Kamis, 22 November 2018

Syamsuar Janji Benahi Potensi Wisata Sungai Gelombang Bono Yang Mendunia

Pelalawan (riauoke.com)  Fenomena ombak bono, di Telukmeranti sudah selayaknya disebut objek wisata kelas dunia. Gulungan air yang dijuluki gelombang tujuh hantu ini merupakan fenomena alam cukup unik yang terjadi di Sungai Kampar, Pelalawan.

Ombak Bono Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang. Hanya ada dua di dunia, selain di Kampar, Fenomena yang sama juga terjadi di Sungai Amazone, Brasil.

Ombak Bono bisa mencapai ketinggian 6 meter dan panjang 40 km. Gelombang Bono menjadi perhatian dunia karena terjadi di sungai bukan di laut. Para peselancar dunia pun sudah banyak yang datang ke Sungai Kampar untuk menantang ganasnya Gelombang Bono ini.

Sayangnya setelah datang ke Teluk Meranti ini, jarang wisatawan yang sama datang kembali untuk berselancar Gelombang Ombak Bono yang mencapai hingga 4-6 meter di saat bulan purnama. Ketua Pemuda di Telukmeranti pada kampanye dialogis di kelurahan Telukmeranti, menyebutkan fakta itu terjadi karena berbagai faktor, yakni penginapan, listrik dan jalan.

” Pertama soal penginapan yang masih minim, kedua listrik PLN yang hanya bisa menyala malam hari serta infrastruktur jalan menuju Bono sangat tidak bagus,” kata Syamsuar mengadu kepada calon Gubernur Riau yang memiliki nama sama dengannya.

 

Calon gubernur Riau yang diusung dari partai Koalisi PAN, PKS dan NasDem, Syamsuar berjanji akan memprioritaskan jalan menuju Bono ini jika dirinya diamanahkan menjadi Gubernur Riau.

Sebab, Bono salah satu kawasan pariwisata nasional sehingga perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana di sekitar objek wisata ini. Tidak hanya jalan, sarana pendukung lainnya juga akan dibuatkan oleh Bupati Siak dua periode ini.

“Tidak hanya jalan saja, tepian Bono ini akan dibuatkan turap seperti halnya di Siak. Ini akan terlihat menarik dan indah, rumah warga yang ada ditepian sungai ini akan dipindahkan ke tempat yang lebih layak,” sebut Syamsuar.

Selain itu juga, Syamsuar juga mengajak masyarakat untuk dapat menjadikan rumah tempat tinggalnya homestay untuk wisatawan yang datang. Harganya tentunya disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan.

“Bukan homestay sembarang homestay, tapi homestay masyarakat ini hendaknya dapat melayani wisatawan seperti layaknya di hotel. Contohnya, kamar mandi dipersiapkan dengan layak, kamar yang disewakan cukup bersih dan kalau bisa mereka disajikan sarapan dan makan siang,” kata Syamsuar.

Masih dikatakan kepala daerah yang berpengalaman mengembangkan pariwisata di Kabupaten Siak ini masyarakat tempatan harusnya dapat memanfaatkan sumber daya alam laut untuk kuliner yang lezat di Bono ini.

“Ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Tentunya penyajian makanan harus bersih dan higienis, dan kualitas rasanya menyesuaikan bumbu masakan khas masyarakat Teluk Meranti ini,” ucap Syamsuar lagi.

Selain itu juga, masyarakat atau lembaga kesenian yang ada di sekitar Bono ini hendaknya bisa menampilkan kesenian tradisional melayu, maupun masyarakat Telukmeranti.

“Yang paling penting itu keramah tamahan masyarakat di sini terhadap wisatawan. Itu yang dilakukan masyarakat di Bali, makanya di Bali itu selain wisatawan senang dengan alamnya, wisatawan juga senang dengan masyarakatnya yang ramah. Itu yang harus kita contoh,” sebut Syamsuar lagi.

Di Siak, kata Syamsuar lagi, sejumlah objek pariwisata terus dibenahi oleh Dinas Pariwisata kabupaten Siak. Masyarakat sekitarnya diberikan pembinaan untuk menarik wisatawan kembali lagi ke Siak. Contohnya danau Naga sakti, sejumlah wahana permainan air disediakan untuk pengunjung agar tidak bosan menikmati pemandangan alam sekitarnya, selanjutnya pendopo-pendopo serta spot yang bagus untuk berfoto. [] ril/rk

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Kamis 23 Agustus 2018

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Jakarta (riauoke.com) Saat dijenguk oleh Presiden, Anthony tengah dirawat di ruang medis. “Masyarakat Indonesia bangga...

Politik

Sabtu 10 November 2018

Bersama Ketum PAN, 12 November, Sandi Uno Balik Kampung ke Riau

Bersama Ketum PAN, 12 November, Sandi Uno Balik Kampung ke Riau

Pekanbaru (riauoke.com) Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan akan balik kampung lagi ke...