Sabtu, 25 November 2017

Pulau Jemur Rokan Hilir Menunggu Polesan Pusat

Rokan Hilir (riauoke.com) Pulau Jemur adalah bagian dari beberapa objek wisata Rokan Hilir (Rohil). Kawasan itu merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa pulau, yakni Pulau Tekong Emas, Tekong Simbang, Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya.


 

 

Pulau ini berjarak sekitar 45 mil dari ibukota Rokan Hilir Bagansiapiapi. Beberapa waktu lalu sempat terjadi konflik dengan Malaysia yang mengklaim pulau ini sebagai wilayahnya. Namun ternyata itu hanyalah kesalahan persepsi saja. Pasalnya, di wilayah Malaysia juga terdapat pulau kecil bernama Pulau Jemor. Pulau itulah yang diklaim Malaysia sebagai wilayahnya, bukan Pulau Jemur yang ada di Rokan Hilir.

 

Pulau-pulau yang terdapat di sini berbentuk lingkaran sehingga bagian tengahnya merupakan laut tenang. Pada musim angin barat laut tiba, gelombang di Selat Malaka sangat besar sehingga nelayan-nelayan yang sedang menangkap ikan di sekitar perairan Pulau Jemur ini berlindung di bagian tengah Pulau Jemur yang tenang.



Pulau Jemur telah lama menjadi tempat penyu-penyu hijau menyimpan telur-telurnya di bawah lapisan pasir pantai yang lembut. Seekor penyu bisa menghasilkan 100-150 butir telur. Sayangnya, saat telur-telur ini menetas dan anak-anak penyu berenang ke laut, kemungkinannya untuk tumbuh hingga dewasa sangat kecil karena banyaknya pemangsa yang siap memakannya. Mengantisipasi kepunahan satwa langka ini, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melakukan kegiatan penangkaran penyu hijau di pulau ini.

 

Selain kekayaan alam dan pemandangannya yang indah, pulau ini menyimpan beberapa objek wisata yang berpotensi untuk dikembangkan, seperti Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut dan pantai berpasir kuning keemasan.

 

Pulau Jemur yang sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai  kawasan ekowisata, hingga saat ini masih terus menanti. Saat masa kampanye banyak calon pemimpin daerah itu, menjadikan Pulau Jemur sebagai bahan untuk menarik hati masyarakat, bahwa potensi Pulau Jemur akan dieksplorasi untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat.

 

Namun hingga saat ini, hal itu masih belum terwujud. Memang banyak hal yang harus dibenahi di pulau itu, dan itu semua membutuhkan dana yang tidak sedikit. Keseriusan semua pihak untuk mengelolanya sehingga menarik minat para pelancong untuk datang, memang sangat diperlukan, agar pulau eksotis itu tidak semata menjadi komoditas politik saat kampanye, namun segera dilupakan saat pemilu usai.[]bm f.ist

Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Selasa 31 Oktober 2017

Pemkab Siak Akan Bantu 12 Parpol Peseta Pemilu

Siak (riauoke.com) Pemerintah Kabupaten Siak akan memberikan bantuan keuangan kepada 12 partai politik peserta pemilu...