Sabtu, 25 November 2017

Kuansing Butuh Setuhan Yang Tepat

Setelah enam bulan terpilihnya pasangan H Sukarmis dan Drs H Zulkifli M.Si sebagai  Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, roda pemerintahan pun secara bertahap telah pula mengalami  promosi dan degradasi bagi pejabat dilingkungan Kabupaten Kuantan Singingi mulai dari esselon ,IV,III dan II.

 


Dengan adanya mutasi dan promosi dikalangan pejabat tersebut , ada yang bergembira dan ada pula yang muram akibat dari roda  mutasi yang berputar  secara otomatis cepat, sehingga ada kalangan PNS itu menerima dengan baik dan ada pula yang menerima dengan hati tidak puas dan malah sudah sampai ketingkat PTUN di Pekanbaru.

 

Tetapi apa hendak dikata, semuanya itu saat ini menjadi semu dengan arti kata tidak ada kejelasan lebih lanjut dan sudah diam saja sampai saat ini, seperti hilang ditelan bumi.


Nah....? kalau dipikir-pikir mutasi itu adalah merupakan hak perogratif dari sang pimpinan didaerah itu yg tidak bisa diganggu gugat oleh orang lain walaupun  ada yang senang atau pun yang tidak senang atas keputusan tersebut, selaku aparatur negara harus dipatuhi oleh PNS.


Dari penempatan pejabat dilingkungan Kabupaten Kuantan Singingi dibawah kepemimpinan H Sukarmis dan Drs H Zulkifli M.Si, dalam enam bulan kebelakang masih terlihat beberapa kelemahan yang harus diperbaiki, karena masih terdapat kelemahan kinerja dari para pejabat yang berdampak terhadap lajunya roda pemerintahan maupun pembangunan  sosial kemasyarakatan.


Hal ini, juga dikritisi oleh salah seorang Ketua Lembaga Peduli Kuansing  Ilyas R Sutan melalui salah satu media terbitan Riau, Menurut Ilyas, setelah enam bulan paska kepemimpinan H Sukarmis dan Drs H Zulkifli M.Si sudah saatnya pula mengevaluasi keberadaan kinerja dan loyalitas  pejabat yang melaksanakan tugas  selama ini.

 


Sementara itu disisi lain, penempatan para pejabat yang akan diberi kepercayan mengemban tugas pimpinan tertinggi di Kabupaten Kuantan Singingi ini perlu memperhatikan latar belakang dari pejabat tersebut seperti Pendidikan, Moral, Mental , Kemampuan intelek, Disiplin dan tidak kalah pentingnya dalam menempatkan seseorang penjenjang karier mereka.

 


Dari hasil beberapa informasi dan temuanyang dikumpulkan  dilapangan masih ada pejabat yang ditempatkan baik dari posisi esselon II, III dan IV yang belum sesuai dengan ketentuan dan kemampuan para pejabat itu sendiri, dan mereka yang ditempatkan itu pada umumnya berjasa dalam pelaksanaan Pemilukada beberapa waktu lalu sebagai hadiah diberikan jabatan yang tinggi sementara  kemampuan hanya biasa-biasa saja sedangkan orang yang mempunyai kemampuan lebih baik tapi tidak ikut mendukung salah satu kandidat terpilih saat ini maka mereka dengan terpaksa harus menerima resiko digeser dan dilengserkan ketempat lain.


Seperti dilingkungan Dinas Pendidikan ada kepala Sekolah jadi guru biasa ditempatkan pula sangat jauh dari tempat tinggal, pengangkatan Kepala Sekolah juga terjadi hal yang luar biasa salah seorang guru yang baru bertugas dan mempunyai masa dinas jadi PNS sekitar 5 tahun berpangkat Gol III/a sudah jadi kepala sekolah sementara   disekolah itu sendiri ada guru senior yang sarat pengalaman mempunyai pangkat Gol IV/a jadi guru biasa .


Kalau lah hal ini, tidak pernah terpikir oleh pihak Pemkab Kuansing dalam menempatkan seseorang dalam jabatan maka alamat mutu pendidikan didaerah ini akan mengalami penurunan, penyebabnya ya penempatan seseorang dalam jabatan tidak melihat kepada latar belakang kemampuan dan senioritas , tentu seorang Guru senior kalaulah dipimpin oleh Guru yang belum mempunyai pengalaman maka akan timbul kecemburuan sosial .

 


Hal seperti ini juga ditemukan disalah satu sekolah Dasar dilingkungan Kab Kuansing, ketika dicoba konfirmasi kepada salah seorang guru senior disalah satu SD didaerah ini, pada prinsipnya kami tidak bisa menjelaskan secara terbuka karena salah-salah nanti kami yang jadi sasaran yang tidak baik pihak penentu didaerah bisa-bisa katakan nanti tidak loyal, ujarnya.(syamsir)

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Selasa 31 Oktober 2017

Pemkab Siak Akan Bantu 12 Parpol Peseta Pemilu

Siak (riauoke.com) Pemerintah Kabupaten Siak akan memberikan bantuan keuangan kepada 12 partai politik peserta pemilu...