Sabtu, 25 November 2017

Pengembangan Wisata Religi RBS, Bupati Rohul Beri Apresiai Pada Putra Kepenuhan

 

Pasir Pengaraian (riauoke.com) Penengambangan wisata religi Desa Rantau Binuang Sakti (RBS), Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rohul, tempat lahir Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Cholidi Thoriqot An-Naqsabadiyah, Bupati RohulDrs. H. Achmad, MSi memberi apresiasi pada putra daerah sebab telah memiliki keinginan untuk mengembangkannya.




Pernyataan ini disampaikan Bupati Rohul usai ziarah di Makam Sykeh Ibrahim Al-Cholidi Torikot An-Naqsyabadiyah, Desa Babussalam, (16/10/2013), sangat mendukung sekali langsung dilakukan putra daerah kepenuhan, juga Anggota DPRD Rohul, telah memailiki semangat  tinggi untuk mengembangkan dan membangunnya, itu sangatlah positif.

Namun, kata Achmad, pihak sudah melakukan konsultasi dan kordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat, sebaiknya tidak usah membangun rumah suluk atau melaksanakan kegiatan seperti rencana mengadakan Maulid se- Asia Tenggara Syekh Abdul Wahab Rokan Al- Cholidi Toriqot An- Naqsabadiyah, sebab di sana juga belum ada tenaga pengajarnya dan belum ada jamaah tetapnya.

“ Kita khawatir nanti bangunan itu akan sia-sia, sebab belum adanya program kegiatan suluk di sana apalagi untuk insfrastruktur penunjang ke sana menelan kos yang sangat besar, seprti jalan umpanya kita harus menimbun hingga 5 meter,” kata Achmad.

Sedangkan, desakan agar Madarasayah Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan di Desa RBS  segera di bangun datang dari DPRD Rohul dari Partai Hanura Ismail Hamkaz, SAg, MSI, sangat menyayangkan kinerja Distarcip Rohul, karena hingga saat ini belum diadakan lelang padahal itu ditampung pada APBD Murni Tahun 2013.

"Anggarannya sudah kita sahkan pada akhir Tahun 2012 lalu, secara pribadi dan kelembagaan, saya sudah berupaya melakukan komuniaksi supaya proyek itu cepat dikerjakan namun hingga kini belum ada tanggapan dari Dinas terkait," kata Ismail.

Tambah Ismail, termasuk masyarakat dan Jamaah Surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan, sudah mendatangi Kantor Dinas Distarcip Rohul agar melakukan kegiatan itu segera, sebab waktunya sudah semakin sempit, tidak diketahui secara pasti apa alasan dinas terkait untuk memperlambat kegiatan itu.

Pembangunan itu sangat besar manafaat dan penting bagi masyarakat, karena tanggal 20 Februari tahun 2014 akan dilaksankan peringatan kelahiran Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan Alkholidi Naqsabadiayah, jika pembangunannya tertunda otomatis kegiatannya akan terkendala, sebab kegiatan peringatan kelahiran Syekh itu ditandai dengan pelaksanaan suluk 10 sampai 40 hari.

Ismail mengsihkan sekelumit ketokohan Syekh Abdul Wahab Rokan, lahir di RBS Kecamatan Kepenuhan pada tanggal 10 Rabbiul Akhir 1239 H bertepatan tanggal 28 Desember 1811 M, beliau bernama Abu Qassim, kedua orang tuanya, ibunya bernama Arbaiyah dan ayahnya bernama Abdul Manaf Bin M. Yasin Bin Maulana.

Beliau menjadi guru besar mengajar Ilmu Syari’at, Ma’rifat dan Haqiqat di Sumatera Utara, setelah belajar di Makkatul Mukarromah dengan gelar Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Khalidi Naqsyabandi. Dalam mengajar Agama di Sumatera Utara di daerah langkat semasa Raja Sultan Musa Muazzamsyah menyerahkan sebidang tanah di Hulu Sungai Batang Serangan, kemudian diberi nama Babussalam (Besilam red-), Syekh Abdul Wahab Rokan menutup mata menghadap Robbul Jalil pada tanggal 21 Djumadil Awal 1345 H bertepatan dengan 27 Desember 1926 M.

Tambah, Ismail Syekh Abdul Wahab Rokan mengajarkan agama dan mengembangkan TarekatNaqsabandiyah setelah belajar di Mekah selama 6 enam tahun bersuluk di Jabal Abi Kubis dan memperoleh ijazah dan gurunya Syekh Sulaiman Zuhdi, menurut Amin Al-Kurdi dalam kitabnya Tanwinul Qulub, mulai dari Muhammad SAW sampai Bahauddin Naqsabandi, Sulaiman Zuhdi hingga  Abdullah Wahab Rokan A1-Khalidi Naqsabandi dan banyak lagi deretan lainnya.  (adv/hms)


Daerah

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Jumat 24 November 2017

Zulkifli Hasan, Akan Buka Rakerwil I DPW PAN Kepri

Tanjungpinang (riauoke.com) Kalau tida aral melintang Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) H Zulkifli Hasan,...