Dia menambahkan, setiap tahunnya, pemerintah daerah melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Rohul menyalurkan bibit tanaman buah-buahan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan se Rohul, dengan menyesuaikan potensi di wilayah tersebut, termasuk bantuan pupuk.



Bantuan bibit tanaman buah-buahan dengan pola agregat yang ditanam di perkarangan rumah, salah satu upaya dari Pemerintah Provinsi Riau untuk mengembangkan tanaman buah-buahan di Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau.



Sementara itu, Kades Rambah Muda Rian Deny Setiawan SIP menjelaskan, Tanaman buah buahan seperti Salak Pusaka yang dikembangkan petani di Desanya, cukup menggiurkan dibandingkan dengan kebun Sawit.



Karena lebih menguntungkan dari sisi pendapatan dengan berkebun Salak Pusaka, ketimbang sawit. Diakuinya, ia sudah lakukan kunjungan ke Kabupaten Bangka Belitung Provinsi Sumatera Selatan melihat langsung penanaman bibit cabai. Namun pemerintah desa Rambah Muda mendorong petani untuk mengembangkan Salak Pusaka dan cabai.[]adv.hms


Foto : Bupati Rokan Hulu, H. Suparman, S.Sos. M.Si bersama Gubri Ikut Memanen Salak Pusaka di Desa Rambah Muda Kecamatan Rambah Hilir

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Selasa 31 Juli 2018

NasDem Kampar Serahkan Perbaikan 45 Berkas Bacaleg Ke KPUD Kampar

NasDem Kampar Serahkan Perbaikan 45 Berkas Bacaleg Ke KPUD Kampar

Bangkinang Kota (riauoke.com) - DPD Partai NasDem Kampar antarkan Perbaikan 45 Berkas Bacaleg yang diminta...