Senin, 24 September 2018

Laman Tuo Silat Pangean di Bandar Seikijang Direnovasi

Bandar Seikijang (riauoke.com) Laman Tuo Silat Pangean Kelurahan Sekijang, Kecamatan Bandar Seikijang, saat ini dalam proses renovasi berupa pelebaran.


Proses pelebaran ini dilakukan secara mandiri oleh anak-anak laman sejak sepekan terakhir. Saat  berita ini dirilis, Rabu (21/3/18), laman ini sudah 90 persen selesai dilebarkan.


Anak Tuo Silat Pangean H Salim ketika berbincang-bincang bersama riauoke com,  Selasa (20/2/18) mengatakan, mereka melakukan pelebaran itu kada akan ada hajat pada 26 Februari nanti.

"Kami akan mengaktifkan kembali laman ini setelah enam bulan lamanya dimatikan oleh Guru Besar Silat Pangean Pendekar Malin Kuning," katanya.


"Kini kami hidupkan kembali agar anak-anak kemenakan kita di sini bisa belajar silat kembali dari para ninik moyang," terusnya.


Menurut H Salim, jumlah anak laman tuo Silat Pangean saat ini tercatat sekira 100 orang. Di laman ini, mereka tak semata belajar ilmu bela diri, melainkan juga susila.


"Ada ilmu batiniah, seperti menjalankan syariat Islam berupa shalat dan lainnya. Juga ada pelajaran adab kepada guru. Kalau kita tidak mengikuti aturan dan etika ini, maka kita tidak akan dapat ilmu lahiriahnya," katanya.


Silat Pangean ini telah ada sejak 1923, datang dari Pengean, Kuantan Singingi, terus turun ke Desa Tambak Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan sebanyak 40 laman.  Di Provinsi Riau 4, ilmu bela diri Silat Pangean berkembang di Kota Pelalawan, Siak, Pekanbaru dan Kampar.

"Ini adalah seni budaya orang Melayu. Di samping ilmu bela diri, berguna juga untuk menyambut tamu seperti pejabat, baik itu gubernur atau bupati yang berkunjung ke daerah ini," katanya.


Silat ini juga kadang digunakan untuk menyambut tamu penting di acara kenduri pernikahan.


Hingga saat ini Laman Tuo Silat Pangean di Seikijang hidup dengan swadaya para anak lamannya. Belum pernah sekalipun mereka menerima bantuan dari pemerintah, baik pemkab maupun pemprov. []suranto gandra

Daerah

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Kamis 23 Agustus 2018

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Jakarta (riauoke.com) Saat dijenguk oleh Presiden, Anthony tengah dirawat di ruang medis. “Masyarakat Indonesia bangga...

Politik

Minggu 26 Agustus 2018

Bawaslu Dukung FPR Gelar Diskusi Umum Bakal Caleg Incumbent

Bawaslu Dukung FPR Gelar Diskusi Umum Bakal Caleg Incumbent

Pekanbaru (riauoke.com)- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau menyatakan mendukung kegiatan Forum Pemred Riau (FPR) yang...