Selasa, 18 Juni 2019

Konstelasi Politik Menjelang Pilgub Riau 2018

Mencermati dinamika politik jelang pemilihan gubernur (Pilgub) Riau tidak bisa terlepas dari peta dan warna politik nasional terutama pasca meleburnya Koalisi Merah Putih (KMP) pendukung Prabowo Subianto dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) pendukung Joko Widodo - Jusuf Kalla.


 



Dua kubu yang bertarung sengit memperebutkan singgasana Indonesia 1 dan Indonesia 2, baca: Presiden dan Wakil Presiden RI untuk periode 2014 – 2019. Yang pada perkembangan tinggal menjadi catatan sejarah perpolitikan Indonesia.

Pada tataran perkembangan pembangunan politik nasional terkini, dua kelompok yang dulunya saling beradu secara sengit kini sudah bubar dan melebur secara 'suka rela'. Dengan bergabungnya beberapa parpol (PAN, Golkar, PPP kubu Romahurmuzy) lalu memperkuat kabinet kekuasaan pemerintahan Jokowi.

Konstelasi politik nasional yang begitu dinamis ternyata membawa arah angin yang senada ke ranah politik lokal. Situasi politik semakin mencair manakala digelar helat pilkada serentak. Dukungan parpol terhadap pasangan calon kepala daerah tidak sebangun dengan koalisi politik nasional.

Elite parpol pusat boleh dikatakan lebih terkonsentrasi pada kewenangan di level percaturan lingkaran Jakarta seperti 'kue' menteri dan BUMN. Sementara untuk tataran politik daerah terkesan hanya sekedar bumbu penyedap - memainkan bidak untuk kepentingan meraup suara pada helat pesta besar pemilu nasional.

Momen pilkada serentak, yang akan disusul dengan pemilu Presiden dan Legislatif tahun 2019, membuat parpol di level nasional berhitung untuk pencapaian kemenangan pada Pemilu 2019. Namun sangat longgar untuk membangun koalisi di kancah politik daerah. Maka yang terjadi warna daerah tidak seragam dengan koalisi nasional.

Gestur politik sekarang setelah bubarnya KMP - KIH, dapat di kelompokkan menjadi 3 kekuatan. Pertama Gerindera dan PKS sahabat setia yang konsisten bersatu. Plus PAN meski pada pemerintahan bergabung dengan Jokowi tetapi dalam beberapa kebijakan tetap bersekutu dengan Prabowo.

Kedua PDIP, Nasdem, Hanura, PKB yang setia memposisikan membela dan mendukung Jokowi. Sementara bergabungnya Golkar setelah Setnov memegang kendali ketua Golkar begitupun PPP versi Romahurmuzy - Djan Farid dalam situasi konflik akhirnya larut merapat ke kubu pemerintah.

Diakui atau tidak politik kepentingan begitu kental mewarnai mengapa Golkar dan PPP entah terpaksa atau sukarela berkoalisi dengan parpol pendukung pemerintah.

Ketiga Demokrat yang menyatakan sebagai parpol netral. Permainan politik Demokrat sangat mudah dibaca, dengan dalih netral. Bahkan ketika Hatta Rajasa yang nota bene adalah besan SBY saat 'berperang' dalam pilpres Demokrat tidak ngaruh. Anehnya, justeru PAN tetap membela Demokrat saat pilkada DKI Jakarta ketika anak SBY Agus Yudoyono menantang barisan Ahok. Demokrat menyimpan agenda super urgen untuk berada pada posisi demikian. Belum lagi peran Ibas yang diharapkan bisa menjadi penerus trah SBY.

Mencermati peta politik nasional yang demikian, maka bisa iya dan tidak berpengaruh terhadap politik lokal. Sebab Pemilu tahun 2019 tidak hanya memilih caleg tetapi juga memilih Presiden. Maka elit parpol sangat berkepentingan terhadap kemenangan kader - kader partai masing- masing, harapannya investasi politik dengan tujuan menangguk kantong - kantong suara pada Pemilu 2019.

Maka jika ditarik peta politik nasional, pilgub Riau diprediksikan akan membelah menjadi tiga sampai empat kekuatan. Pertama Golkar yang sudah memberi aba- aba akan mendukung Andi Rachman. Boleh jadi akan mendapatkan koalisi seperti di level Nasional. Tergantung kepiawaian komunikasi dan deal- deal politik serta kepentingan lainnya yang menguntungkan.

Jika benar Andi Rachman memutuskan pasangannya bukan sesama kader Golkar, misal Andi - Suyatno maka tradisi Golkar yang selama ini memaketkan Golkar - Golkar otomatis tidak dipertahankan. Maka akan ada atmosfer baru - paket pemimpin baru di Riau. Paket ini akan mempunyai efek dorongan bagi pasangan lain di luar Golkar bergairah untuk bertempur.

Andi - Suyatno jika berpaket, setidaknya akan mendapatkan sebagian suara dari Rokan Hilir dan Bengkalis. Hanya saja pasangan ini rentan isu putera daerah. Meski pada sejumlah survei isu putera daerah atau calon orang tempatan relatif diterima oleh masyarakat Riau. Mengutip survei LSI pada maret 2017 dimana kebersediaan dipimpin Gubernur bukan putera daerah mencapai 50.01 persen.

Kedua Harris, politisi yang berhasil menjadi birokrat. Bupati Pelalawan ini pada posisi tingkat senior yang sudah kenyang makan asam garam. Peluang Harris melirik PDIP terbuka melalui pasangannya Yopi Arianto. (Baca: jika benar) PDIP sangat berkepentingan mendudukkan kadernya naik kelas menjadi Bupati yaitu Khairizal.

Langkah ini akan mulus jika DPP PDIP cenderung memilih Yopi Arianto dibandingkan Suyatno. Sebab Suyatno juga masuk pengurus PDIP. Jika Harris melalui Yopi Arianto berhasil mencuri hati PDIP, maka berpeluang menarik Hanura, Nasdem bergabung.
Harris juga punya peluang diusung PAN, apalagi selama dua periode Harris menjadi Bupati Pelalawan PAN masuk barisan parpol pendukung.

Sejauh ini hampir semua calon membangun komunikasi aktif dengan pengurus PAN pusat maupun daerah. DPP PAN jika tidak ada kadernya yang bertarung condong kepada hasil survei.

Ketiga Syamsuar Ketua Golkar yang juga sebagai Bupati Siak. Jika Syamsuar maju tanpa Golkar, boleh jadi akan mendapat dukungan PAN, pertimbangan PAN berkepentingan mendudukkan kadernya Alfedri menjadi Bupati Siak. Cuma PAN pasti akan lebih berhati- hati membaca dari berbagai faktor seperti hasil survei dan kekuatan jaringan.

Apakah di mata PAN Syamsuar masuk kriteria untuk menang dan memiliki jejaring yang kuat alias peluang menang menurut survei tinggi. Jika benar Syamsuar akan berpasangan dengan Edy Natar (Syamsuar - Edy Natar) Danrem Riau yang dua tahun lagi akan memasuki masa pensiun - bisa jadi sebagai representasi dari Gerindra. Lalu bagaimana kader Gerindra Edy Tanjung, ini tergantung restu Prabowo. Maka paket Ini berpeluang mendapat dukungan tambahan PKS.

Akan tetapi jika PAN tidak memberikan perahunya ke Syamsuar, gerbong Gerindera dan PKS berkemungkinan berlabuh kepada calon yang diperhitungkan kuat untuk menang misalnya Harris yang pada sejumlah survei berhasil menempatkan dirinya pada posisi tinggi bersama Lukman Edy.

Ke empat pasangan lainnya dari luar Golkar yakni Firdaus, Achmad (Demokrat).  Sementara peta politik nasional - Demokrat yang selalu menyatakan posisi netral membuat langkah partai besutan SBY di Riau agak sulit meggandeng parpol lain meskipun memiliki 9 kursi. Peluang parpol yang bisa digandeng tinggal PKB. Tetapi pasangan ini masih berpeluang mendapat dukungan PKS, Gerindera dan Demokrat - mengulang koalisi di Kota Pekanbaru.

Sejauh ini belum ada titik terang calon yang dimunculkan apakah Firdaus atau Achmad. Pertanyaanya apakah Lukman Edy kader PKB ikhlas menjadi Wakil Demokrat, atau sebaliknya Lukman Edy yang akan menggandeng Demokrat (Lukman Edy - Firdaus/ Achmad) Tergantung chemistry antar pribadi pasangan serta restu Muhaimin Iskandar dan SBY.

Peta politik bisa jadi akan berubah total, apabila sosok muda Yopi Arianto, Catur Sugeng Susanto (Golkar), Asri Auzar (Demokrat) mengambil jurus di luar dugaan. Jika Harris batal berlayar Yopi Arianto, Asri Auzar, Catur Sugeng Susanto punya kans untuk mengubah peta politik.

Nama- nama lainnya; Irwan Nasir, Syamsurizal (PAN) Rusli Effendi (PPP), Edy Tanjung (Gerindra), Ahmad Syah Harrofie (Birokrat), Intsiawati Ayus (DPD RI) menunggu keberuntungan dari kecamuk percaturan politik. Peluang maju dan mundur sama-sama besarnya.

Kabar Angin

Waktu terasa cepat berlalu. Belum genap tiga tahun pemerintahan Presiden Jokowi, suasana politik sudah amat terasa. Tahapan tahun politik sudah dimulai Selasa 3 Oktober, ditandai dengan diawali pendaftaran parpol kepada KPU. Peristiwa politik akan mencapai puncaknya pada pemilu serentak 17 April 2019.

Hawa panas politik juga terasa jelang pilgub Riau. Apalagi setelah KPUD Riau secara resmi meluncurkan tahaban pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018 , Sabtu 30 September di Hotel Labersa.

Kabar politik jauh hari sudah berwarna. Kabar Andi Rachman berpasangan dengan Suyitno, Andi Rachman - Yopi Arianto, Andi Racman - Catur Sugeng Susanto, Harris - Yopi Arianto, Firdaus - Lukman Edi, Achmad - Lukman Edi, Syamsuar - Edy Natar, Syamsuar - Irwan Nasir, terus menjadi perbincangan dan pemberitaan di kedai kopi dan media.

Tak kalah menariknya aktifitas politik dari elit parpol yang memiliki hak mutlak bisa memberikan dukungan kepada calon. PAN, PDIP, Demokrat, Nasdem, Hanura, PKS membuka pintu pendaftaran dan menjadi ajang beauty kontes para calon.  Hanya Golkar dan PKB yang tidak membuka pintu untuk orang lain.

Namun, gegap gempita dari proses politik di Riau, terkunci oleh 'tangan besi' elite parpol di Pusat. Dari semua parpol Golkar dan PKB yang memberikan pertanda mendukung Andi Rachman dan Lukman Edy - itupun baru kabar burung sebab belum menetapkan paket wakilnya. Menariknya Golkar memainkan trik 'Pejam Mata' melihat para kadernya ramai - ramai berebut kursi gubernur.

Sedangkan parpol lainnya baru berteriak- teriak 'jualan kecap'  tetapi semua tergantung apa kata elite parpol di Jakarta. Nah, Siapa sajakah sosok calon Gubernur - Wakil Gubernur yang lolos dari tahaban paling sengit ini. Kepastiannya jika sudah mendaftarkan ke KPUD Riau.

Karena syarat pendaftaran harus berpasangan alias berpaket. Kita tunggu bersama sekitar 4 bulan lagi pada tahaban pendaftaran pasangan calon (paslon) yaitu bulan Januari - Februari 2018.

Menjadi catatan dan rahasia umum, terkadang teori politik tidak kongruen dengan praktek politik. Sebab, mengendalikan politik tidak sama dengan menghitung angka di mesin kalkulator. Di sana ada siasat dan strategi di luar pakem begitulah seni bermain politik.


Penulis :  Bagus Santoso, Praktisi Politik, Anggota DPRD Riau, Mahasiswa S3 - Ilmu Politik

Sabtu, 20 Apr 2019

Pilih Aktor Sosial Bukan Aktor Politik

Pilih Aktor Sosial Bukan Aktor Politik

Persepsi selama ini yang dimaksud Aktor adalah orang yang bekerja dalam seni pertunjukan yang mendapat peran utama dalam melakoni sebuah cerita, seperti aktor film atau aktor sinetron. Aktor adalah panggilan...

Kamis, 10 Mei 2018

Balimau Kasai "Jadikan" Sebagai Agenda Wisata

Balimau Kasai

Bangkinang  (riauoke.com): Pemerintah Kabupaten Kampar Komit dengan agenda Balimau Kasai yang merupakan salah satu iven wisata religi tahunan di Kabupaten Kampar, hal ini sudah dikenal oleh masyrakat luas di Riau,...

Senin, 18 Des 2017

Pilkada Pertarungan antar Cukong

Pilkada Pertarungan antar Cukong

​Kalau meminjam pengertian demokrasi menurut Prof. Sidney Hook (Mahaguru Filsafat New York University) yang mengatakan  suatu bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan penting pemerintah atau garis kebijaksanaan di belakang keputusan-keputusan tersebut...

Selasa, 28 Nov 2017

Mahasiswa Kampar Jangan Apatis, harus Optimis

Mahasiswa Kampar Jangan Apatis, harus Optimis

Kalangan mahasiswa di Riau walkhusus Kampar saat ini dianggap cenderung apatis. Mereka tidak melakukan pergerakan, selama persoalan yang terjadi tidak mengganggu kepentingan mereka. Kondisi itu disebabkan mahasiswa sudah merasa relatif...

Sabtu, 11 Nov 2017

Meli Sehati: Pendidikan Maju Melalui Proses Kerjasama

Pendidikan membutuhkan sebuah ikhtiar besar dari sebuah unity yang tergabung oleh sebuah lembaga pendidikan atau sekolah di sana terdapat kerjasama erat tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta orang tua termasuk...

Rabu, 18 Okt 2017

Pilkada 2018: Duel Mahal dan Paling Akbar

Pilkada 2018: Duel Mahal dan Paling Akbar

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, anggaran Pilkada 2018 telah disepakati yaitu Rp 11,4 triliun. Anggaran ini untuk membiayai pelaksanaan pilkada di 171 daerah.

Selasa, 10 Okt 2017

Konstelasi Politik Menjelang Pilgub Riau 2018

Konstelasi Politik Menjelang Pilgub Riau 2018

Mencermati dinamika politik jelang pemilihan gubernur (Pilgub) Riau tidak bisa terlepas dari peta dan warna politik nasional terutama pasca meleburnya Koalisi Merah Putih (KMP) pendukung Prabowo Subianto dengan Koalisi Indonesia...

Rabu, 04 Okt 2017

Peran Seorang Guru Dalam Pendidikan

Peran Seorang Guru Dalam Pendidikan

Guru menurut UU No 14 tahun 2005 adalah pendidikan porfesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilia dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan...

Pekanbaru

Kamis, 13 Jun 2019

Senin, PWI Riau Gelar Halal Bi Halal

Pekanbaru (riauoke.com)- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau akan menggelar acara halal bi halal pada Senin (17/06/2019).Acara yang diawali dengan makan...

Pelalawan

Senin, 17 Jun 2019

PWI Pelalawan Gelar Halal bi Halal

PWI Pelalawan Gelar Halal bi Halal

Pangkalan Kerinci (riauoke.com) Senin (17 Juni 2019) bertempat di Kantor PWI Pelalawan Jalan Akasia, Pangkalan  Kerinci, digelar halal bi halal...

Siak Sri Indrapura

Senin, 17 Jun 2019

Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Siak Menyesuaikan Kebijakan Nasional

Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Siak Menyesuaikan Kebijakan Nasional

Siak (riauoke.com) Bupati Siak Alfedri membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Siak Tahun 2016-2021 di Ruang Rapat Raja...

Bengkalis

Senin, 17 Jun 2019

Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Siak Menyesuaikan Kebijakan Nasional

Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Siak Menyesuaikan Kebijakan Nasional

Siak (riauoke.com) Bupati Siak Alfedri membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Siak Tahun 2016-2021 di Ruang Rapat Raja...

Senin, 17 Jun 2019

PWI Pelalawan Gelar Halal bi Halal

PWI Pelalawan Gelar Halal bi Halal

Pangkalan Kerinci (riauoke.com) Senin (17 Juni 2019) bertempat di Kantor PWI Pelalawan Jalan Akasia, Pangkalan  Kerinci, digelar halal bi halal...

Minggu, 16 Jun 2019

Masyarakat Goro Bersama Polsek Mandau, di Madjid Al-Muhajirin di Tegal Sari

Masyarakat Goro Bersama Polsek Mandau, di Madjid Al-Muhajirin di Tegal Sari

Bengkalis, Duri (riauoke.com) Pembangunan Madjid Al-Muhajirin di Tegal Sari, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, terus bergeliat. Istimewanya gotong royong, (15/6)...

Minggu, 16 Jun 2019

Agar Lebih Bermutu, Pengaspalan Jalan Kampung Dalam Siak, Perlu Pengawasan Pemkab

Agar Lebih Bermutu, Pengaspalan Jalan Kampung Dalam Siak, Perlu Pengawasan Pemkab

Siak Sri Indrapura (riauoke.com) Masyarakat Siak mempertanyakan kegiatan  peningkatan pengaspalan jalan di Jalan Sultan  Muzafarsyah  Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Siak...

Minggu, 16 Jun 2019

Doa Selamatan Kebaikan Bersama, Masyarakat Silaturrahmi dengan DPRD"

Doa Selamatan Kebaikan Bersama, Masyarakat Silaturrahmi  dengan DPRD

Duari (riauoke.com) Membangun tali persaudaraan bagian dari cara kaum muslim menjaga hubungan hati dan perasaannya dengan sesama madyarakat.Seperti,Sabtu (15/6) malam...

Sabtu, 15 Jun 2019

Bhakti Religi Polsek Mandau Sambangi Mesjid, Gereja dan Vihara Sambut HUT Bhayangkara

Bhakti Religi Polsek Mandau Sambangi Mesjid, Gereja dan Vihara Sambut  HUT Bhayangkara

Bengkalis, Duri (riauoke.com) Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri dan juga sekaligus menyambut HUT Bhayangkara yang ke - 73...

Jumat, 14 Jun 2019

Launching ATM Beras ke-9, Bupati Siak Berharap Masyarakat Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Terus Meningkat

Launching ATM Beras ke-9, Bupati Siak Berharap Masyarakat Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Terus Meningkat

Siak (Riauoke.com)-Untuk terus meningkatkan pelayanan kepada para mustahik zakat, dengan mengutamakan lima program pokok, diantaranya Siak Makmur, Siak Cerdas, Siak...

Kamis, 13 Jun 2019

Senin, PWI Riau Gelar Halal Bi Halal

Pekanbaru (riauoke.com)- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau akan menggelar acara halal bi halal pada Senin (17/06/2019).Acara yang diawali dengan makan...

Kamis, 13 Jun 2019

Jalin Silaturahmi, Pemkab Siak dan Insan Pers Taja Halal bi Halal

Jalin Silaturahmi, Pemkab Siak dan Insan Pers Taja Halal bi Halal

Siak (Riauoke.com)-Keharmonisan insan pers dan Pemerintah Daerah mesti dibangun dengan baik, sebab pers menjalankan fungsi sebagai sosial kontrol turut memberikan...

Kamis, 13 Jun 2019

Pemkab Siak Gesa Peluang Pariwisata Halal

Pemkab Siak Gesa Peluang Pariwisata Halal

Siak (Riauoke.com)-Wisata halal merupakan konsep yang terbilang baru dalam kajian pariwisata dewasa ini, sebagai alternatif bagi wisatawan yang tidak sekedar...

Kampar

Rabu, 01 Mei 2019

Raih 2.259 Suara, Haswinda Bakal Mengisi Kursi ke-9 Dapil Kampar IV

Raih 2.259 Suara, Haswinda Bakal Mengisi Kursi ke-9 Dapil Kampar IV

Kampar (riauoke.com)  Perebutan kursi DPRD Kampar di Daerah Pemilihan (Dapil) IV semakin sengit. Pasalnya, Demokrat dan NasDem bakal mengisi masing-masing...

Rokan Hulu

Selasa, 11 Jun 2019

Pelaku Pencabulan Ayah Terhadap Anak Tirinya Belum Ditangkap, Ini Kata Kapolsek Ujung Batu

Pelaku Pencabulan Ayah Terhadap Anak Tirinya Belum Ditangkap, Ini Kata Kapolsek Ujung Batu

Rohul (riauoke.com) Polisi masih memburu YS pelaku kasus pencabulan terhadap anak perempuan di bawah umur yang masih berusia 9 tahun...

Kepulauan Meranti

Kamis, 16 Agus 2018

Wakil Bupati Meranti Buka Sosialisasi Kabupaten Program Pamsimas III Tahun 2018

Meranti (riauoke.com) Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Kabupaten Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III...

Rokan Hilir

Kamis, 10 Jan 2019

Peredaran Narkoba Masih Marak di Rokan Hilir

Rokan Hilirr (riauoke.com) Satnarkoba Polres Rohil kembali mengungkap pelaku penyalahgunaan narkotika jenis Sabu- sabu di Jalan...

Indragiri Hulu

Jumat, 31 Agus 2018

Diserahkan, Bantuan PWI Riau untuk Pondok Tahfiz Talang Mamak Binaan UAS

Diserahkan, Bantuan PWI Riau untuk Pondok Tahfiz Talang Mamak Binaan UAS

RANTAULANGSAT (riauoke.com)- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau menyerahkan donasi bantuan untuk Pesantren Tahfiz Talang Mamak, Jumat (31/8/2018) pagi.Donasi itu...

Indragiri Hilir

Selasa, 11 Des 2018

Pemimpin Baru Kemenag Inhil, H Harun SAg Mpd

Pemimpin Baru Kemenag Inhil, H Harun SAg Mpd

Pekanbaru riauoke.com - Bertempat di Aula Utama Lantai II Kanwil Kemenag Riau, berlangsung acara pelantikan terhadap pejabat administrasi Eselon III....

Kuantan Singingi

Sabtu, 13 Apr 2019

Sosok KUD Wana Bhakti Yang Sukses Gelar RAT, Menuju Replanting Generasi ke II

Sosok KUD Wana Bhakti  Yang Sukses Gelar RAT, Menuju Replanting Generasi ke II

Kuansing (riauoke.com) Rapat Anggota Tahunan (RAT) KUD Wana Bhakti tahun buku 2018 Desa Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan...

Kota Dumai

Sabtu, 15 Des 2018

Sebayak 38 Wartawan Dinyatakan Kompeten Pada UKW di Dumai

Sebayak 38 Wartawan  Dinyatakan Kompeten Pada UKW di Dumai

Dumai (riauoke.com) - Dari 50 peserta yang ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XI PWI Riau tahun...


DAERAH PENDIDIKAN
CONTACT INFO

Jalan Parit Indah Grand Sudirman No 6
Phone: 08127513007 Fax: ..........
Email: redaksi_riauoke@yahoo.com
Pekanbaru, Provinsi Riau.

EKONOMI OLAHRAGA
HUKUM GALERI FOTO
POLITIK OPINI
TRAVELLING PEMILU
 

COPYRIGHT © 2018 RIAUOKE.COM, ALL RIGHT RESERVED