Minggu, 18 November 2018

Bawaslu Dukung FPR Gelar Diskusi Umum Bakal Caleg Incumbent

Pekanbaru (riauoke.com)- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau menyatakan mendukung kegiatan Forum Pemred Riau (FPR) yang salah satunya adalah menggelar diskusi umum dengan melibatkan seluruh calon legislatif DPR RI incumbent.

 

"Intinya untuk pelaksanaan kegiatan diskusi yang dilaksanakan sebelum penetapan atau sebelum tanggal 20 September 2018 boleh-boleh saja," kata Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan lewat sambungan telepon, Jumat malam (25/8/2018).

 

Bahkan, demikian Rusidi, diskusi umun itu bisa juga dilaksanakan pada waktu setelah penetapan daftar caleg, asal FPR mampu memperlakukan seluruh caleg secara adil dan setara. "Kan ada kampanye, untuk kampanye itukan bisa kampanye dialogis," kata dia.

 

Prinsipnya, lanjut dia, kegiatan diskusi umum politik yang melibatkan para caleg boleh- boleh saja dengan syarat tersebut, yakni adil dan ada penyetaraan atau tanpa ada keberpihakan. "Asal mampu berlaku adil dan menyetarakan caleg, boleh dilaksanakan, namun tidak ada indikator pasti terkait perlakuan yang adil tersebut," katanya.

 

Namun, kata Rusidi, Bawaslu tidak bisa terlibat dalam kegiatan tersebut untuk menjaga netralitas lembaga, termasuk juga tidak bisa menghadiri kegiatan itu untuk menghindari tudingan miring masyarakat. "Jika dilaksanakan, boleh, tapi Bawaslu tidak bisa terlibat ataupun datang diacara diskusi yang diselenggarakan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan," kata dia.

 

Sebelumnya FPR dalam rapat perdana pengurus lanjutan 2018-2020 pada (25/8/2018) di Rumah FPR di Pekanbaru telah mengagendakan kegiatan diakusi umum yang akan dilaksanakan rutin setiap bulannya, selain juga ada diskusi internal.

 

Salah satu topik yang diangkat pada diakusi umum pertama nanti adalah berkaitan dengan program-program caleg DPR RI yang melibatkan seluruh caleg incumbent. "Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan keputusan bersama dalam pembahasan program jangka panjang FPR yang melibatkan seluruh organ atau pengurus.

 

Sengaja yang diundang para bakal caleg incumbent karena nanti akan ada perbandingan program yang telah dijalankan dan akan dijalankan ketika terpilih lagi," kata Presiden FPR, Fazar Muhardi.

 

Dia katakan, untuk diakusi umum mengupas program-program bakal caleg incumbent itu akan dikoordinatori oleh Ketua Pokja Politik Luna Agustin. "Dijadwalkan kegiatan akan dilaksanakan pada awal pekan ketiga September 2018," demikian Fazar.

 

Ketua Pokja Politik FPR Luna Agustin mengatakan, kegiatan diskusi umum bersama bakal caleg DPR RI saat ini masih tahap persiapan yang mendasar, termasuk penjajakan aturan-aturan di KPU dan Bawaslu. "Jangan sampai kegiatan ini justru melanggar aturan tebtang Pemilu dan Pileg yang sudah dirumuskan dalam PerKPU," katanya.

 

Dia katakan, segala tahapan untuk pelaksanaan kegiatan masih berjalan untuk dimatangkan sehingga memberi kesan yang baik di tengah masyarakat. []ril

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Kamis 23 Agustus 2018

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Presiden Apresiasi Perjuangan Anthony

Jakarta (riauoke.com) Saat dijenguk oleh Presiden, Anthony tengah dirawat di ruang medis. “Masyarakat Indonesia bangga...

Politik

Sabtu 10 November 2018

Bersama Ketum PAN, 12 November, Sandi Uno Balik Kampung ke Riau

Bersama Ketum PAN, 12 November, Sandi Uno Balik Kampung ke Riau

Pekanbaru (riauoke.com) Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan akan balik kampung lagi ke...