Jumat, 22 Pebruari 2019

Prinsip-Prinsip Mengajar dan Melatih (The Principles Of Teaching And Coaching)

Pekanbaru (riauoke.com) Untuk terbitan perdana media olahraga “ Gema Prestasi “ akan menampilkan beberapa ilmu pengetahuan dan tehnologi tentang olahraga sepakbola untuk menambah wawasan seorang pelatih, pengelola dan pemain sepakbola didaerah kota Pekanbaru khususnya dan provinsi Riau umumnya.


Pada terbitan kali ini para awak media akan menampilkan sebuah sajian materi  tentang prinsip-prinsip mengajar dan melatih pemain yang masih berusia muda yang nantinya bisa diharapkan mampu menjadi pemain berbakat baik untuk kota Pekabanru, Riau maupu Nasional.


Pertama, tujuan pokok mengajar dan melatih, adalah menciptakan perubahan dalam penampilan menjadi lebih baik secara permanen, dan menciptakan perubahan sikap dan tingkah laku supaya menjadi lebih baik serta dilaksanakan permanen bagi seorang atlet.

 


Kedua, bagaimana pemain-pemain muda usia bermain sepakbola, ? tentunya seorang pelatih terlebih dahulu mempelajarai karakter dari para pemainnya, apakah mempunyai kebiasaan yang baik atau yang buruk maka dengan demikian, sang pelatih melihat ketika para pemain mudanya berlatih dan bermain dari sana dapat ditarik kesimpulan mana pemain yang mempunyai karakter tidak baik dan yang baik.


Ketiga, bagaimana pemain-pemain muda usia berkembang, ? Para pelatih harus memberikan mereka motivasi dan dibuat tertarik dengan materi yang disajikan, antusias, serta jangan lupa pula menyiapkan idola-idola mereka untuk mereka tiru dan contoh dalam berlatih, berikan kesempatan yang banyak untuk mereka melakukan preaktek yang baik, guna mencapai standard yang tinggi dalam penampilan usahakan  dengan maksimal, sebagai pelatih harus mengerti dan mengetahui baik buruknya praktek dan latihan mereka lakukan serta yang tidak kalah pentingnya dalam hal ini adalah  peranan orang tua mereka yang setiap saat harus mampu memberikan dukungan kepada mereka saat-saat tertentu.


Keempat, Untuk menjadi pemain muda usia memerlukan atribut sebagai berikut : Kondisi yang fit, mempunyai rangkaian tehnik dan skiil yang baik sekali, pengetahuan sepakbola dan  pengertian pemain muda tersebut tentang permainan sepakbola ( Game understanding ).


Kelima, Peranaan dari pengajar dan pelatih dalam membentuk anak asuhnya, mengeuasai pengetahuan tentang permainan sepakbola ( Game ), pengetahuan tentang bagaimana manusia belajar, harus mampu memberikan inspirasi dan meminta pemainnya memberikan penampilan yang berkualitas, logika, sabar dan ulet dalam menghadapi hambatan-hambatan, antusias ( keinginan yang berkobar-kobar ) serta mampu berkonsentrasi pada tujuan yang diinginkan.


Keenam, Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepelatihan yang efisien dalam sepakbola adalah : Organisasi, Elemen yang sangat penting dalam latihan jelas dan realities, yaitu mudah dimengerti dan sesuai dan sesuai situasi pertandingan. Dalam latihan praktek perlu dibentuk secara sederhana sedemikian rupa sehingga tujuan dan jalannya latihan menjadi sangat jelas bagi pemain yang terlibat dalam latihan tersebut. Sedangkan kemajuan dari situasi ke situasi lainnya memerlukan pertimbangan yang seksama, sebagai contoh : jika seorang penjaga gawang lemah dalam bola-bola cross didepan gawangnya, adalah sangat realistis jika dalam latihan didepan gawangnya ditaruh sejumlah pemain bertahan dan penyerang, tetapi ini tidak menolongnya karena dalam proses belajar ia harus dapat menangkap bola-bola cross sebanyak-banyaknya.


Faktor-faktor apa yang penting dan menentukan serta menghasilkan kejelasan dan realisme/ situasi pertandingan :
Pertimbangan pertama adalah berapa banyak pemain yang dipakai dalam latihan tersebut sehingga dapat diyakini bahwa penjabaran mereka dalam latihan tersebut sangat realistis, Pelatih harus memperhatikan area lapangan yang dipakai untuk latihan karena ini ada hubungannya dengan pengertian pemain yang bersangkutan dengan kewajiban-kewajibanya diodaerah lapangan tersebut.
Tipe dari servis tidak hanya penting tetapi sering sekali vital bagi suksesnya latihan, penggunaan baju bola yang berwarna atau rompi adalah sangat penting bagi suksesnya latihan, harus diberi pertimbangan mengenai cara memulai latihan.


Posisi pelatih adalah sangat penting diantara pemain-pemain yang tidak langsung mengikuti latihan tertentu yang sedang dilaksanakan, pengembangan suatu proses latihan umpamanya mengenai pengetatan posisi-posisi pertahanan penggunaan lebih banyak pemain-pemain atau memakai area lapangan yang lebih besar atau lebih kecil ditentukan oleh pelatih bila menurut pertimbangannya dianggap perlu.


Perlu sekali semua pemain dalam latihan memahami tujuan latihan mereka masing-masing. Ini mencakup latihan untuk mencapai suatu target atau latihan to keep ball possession dan tidak cepat kehilangan bola, tentu dalam tiap latihan menyerang, menembak dan membuat gol adalah elemen sangat disenangi pemain.


Keberhasilan dalam mencapai tujuan ini tergantung pada kemampuan pelatih dalam menyiapkan bentuk-bentuk latihan secara baik dalam arti terencana dan terperinci, dan akan gagal kalau persiapannya tidak terencana dan dipersiapkan secara baik.


Observasi, ini menyangkut kebutuhan pelatih untuk memperhatikan proses latihan dengan cermat untuk mendikteksi kesalahan dan mengantisipasi kesalahan yang akan terjadi atau akan di[perbuat oleh pemain. Tentunya hal ini membutuhkan disiplin untuk : biarkan proses latihan berjalan sehingga realism diperoleh, konsentrasi pada suatu tujuan tertentu, mencari/deteksi factor-faktor kegagalan dari pemain dalam latihan tersebut, latih pemain dan tidak melatih sepakbola, perbaiki kesalahan yang terlihat dari pada latihan yang telah mereka persiapkan.


Presentasi dari latihan itu sendiri dapat memberikan kepada pelatih kesempatan yang paling baik untuk mem[peroleh/mengetahui problem-problem/masalah dari pemain-pemain.
Demontrasi dan Stimulasi, Setelah menemukan masalah (kelemahan) pemain, maka pelatih akan berusaha memecahkan masalah tersebut dengan memberikan demontrasi dan membangkitkan gairah yang bersangkutan untum memperbaiki kelemahannya.


Memberikan demontrasi dalam melatih tehnik ( kontak dengan bola ) merupakan jawaban yang tepat bagi pemain yaitu demontrasi ketrampilan yang baik dari pelatih, dalam hal pengertian (understanding of the game ) pelatih harus melibatkan diri secara dinamis didalam latihan dengan memperlihatkan posisi-posisi yang benar sesuai dengan situasi tertentu dan memberikan beberapa alternativ  untuk member pas bagi pemain.


Merupakan hal penting bahwa demontrasi itu sederhana, jelas dan cepat dapat dimengerti dan pemain-pemain dapat mencoba melakukannya beberapa kali supaya dapat meningkatkan tingkat pengertiannya akan permainan tersebut (game understanding ).

Bagaimana seorang pelatih mampu membangkitkan gairah pemainnya untuk berlatih ?


Pertama, Ia sendiri sebagai Pelatih harus memperlihatkan gairah dan menularkan pada pemain-pemain kegairahan tersebut.
Kedua, Ia harus bersifat posisitf, memimpin pelaksanaan latihannya dengan jelas dan simpatik.
Ketiga, Ia harus menantang pemain-pemainnya untuk penampilan yang lebih baik dan meletakan/menuntut standard yang tinggi dari pemainnya.
Keempat, Penggunaan suaranya dalam latihan jelas sangat penting dan ia harus waspada pada tehnik Tanya jawab dengan pemain-pemainnya.
Kelima, Penampilan seorang pelatih jangan dianggap remeh, ini penting sekali karena penampilannya ,merupakan gambaran dari disiplin pelatih itu sendiri dan komitmennya terhadap pemain sepakbola.
Sebagai penutup topic yang disajikan ini, suatu session yang baik harus direncanakan secara rinci dan mencakup beberapa coaching point  yang akan menolong pemain memperoleh ketrampilan yang baik berkat inspirasi dari pelatih.[] Penulis : Syamsir S

Selasa, 25 Des 2018

Pilih Aktor Sosial Bukan Aktor Politik

Pilih Aktor Sosial Bukan Aktor Politik

Persepsi selama ini yang dimaksud Aktor adalah orang yang bekerja dalam seni pertunjukan yang mendapat peran utama dalam melakoni sebuah cerita, seperti aktor film atau aktor sinetron. Aktor adalah panggilan...

Kamis, 10 Mei 2018

Balimau Kasai "Jadikan" Sebagai Agenda Wisata

Balimau Kasai

Bangkinang  (riauoke.com): Pemerintah Kabupaten Kampar Komit dengan agenda Balimau Kasai yang merupakan salah satu iven wisata religi tahunan di Kabupaten Kampar, hal ini sudah dikenal oleh masyrakat luas di Riau,...

Senin, 18 Des 2017

Pilkada Pertarungan antar Cukong

Pilkada Pertarungan antar Cukong

​Kalau meminjam pengertian demokrasi menurut Prof. Sidney Hook (Mahaguru Filsafat New York University) yang mengatakan  suatu bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan penting pemerintah atau garis kebijaksanaan di belakang keputusan-keputusan tersebut...

Selasa, 28 Nov 2017

Mahasiswa Kampar Jangan Apatis, harus Optimis

Mahasiswa Kampar Jangan Apatis, harus Optimis

Kalangan mahasiswa di Riau walkhusus Kampar saat ini dianggap cenderung apatis. Mereka tidak melakukan pergerakan, selama persoalan yang terjadi tidak mengganggu kepentingan mereka. Kondisi itu disebabkan mahasiswa sudah merasa relatif...

Sabtu, 11 Nov 2017

Meli Sehati: Pendidikan Maju Melalui Proses Kerjasama

Pendidikan membutuhkan sebuah ikhtiar besar dari sebuah unity yang tergabung oleh sebuah lembaga pendidikan atau sekolah di sana terdapat kerjasama erat tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta orang tua termasuk...

Rabu, 18 Okt 2017

Pilkada 2018: Duel Mahal dan Paling Akbar

Pilkada 2018: Duel Mahal dan Paling Akbar

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, anggaran Pilkada 2018 telah disepakati yaitu Rp 11,4 triliun. Anggaran ini untuk membiayai pelaksanaan pilkada di 171 daerah.

Selasa, 10 Okt 2017

Konstelasi Politik Menjelang Pilgub Riau 2018

Konstelasi Politik Menjelang Pilgub Riau 2018

Mencermati dinamika politik jelang pemilihan gubernur (Pilgub) Riau tidak bisa terlepas dari peta dan warna politik nasional terutama pasca meleburnya Koalisi Merah Putih (KMP) pendukung Prabowo Subianto dengan Koalisi Indonesia...

Rabu, 04 Okt 2017

Peran Seorang Guru Dalam Pendidikan

Peran Seorang Guru Dalam Pendidikan

Guru menurut UU No 14 tahun 2005 adalah pendidikan porfesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilia dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan...

Pekanbaru

Senin, 21 Jan 2019

Penyerahan Program Indonesia Pintar, Sampai Tahap III Pelajar Kampar Terima Sebanyak 9.319

Penyerahan Program Indonesia Pintar, Sampai Tahap III Pelajar Kampar Terima Sebanyak 9.319

Pekanbaru (riauoke.com)- Penyaluran Kartu Indonesia pintar oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Agama RI bagi  siswa siswi  Pondok Pesantren, Madrasah sampai...

Kabupaten Bengkalis

Kamis, 21 Feb 2019

Jelang Silaturahmi, Lurah Sekijang Gelar Goro

Jelang Silaturahmi, Lurah Sekijang Gelar Goro

Sekijang (riauoke.com) Lurah Sekijang H Yasri Budu, SPd menggelar gotong royong di halaman kantornya, Kamis (21/02/2019) bersama sejumlah anggota Karang...

Rabu, 20 Feb 2019

Warga Desa Muara Petai Kuansing Berharap Jalan Mereka Diaspal Pemerintah

Warga Desa Muara Petai Kuansing Berharap Jalan Mereka Diaspal Pemerintah

Teluk Kuantan (Riauoke.com) Jalan menuju ke Desa Muara Petai,  Kecamatan Pucuk Rantau sangat memprihatinkan. Kalau musim hujan becek berlumpur dan...

Rabu, 20 Feb 2019

Susun RKPD, Pemcam Bandar Seikijang Gelar RKPD

Susun RKPD, Pemcam Bandar Seikijang Gelar RKPD

Bandar Seikijang (riauoke.com) Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Bandar Seikijang Musrenbang penyusunan RKPD 2020, Rabu (20/02/2019), dengan tema Meningkatkan Keamanan dan  Ketentraman...

Sabtu, 16 Feb 2019

Keltan Harapan Jaya Desa Tambang, Kampar, Lakuan Uji Coba Panen Jagung

Keltan Harapan Jaya Desa Tambang, Kampar, Lakuan Uji Coba Panen Jagung

Pekanbaru (riauoke.com) Kelompok Tani Harapan Jaya di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Sabtu (16/02/2019) melakukan uji coba panen...

Sabtu, 16 Feb 2019

Costumer Gathering, 15 Keunggulan Product Baru Xenia Untuk Sahabat Impian Keluarga

Costumer Gathering, 15 Keunggulan Product Baru Xenia Untuk Sahabat Impian Keluarga

Duri,Riau,"riauoke.com - Seiring perkembanngan zaman otomotif di dunia ini, Capella Medan Daihatsu Cabang Duri juga memperkenalkan Grand New Xenia dengan...

Jumat, 15 Feb 2019

Polsek Mandau Ringkus Perempuan Muda dan Tiga Pria Terduga Penyalah Gunaan Narkotika

Polsek Mandau Ringkus Perempuan Muda dan Tiga Pria Terduga Penyalah Gunaan Narkotika

Duri,Riau,"riauoke.com – Masyarakat Kota Duri sudah sangat gelisah melihat dan membaca berita pelaku dugaan Narkotika yang hampir setiap harinya terjaring...

Kamis, 14 Feb 2019

Dihadiri Legislator Bengkalis Teguh Ibra, Camat Mandau Usulkan Program Prioritas di Musrenbang

Dihadiri Legislator Bengkalis Teguh Ibra, Camat Mandau Usulkan Program Prioritas di Musrenbang

Duri (riauoke.com) - Hampir Seluruh Kelurahan/Desa se Kabupaten Bengkalis sudah menyelesaikan Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) untuk di bawa dan di...

Rabu, 13 Feb 2019

Semarak Olahraga di Rohul, Sekda Buka Open Turnamen Sepak Bola Kades Tandun CUP I

Semarak Olahraga di Rohul, Sekda Buka Open Turnamen Sepak Bola Kades Tandun CUP I

Rohul (riauoke.com)- Sekretaris Daerah kabupaten Rokan Hulu, H. Abdul Haris, S.Sos. M.Si membuka open turnamen sepak bola piala bergilir Kades...

Selasa, 12 Feb 2019

Pengelola UEK-SP Alam Bertuah Mandau Bagi Hasil Tahun Buku 2018 Kepada Warga

Pengelola UEK-SP Alam Bertuah Mandau Bagi Hasil Tahun Buku 2018 Kepada Warga

Duri, Riau,"riauoke com - Sudah menjadi kewajibannya bagi pengurus, Pengelola Dana UEK-SP pada akhir Tahun setiap tahunnya harus menyampaikan perkembangan...

Minggu, 10 Feb 2019

Legislator Bengkalis Teguh Ibra Ucapkan Selamat pada Pengurus DPC PSSAB

Legislator Bengkalis Teguh Ibra Ucapkan Selamat pada Pengurus DPC PSSAB

Duri (riauoke.com) - Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Parsadaan Situmorang Sipituama Dohot Baruna (DPC PSSAB) Kecamatan Mandau, Kecamatan Pinggir dan Bathin...

Kabupaten Pelalawan

Kamis, 21 Feb 2019

Jelang Silaturahmi, Lurah Sekijang Gelar Goro

Jelang Silaturahmi, Lurah Sekijang Gelar Goro

Sekijang (riauoke.com) Lurah Sekijang H Yasri Budu, SPd menggelar gotong royong di halaman kantornya, Kamis (21/02/2019) bersama sejumlah anggota Karang...

Kabupaten Rokan Hulu

Rabu, 13 Feb 2019

Semarak Olahraga di Rohul, Sekda Buka Open Turnamen Sepak Bola Kades Tandun CUP I

Semarak Olahraga di Rohul, Sekda Buka Open Turnamen Sepak Bola Kades Tandun CUP I

Rohul (riauoke.com)- Sekretaris Daerah kabupaten Rokan Hulu, H. Abdul Haris, S.Sos. M.Si membuka open turnamen sepak bola piala bergilir Kades...

Kabupaten Meranti

Kamis, 16 Agus 2018

Wakil Bupati Meranti Buka Sosialisasi Kabupaten Program Pamsimas III Tahun 2018

Meranti (riauoke.com) Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Kabupaten Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III...

Kabupaten Rokan Hilir

Kamis, 10 Jan 2019

Peredaran Narkoba Masih Marak di Rokan Hilir

Rokan Hilirr (riauoke.com) Satnarkoba Polres Rohil kembali mengungkap pelaku penyalahgunaan narkotika jenis Sabu- sabu di Jalan...

Kabupaten Inhu

Jumat, 31 Agus 2018

Diserahkan, Bantuan PWI Riau untuk Pondok Tahfiz Talang Mamak Binaan UAS

Diserahkan, Bantuan PWI Riau untuk Pondok Tahfiz Talang Mamak Binaan UAS

RANTAULANGSAT (riauoke.com)- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau menyerahkan donasi bantuan untuk Pesantren Tahfiz Talang Mamak, Jumat (31/8/2018) pagi.Donasi itu...

Kabupaten Inhil

Selasa, 11 Des 2018

Pemimpin Baru Kemenag Inhil, H Harun SAg Mpd

Pemimpin Baru Kemenag Inhil, H Harun SAg Mpd

Pekanbaru riauoke.com - Bertempat di Aula Utama Lantai II Kanwil Kemenag Riau, berlangsung acara pelantikan terhadap pejabat administrasi Eselon III....

Kabupaten Kuansing

Rabu, 20 Feb 2019

Warga Desa Muara Petai Kuansing Berharap Jalan Mereka Diaspal Pemerintah

Warga Desa Muara Petai Kuansing Berharap Jalan Mereka Diaspal Pemerintah

Teluk Kuantan (Riauoke.com) Jalan menuju ke Desa Muara Petai,  Kecamatan Pucuk Rantau sangat memprihatinkan. Kalau musim hujan becek berlumpur dan...


DAERAH PENDIDIKAN
CONTACT INFO

Jalan Parit Indah Grand Sudirman No 6
Phone: 08127513007 Fax: ..........
Email: redaksi_riauoke@yahoo.com
Pekanbaru, Provinsi Riau.

EKONOMI OLAHRAGA
HUKUM GALERI FOTO
POLITIK OPINI
TRAVELLING PEMILU
 

COPYRIGHT © 2018 RIAUOKE.COM, ALL RIGHT RESERVED