Senin, 25 Juni 2018

Cagubri Syamsuar Ingin Jadikan Inhil Lumbung Pangan Riau

Inhil (riauoke.com)- Lahan pertanian di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau terbilang sangat luas dibandingkan Kabupaten Kota lainnya di Riau. Hal ini pun tak dipungkiri Syamsuar ketika melintasi jalan menuju Desa Benteng Barat, Kecamatan Sungai Batang, Inhil, Minggu (1/4/2018).



Calon Gubernur Riau nomor 1 yang sudah berhasil memajukan sektor pertanian di Kabupaten Siak ini bercita-cita akan menjadikan Inhil sebagai lumbung pangannya Riau jika dirinya diamanahkan menjadi Gubernur Riau pada 27 Juni 2018.


"Daerah ini sangat potensial sekali di bidang pertanian. Sayang jika tidak dikelola dengan baik. Semua OPD terkait di Kabupaten Inhil ini harus kompak memajukan sektor pertaniannya demi kesejahteraan rakyat," kata Syamsuar yang juga pelopor Zakat Pertanian perdana di Indonesia.



Jika melihat areal sawah di Benteng Barat Inhil, kata Syamsuar, perlu adanya penataan ulang soal irigasinya. Sebab, hingga kini air pembuangan di areal sawah itu belum ada, sehingga air hujan atau luapan sungai akan terus menggenangi areal persawahan.



"Selain soal areal sawah yang selalu banjir, dan juga banyak hama keong emasnya. Di sini perlu peran Dinas PU bidang pengairan untuk membuat drainase, agar air tidak terus menggenangi persawahan," sebut anak mantan Petani dan juga Penghulu di Rokan Hilir ini.



Menurut Syamsuar, serangan hama ini pasti akan terjadi suatu saat. Namun petani juga harus siap dengan bibit unggul yang tidak mudah diserang oleh hama apapun. Contohnya seperti apa yang sudah dibuat di Kabupaten Siak.



"Siak itu pertanian sawahnya pernah diserang oleh hama werem, hama tikus. Dinas pertanian di Siak segera mencarikan solusinya agar para petani tidak rugi lagi. Dan kalau bisa, petani di sini saat menanam itu serentak dan saat membersihkan sawah juga serentak keseluruhan, ini akan mengurangi hama," sebut Syamsuar. []rls

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Jumat 22 Juni 2018

SBY Jadi Magnet Kampanye Firdaus-Rusli di Bangkinang

BANGKINANG (riauoke.com)- Susilo Bambang Yudhoyono menjadi magnet pada kampanye akbar Firdaus-Rusli Efendi di Lapangan Merdeka,...