Sabtu, 25 November 2017

Mengenang Sosok Ketum KONI Pekanbaru Alm Yuzamri Yakub

Oleh: Syamsir Suryana

Rezeki, pertemuan dan maut kita sebagai umat manusia tidak akan bisa memperkirakannya, kapan datangnya, nah untuk itu sebagai umat manusia yang beriman sewajarnya jualah kita akan selalu berusaha dan berdoa kepada yang maha kuasa.

 

Ketika telephon genggam saya berdering pukul 09.30 wib Selasa pagi  7 Oktober 2015, yang memberikan kabar duka bahwa Ketua Umum KONI kota Pekanbaru Drs H Yuzamri Yakub M.Pd telah berpulang kerahmatullah pada pukul 08.30 Wib disalah satu rumah sakit di kota Dumai, mendengar berita duka  tersebut seperti disambar petir keras di siang bolong perasaan saya, antara yakin dengan tidak saja karena beberapa hari sebelumnya beliau masih segar bugar dan memberikan senyuman khasnya,  ketika masuk kantor KONI kota Pekanbaru di jalan Arifin Ahmad No 39.

 

Setelah mencari kebenaran dari berita duka yang saya terima dari telephon genggam ketika disampaikan olah salah seorang teman di KONI tersebut, dan menelusuri kerumah kediaman beliau di jalan Kereta Api Kec Marpoyan Damai,  saat dirumah duka pihak keluarga membenarkan hal tersebut. Rasanya perasaan ini tak menentu mengingat beliau sebagai seorang pimpinan yang mempunyai karisma yang ckup disenang oleh para insan olahraga mulai dari Pembina, Pelatih, Atlit dan pengurus KONI sendiri.

 

Hal ini beliau buktikan ketika berlangsungnya Pekan Olahraga Provinsi ( PORPROV ) VIII Riau di Kota Rengat Kabupaten Indragiri Hulu beberapa waktu lalu, sosok beliau sangat ini dekat dengan Pelatih dan Atlit dilapangan dan beliau tidak segan-segan untuk duduk dilantai bersama atlit  dan bahkam beliau ini juga mau bercanda serta makan bersama dengan mereka dipemondokan atlit.

 

Kedekatan beliau dengan pembina, Pelatih dan Atlit maupun rekan-rekan wartawan olahraga yang sering mangkal di KONI Kota Pekanbaru, inilah yang membuat segenap insan olahraga Kota Pekanbaru merasa kehilangan sosok pemimpin yang sangat dekat dengan mereka.

 

 

Walaupun beliau menjabat rangkap dua jabatan masing-masing Ketua PMI dan Ketua Umum KONI Kota Pekanbaru, dirinya sangat komit dalam menjalan tugas kedua posisi Ketua tersebut serta mampu membagi tugas dengan baik, sungguhpun kondisi phisik beliau tidak sekuat semasa 10 tahun yang lalu, hal ini lah yang membuat beliau konsisten dengan tanggung jawabnya.

 

Sebagai seorang anggota beliau di KONI Kota Pekanbaru penulis sangat terkesan de ngan pola kepemimpinan beliau yang begitu lugas dan humoris walaupun mendapat tekanan dari berbagai pihak beliau tetap tenang  dan sabar  menghadapi dikarenakan sosok beliau ini sudah malang melintang dipemerintahan dengan jabatan terakhir sebagai Sekda Kota Pekanbaru.

 

Penulis mengenal sosok Drs H. Yuzamri Yakup M.Pd ini sekitar tahun 1992 akhir ketika beliau menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Tk II Kodya Pekanbaru, waktu itu penulis masih aktif berdinas di TNI-AD Kesatuan Kodim 0301/Pekanbaru dan mempunyai isteri seorang Guru SD  yang saat itu mau pindah tugas dari Kota Padang Panjang Sumbar ke Kota Pekanbaru Riau.

 

Ketika menghadap beliau untuk minta tempat untuk bertugas di salah Sekolah Dasar di Kota Pekanbaru, tidak mendapatkan kesulitan dan beliau memberinya dengan senang hati untuk penempatan.

 

Walaupun kiprah beliau termasuk baru dalam dunia olahraga tapi perhatian dan keinginannya untuk memajukan prestasi olahraga di Kota Bertuah ini sungguh luar biasa, ketika pelaksanaan PORPROV VIII lalu di Kota Rengat Indragiri Hulu beliau beserta jajaran pengurus KONI Pekanbaru mampu meningkatkan prestasi Kota Pekanbaru, dimana sebelumnya pada PORPROV sebelumnya di Kota Tembilahan Indragiri Hilir Pekanbaru berada dirangking Tiga sekarang kembali diposisi kedua dan semasa hidupnya beliau berkeinginan Pekanbaru pada PORPROV XIX di Kabupaten Kampar mendatang tampilsebagai juara umum.

 

Tapi apa hendak dikata, yang maha kuasa berkehendak lain, beliau tidak dapat mewujudkan keinginan tersebut, karena tepat pada hari Selasa 7 Oktober 2015 pkl 08.30 Wib beliau telah berpulang kerahmatullah dipanggil oleh yang maha kuasa, tentunya cita-cita beliau itu untuk membuat prestasi sebagai juara umum pada PORPROV XIX nanti tidak akan putus begitu saja pengurus yang lain juga sudah bertekad untuk mewujudkan keinginan beliau tersebut.

 

 

Pernah suatu hari sekitar bulan Mei lalu, beliau mengajak beberapa orang pengurus KONI Kota Pekanbaru ke Kota Tanjung Pinang sebagai refresing dan sekaligus melihat bagaimana kemajuan pembangunan yang dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Riau tersebut, beberapa rekan menyeletuk,  “Pak Ketum ini benar-benar menguasai betul seluk beluk daerah yang kita kunjungi ini, semua jalan sampai yang terkecilpun tak luput dari route yang ditempuh beliau tunjukan “ ujarnya.

 

Jadi dalam kegiatan yang dilakukan selama di Kota Tanjung Pinang itu, banyak pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga yang beliau berikan kepada para pengurus yang ikut refresing, ternyata ketika  beliau menceritakan pengalamannya ketika masih jadi Birokrat dulu sangat banyak faedahnya untuk kedepan bagi generasi muda.

 

Memang susah mencari sosok pemimpin seperti beliau ini, karena disamping beliau sebagai mantan birokrat senior, Budayawan, Seniman  dan pendidik sangat cocok dipadukan dengan dunia olahraga, dan itu ada pada dirinya.

 

Walaupun sekarang ini beliau sudah tiada cita-citanya untuk memajukan olahraga di Kota “Bertuah” Pekanbaru ini tak pernah pudar dan akan diteruskan oleh para penerus lainnya, kami tetap akan mengenang dirimu, “Abangda Drs H Yuzamri Yakup, M.Pd “ selama jalan semoga arwahmu ditempatkan disisinya dan segala dosa-dosamu diampuni oleh Yang Maha Kuasa, Amiiin.



Foto : kenangan terakhir Alm ketika menjabat sebagai Ketum KONI KOta Pekanbaru menerima SK pengurus baru Pengkot IPSI Pekanbaru, kedekatan dengan unsur Pers dan pembukaan Piala Walikota untuk 28 Cabor di Gelanggang Remaja Pekanbaru. []

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Selasa 31 Oktober 2017

Pemkab Siak Akan Bantu 12 Parpol Peseta Pemilu

Siak (riauoke.com) Pemerintah Kabupaten Siak akan memberikan bantuan keuangan kepada 12 partai politik peserta pemilu...