Senin, 20 November 2017

Prinsip-Prinsip Mengajar dan Melatih (The Principles Of Teaching And Coaching)

Pekanbaru (riauoke.com) Untuk terbitan perdana media olahraga “ Gema Prestasi “ akan menampilkan beberapa ilmu pengetahuan dan tehnologi tentang olahraga sepakbola untuk menambah wawasan seorang pelatih, pengelola dan pemain sepakbola didaerah kota Pekanbaru khususnya dan provinsi Riau umumnya.


Pada terbitan kali ini para awak media akan menampilkan sebuah sajian materi  tentang prinsip-prinsip mengajar dan melatih pemain yang masih berusia muda yang nantinya bisa diharapkan mampu menjadi pemain berbakat baik untuk kota Pekabanru, Riau maupu Nasional.


Pertama, tujuan pokok mengajar dan melatih, adalah menciptakan perubahan dalam penampilan menjadi lebih baik secara permanen, dan menciptakan perubahan sikap dan tingkah laku supaya menjadi lebih baik serta dilaksanakan permanen bagi seorang atlet.

 


Kedua, bagaimana pemain-pemain muda usia bermain sepakbola, ? tentunya seorang pelatih terlebih dahulu mempelajarai karakter dari para pemainnya, apakah mempunyai kebiasaan yang baik atau yang buruk maka dengan demikian, sang pelatih melihat ketika para pemain mudanya berlatih dan bermain dari sana dapat ditarik kesimpulan mana pemain yang mempunyai karakter tidak baik dan yang baik.


Ketiga, bagaimana pemain-pemain muda usia berkembang, ? Para pelatih harus memberikan mereka motivasi dan dibuat tertarik dengan materi yang disajikan, antusias, serta jangan lupa pula menyiapkan idola-idola mereka untuk mereka tiru dan contoh dalam berlatih, berikan kesempatan yang banyak untuk mereka melakukan preaktek yang baik, guna mencapai standard yang tinggi dalam penampilan usahakan  dengan maksimal, sebagai pelatih harus mengerti dan mengetahui baik buruknya praktek dan latihan mereka lakukan serta yang tidak kalah pentingnya dalam hal ini adalah  peranan orang tua mereka yang setiap saat harus mampu memberikan dukungan kepada mereka saat-saat tertentu.


Keempat, Untuk menjadi pemain muda usia memerlukan atribut sebagai berikut : Kondisi yang fit, mempunyai rangkaian tehnik dan skiil yang baik sekali, pengetahuan sepakbola dan  pengertian pemain muda tersebut tentang permainan sepakbola ( Game understanding ).


Kelima, Peranaan dari pengajar dan pelatih dalam membentuk anak asuhnya, mengeuasai pengetahuan tentang permainan sepakbola ( Game ), pengetahuan tentang bagaimana manusia belajar, harus mampu memberikan inspirasi dan meminta pemainnya memberikan penampilan yang berkualitas, logika, sabar dan ulet dalam menghadapi hambatan-hambatan, antusias ( keinginan yang berkobar-kobar ) serta mampu berkonsentrasi pada tujuan yang diinginkan.


Keenam, Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepelatihan yang efisien dalam sepakbola adalah : Organisasi, Elemen yang sangat penting dalam latihan jelas dan realities, yaitu mudah dimengerti dan sesuai dan sesuai situasi pertandingan. Dalam latihan praktek perlu dibentuk secara sederhana sedemikian rupa sehingga tujuan dan jalannya latihan menjadi sangat jelas bagi pemain yang terlibat dalam latihan tersebut. Sedangkan kemajuan dari situasi ke situasi lainnya memerlukan pertimbangan yang seksama, sebagai contoh : jika seorang penjaga gawang lemah dalam bola-bola cross didepan gawangnya, adalah sangat realistis jika dalam latihan didepan gawangnya ditaruh sejumlah pemain bertahan dan penyerang, tetapi ini tidak menolongnya karena dalam proses belajar ia harus dapat menangkap bola-bola cross sebanyak-banyaknya.


Faktor-faktor apa yang penting dan menentukan serta menghasilkan kejelasan dan realisme/ situasi pertandingan :
Pertimbangan pertama adalah berapa banyak pemain yang dipakai dalam latihan tersebut sehingga dapat diyakini bahwa penjabaran mereka dalam latihan tersebut sangat realistis, Pelatih harus memperhatikan area lapangan yang dipakai untuk latihan karena ini ada hubungannya dengan pengertian pemain yang bersangkutan dengan kewajiban-kewajibanya diodaerah lapangan tersebut.
Tipe dari servis tidak hanya penting tetapi sering sekali vital bagi suksesnya latihan, penggunaan baju bola yang berwarna atau rompi adalah sangat penting bagi suksesnya latihan, harus diberi pertimbangan mengenai cara memulai latihan.


Posisi pelatih adalah sangat penting diantara pemain-pemain yang tidak langsung mengikuti latihan tertentu yang sedang dilaksanakan, pengembangan suatu proses latihan umpamanya mengenai pengetatan posisi-posisi pertahanan penggunaan lebih banyak pemain-pemain atau memakai area lapangan yang lebih besar atau lebih kecil ditentukan oleh pelatih bila menurut pertimbangannya dianggap perlu.


Perlu sekali semua pemain dalam latihan memahami tujuan latihan mereka masing-masing. Ini mencakup latihan untuk mencapai suatu target atau latihan to keep ball possession dan tidak cepat kehilangan bola, tentu dalam tiap latihan menyerang, menembak dan membuat gol adalah elemen sangat disenangi pemain.


Keberhasilan dalam mencapai tujuan ini tergantung pada kemampuan pelatih dalam menyiapkan bentuk-bentuk latihan secara baik dalam arti terencana dan terperinci, dan akan gagal kalau persiapannya tidak terencana dan dipersiapkan secara baik.


Observasi, ini menyangkut kebutuhan pelatih untuk memperhatikan proses latihan dengan cermat untuk mendikteksi kesalahan dan mengantisipasi kesalahan yang akan terjadi atau akan di[perbuat oleh pemain. Tentunya hal ini membutuhkan disiplin untuk : biarkan proses latihan berjalan sehingga realism diperoleh, konsentrasi pada suatu tujuan tertentu, mencari/deteksi factor-faktor kegagalan dari pemain dalam latihan tersebut, latih pemain dan tidak melatih sepakbola, perbaiki kesalahan yang terlihat dari pada latihan yang telah mereka persiapkan.


Presentasi dari latihan itu sendiri dapat memberikan kepada pelatih kesempatan yang paling baik untuk mem[peroleh/mengetahui problem-problem/masalah dari pemain-pemain.
Demontrasi dan Stimulasi, Setelah menemukan masalah (kelemahan) pemain, maka pelatih akan berusaha memecahkan masalah tersebut dengan memberikan demontrasi dan membangkitkan gairah yang bersangkutan untum memperbaiki kelemahannya.


Memberikan demontrasi dalam melatih tehnik ( kontak dengan bola ) merupakan jawaban yang tepat bagi pemain yaitu demontrasi ketrampilan yang baik dari pelatih, dalam hal pengertian (understanding of the game ) pelatih harus melibatkan diri secara dinamis didalam latihan dengan memperlihatkan posisi-posisi yang benar sesuai dengan situasi tertentu dan memberikan beberapa alternativ  untuk member pas bagi pemain.


Merupakan hal penting bahwa demontrasi itu sederhana, jelas dan cepat dapat dimengerti dan pemain-pemain dapat mencoba melakukannya beberapa kali supaya dapat meningkatkan tingkat pengertiannya akan permainan tersebut (game understanding ).

Bagaimana seorang pelatih mampu membangkitkan gairah pemainnya untuk berlatih ?


Pertama, Ia sendiri sebagai Pelatih harus memperlihatkan gairah dan menularkan pada pemain-pemain kegairahan tersebut.
Kedua, Ia harus bersifat posisitf, memimpin pelaksanaan latihannya dengan jelas dan simpatik.
Ketiga, Ia harus menantang pemain-pemainnya untuk penampilan yang lebih baik dan meletakan/menuntut standard yang tinggi dari pemainnya.
Keempat, Penggunaan suaranya dalam latihan jelas sangat penting dan ia harus waspada pada tehnik Tanya jawab dengan pemain-pemainnya.
Kelima, Penampilan seorang pelatih jangan dianggap remeh, ini penting sekali karena penampilannya ,merupakan gambaran dari disiplin pelatih itu sendiri dan komitmennya terhadap pemain sepakbola.
Sebagai penutup topic yang disajikan ini, suatu session yang baik harus direncanakan secara rinci dan mencakup beberapa coaching point  yang akan menolong pemain memperoleh ketrampilan yang baik berkat inspirasi dari pelatih.[] Penulis : Syamsir S

Daerah

Kamis 16 November 2017

FRPD Akan Gelar Diskusi Dana Desa

FRPD Akan Gelar Diskusi Dana Desa

Bangkinang Kota (riauoke.com)- Serikat rakyat miskin indonesia (SRMI), liga mahasiswa nasional demokrasi (LMND), dewan...

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Selasa 31 Oktober 2017

Pemkab Siak Akan Bantu 12 Parpol Peseta Pemilu

Siak (riauoke.com) Pemerintah Kabupaten Siak akan memberikan bantuan keuangan kepada 12 partai politik peserta pemilu...