Senin, 20 November 2017

Festival Sagu Kabupaten Meranti, Andalan Wisata Baru Selat Panjang

Selatpanjang (riauoke.com) Sagu Kabupaten Meranti dari hasil penelitian merupakan varietas terbaik dengan produksi 276 Ribu Ton pertahun, selain untuk memenuhi kebutuhan Sagu Nasional, Sagu ini juga di ekspor ke negara -negara di Asia Timur dan Asia Barat. Kepada SKPD terkait diharapkan dapat mbuat terobosan sehingga mampu membuka peluang usaha yang menjanjikan, baik bagi pelaku usaha dan masyarakat.




Sementara sempena Peringatan BBGRM di Kabupaten Meranti, Dikatakan Bupati, bermakna ditengah keragaman tetap menjaga kesatuan dan gotong royong, sebagai jati diri bangsa dalam mewujudkan cita-cita bersama, menuju kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Festival Sagu Meranti kali ini terlihat semakin semarak, dengan disajikannya berbagai makanan olahan sagu dibelasan Stand Desa Se-Kecamatan Tebing Tinggi Timur, adapun makanan yang disajikan yaitu Lempeng Sagu, Sempolet, Mie Sagu, Sagu Rendang, Gobak. Golek dan lainnya. Dilokasi acara juga ditaja berbagai lomba yang diikuti oleh perwakilan tiap desa, seperti lomba mendorong Tual Sagu, Anyam Atap Rubia, Lari diatas Tual Sagu.

Camat Tebing Tinggi Barat, Elfandi mengatakan Festival Sagu Meranti yang merupakan agenda tahunan ini bukan hanya sekedar seremonial belaka tetapi diharapkan dapat memberikan umpan balik dalam rangka mengembangkan kearifan lokal di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Tanah Rawa Gambut yang dimiliki Meranti sangat sesuai dengan karakter tanaman Sagu menjadikan Sagu Meranti terbaik didunia, ia berharap potensi sagu Meranti hendaknya dapat perhatian serius dari Provinsi dan Pemerintah Pusat. "Kami berharap Pemprov dan Pemerintah Pusat dapat lebih memperhatikan potensi Sagu Meranti, sebagai alternatif pangan Nasional," ucapnya. Selain itu tanaman Sagu yang bersahabat dapat tumbuh berdampingan dapat pula seabagai penyelamat ekosistem.

Namun saat ini, seperti dijelaskan Camat, ditengah potensi besar Sagu Meranti, ternyata masih meninggalkan permasalahan yakni lahan perkebunan Sagu masyarakat yang masuk dalam kawasan HTI perusahaan. "Harapan kami Pemprov Riau dapat memfasilitasi penebangan sagu khususnya masalah pembebasan lahan HTI Perusahaan," ucapnya.

Melalui Ivent Sagu ini Pemkab Meranti berharap dapat memberikan manfaat lebih bagi masyarakat di Kabupaten Meranti. Dimana ada sagu disitu tidak akan ada yang kelaparan, sagu  dapat dijadikan sebagai alternatif pangan Nasional.

Kadis Pariwisata Provinsi Riau, berjanji akan memfasilitasi pengembangan potensi Sagu Meranti, "acara ini dapat menjadi ajang Promosi Daerah mendukung Kabuoaten Meranti menjadi kluster sagu nasional," pungkas Fahmi. [] roy

Daerah

Kamis 16 November 2017

FRPD Akan Gelar Diskusi Dana Desa

FRPD Akan Gelar Diskusi Dana Desa

Bangkinang Kota (riauoke.com)- Serikat rakyat miskin indonesia (SRMI), liga mahasiswa nasional demokrasi (LMND), dewan...

Ekonomi

Pendidikan

Hukum

Olahraga

Politik

Selasa 31 Oktober 2017

Pemkab Siak Akan Bantu 12 Parpol Peseta Pemilu

Siak (riauoke.com) Pemerintah Kabupaten Siak akan memberikan bantuan keuangan kepada 12 partai politik peserta pemilu...