Senin, 20 November 2017

Kurun Waktu 19 Tahun, PTPN V Salurkan Rp17 Miliar untuk UKM Pekanbaru

Pekanbaru(riauoke.com)- Selama 19 tahun, PTPN V telah menyalurkan sedikitnya 17 milyar Rupiah kepada UKM yang ada di Pekanbaru. Hal tersebut terungkap saat penyerahan bantuan dana kemitraan PTPN V kepada 11 UKM yang digelar di Gedung Serba Guna Jalan Rambutan No. 43 Pekanbaru, akhir tahun lalu.



“Semenjak tahun 1996 s.d 2015, Perusahaan telah menyalurkan kurang lebih Rp 17.292.000.000 untuk 961 UKM yang ada di Kota Pekanbaru”, ungkap Direktur SDM/Umum PTPN V melalui Kepala Bagian Umum A. Badran Zai.



Disebutkan Badran, Program Kemitraan/PK adalah dana bergilir dan bergulir yang bersumber dari penyisihan laba bersih Perusahaan tahun sebelumnya, yang diberikan guna meningkatkan kemampuan usaha dari penerima bantuan.



“Selain sebagai pemenuhan peraturan Perundang-undangan, diantaranya Permen BUMN No. 09/MBU/07/2015 tentang PKBL di BUMN, tujuan pemberian PK ini adalah guna meningkatkan kemampuan usahanya,” katanya.



Diistilahkan pula oleh Badran, pemberian dana kemitraan adalah suatu kegiatan memberikan kail kepada pengusaha kecil. “Dengan memberikan kailnya, bukan ikannya, kami harapkan UKM mitra Perusahaan ini, akan dapat mengembangkan usahanya secara tangguh dan mandiri," ucapnya.



Sehingga sambungnya, seperti harapan kita semua, kesejahteraan dapat meningkat dan berkesinambungan.

 

Lebih lanjut ia menyatakan UKM-UKM yang menjadi mitra Perusahaan terbagi dalam beberapa sektor usaha.


“Ada beberapa sektor yang dapat dibantu seperti sektor industry, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan jasa. Harapan kami, UKM-UKM yang ada di  Pekanbaru, dapat menjadi katalisator perekonomian yang mumpunyai di daerahnya sendiri,” ujar Badran lagi.



Sementara itu, dalam acara yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru Ingot P Hutasuut tersebut, 11 orang UKM yang menerima bantuan PK terdiri atas 5 UKM di sektor perdagangan, 4 UKM sektor jasa, dan 2 UKM sektor perikanan dengan total bantuan 260 juta Rupiah.


Dalam arahannya Kadiskop Kota Pekanbaru berpesan, agar penerima Program Kemitraan dapat memanfaatkan dana bantuan dengan sebaik mungkin.



“Kepada para penerima bantuan, kami himbau untuk dapat memanfaatkan pinjaman ini untuk pengembangan usahanya dengan bijak, serta mengembalikan cicilannya tepat waktu sesuai perjanjian yang ada. Sebab masih banyak yang membutuhkan program ini. Intinya agar program ini dapat bergilir dan bergulir dengan optimal”, imbuhnya.([]syafri/rls

Daerah

Kamis 16 November 2017

FRPD Akan Gelar Diskusi Dana Desa

FRPD Akan Gelar Diskusi Dana Desa

Bangkinang Kota (riauoke.com)- Serikat rakyat miskin indonesia (SRMI), liga mahasiswa nasional demokrasi (LMND), dewan...

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Selasa 31 Oktober 2017

Pemkab Siak Akan Bantu 12 Parpol Peseta Pemilu

Siak (riauoke.com) Pemerintah Kabupaten Siak akan memberikan bantuan keuangan kepada 12 partai politik peserta pemilu...