Rabu, 16 Juni 2021

Bumdes Kabupaten Bengkalis Miliki Modal Rp542 Miliar


Catatan Bagus Santoso Wakil Bupati Bengkalis


Lebaran tahun 2021 bagi umat muslim mengulang kembali peristiwa tahun 2020. Pemerintah tegas melarang mudik demi langkah mencegah berkembangnya pandemi virus Corona.

Dan lumrah saja, setiap kebijakan akan ditanggapi pro dan kontra. Yang setuju menjalani dengan sepenuh hati,  yang kontra bergeming menolak tapi tak dapat bergerak kecuali menggerutu.

Setiap kebijakan apapun pasti ada hikmah disebaliknya. Berdasarkan pengamatan penulis diantara hikmah besar itu adalah berputarnya keuangan dan hidupnya ekonomi lokal disetiap wilayah. Hikmah lainnya hampir setiap orang bersemangat untuk lebih giat membuka usaha kecil menengah (UKM), serta mengolah lahan pekarangan yang selama ini terbiarkan tidur.

Gambaran geliat ekonomi akibat pandemi terasa di Kabupaten Bengkalis terutama bagi warga yang berdomisili di pulau. Bangkitnya petani dan pelaku usaha. Bumdes berkembang pesat mendatangkan keberkahan. Pasar dan pertokoan ramai karena duit tertahan dan berputar di kampung kita sendiri.

Pulau adalah bumi dan selat  penuh berkah. Sebab, ada duit berasal dari Ibukota Bengkalis. Bersumber APBD Rp 3.2 triliun belum dari sektor swasta dan perdagangan.

Hanya saja dari sektor kegiatan proyek pemerintah, susah berpihak pada kontraktor lokal. Dengan sistem lelang terbuka membuat rekanan perusahaan lokal terkesan ditinggalkan. Maka yang terjadi kemudian duit tidak berputar di Bengkalis tapi mengalir jauh kemana saja walau narasinya masih wilayah Indonesia.

Maka untuk meningkatkan ekonomi tanpa mengandalkan duit APBD, tidak ada cara lain sektor pendapatan non APBD harus digali dan dibangkitkan.  Diantaranya menggarap produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Bumi dan lautan kabupaten Bengkalis menyimpan kekayaan,  kuasa Tuhan dari sumber alam.  Maka optimis potensi lokal bakal menjadi lokomotif untuk menggerakkan roda perekonomian perdesaan.

Penulis melihat langsung setiap berkeliling kampung, kesimpulannya bukan hal yang muluk muluk, jika di masa depan perekonomian daerah bahkan nasional sejatinya bertumpu pada Prukades dan Bumdes. Setiap tahun Bumdes bergairah tebar hadiah ramai warga desa memetik buah manfaatnya.

Data Dinas PMD mencatat sampai bulan maret 2021, total perputaran uang di Unit Simpan Pinjam (USP) dan UEK se Kabupaten Bengkalis mencapai 1.863 triliun dengan total penyertaan modal Bumdes Rp 542 miliar. Perkembangan terkini penyertaan modal mencapai Rp 631 miliar dan membukukan laba bersih di tahun 2021 Rp 3.6 miliar.

Perolehan laba Bumdes berbeda beda sesuai dengan managemen dan usaha keras perangkat pemerintah desa. Misalnya untuk Kecamatan Bengkalis dengan modal Rp 111 miliar, omset Rp 5 miliar, Kecamatan Bantan modal Rp 68 miliar, omset Rp 3.8 miliar, Kecamatan Siak Kecil modal Rp 83 miliar, omset Rp 5.5 miliar.

Bandingkan dengan Kondisi BUMD yang bangkrut dan ruwet, Bumdes justru berhasil menyumbangkan PADes dengan nilai total Rp 1.8 miliar. Contoh kongkrit kecamatan Siak Kecil menyumbang Rp 513 juta, Bengkalis Rp 348 juta, Bantan Rp 282 juta, Bukit Batu Rp 176 juta.

Jumlah Bumdes di Kabupaten Bengkalis sudah terbentuk 136, UEK 19 artinya disemua desa sudah berdiri outlet merk Bumdes. Bahkan di kelurahan meski dengan aturan yang berbeda dan masih dalam bentuk program beda dengan di pemerintahan Desa.

Kedepan Jika Bumdes terkelola dengan baik dan rata- rata setiap Bumdes di proyeksikan mengantongi keuntungan maka akan diperoleh angka fantastis. Taruhlah dibuat rata- rata keuntungan dengan model sekarang setiap Bumdes untung Rp 200 juta saja, dikalikan 136 kalau dikonsolidasikan, akan ada consolidated net profit Rp 27 milar, jelas ini potensi besar,  kedepan bisa menjadi cikal bakal Bank Rakyat Bengkalis (BRB).

Gambaran kekuatan dan potensi Bumdes penulis peroleh saat berkunjung bersama Kepala Dinas PMD Yuhelmi serta petugas pendamping desa ke outlet Bumdes di Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis jelang H - 1 hari raya Idul Fitri 1442 H.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis masa bhakti Kasmarni Bagums Santoso (KBS) sesuai dengan visi misinya telah menetapkan 8 program unggulan diantaranya pemberdayaan potensi desa dan bantuan keuangan 1 miliar. Otomatis didalamnya mencakup peningkatan dan pengembangan serta  peran Bumdes.

Salah satu strategi yang akan dijalankan adalah dengan menggandeng Perguruan Tinggi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bank pemerintah, hingga kalangan swasta untuk bekerja sama mengembangkan Bumdes.

Kedepan mari kita gagas dan musyawarahkan bersama, munculkan program - program pro rakyat, penyediaan kebutuhan dan pelatihan untuk outlet Bumdes, sentuhan modal kepada pelaku UKM dan petani.

Saatnya kehadiran lembaga Pemerintah atau swasta, beriringan dengan program kegiatan pengembangan menggandeng Mitra Bumdes sebagai upaya konsolidasi, penguatan serta stimulus permodalan.

Keberadaan Bumdes, akan menjadi jalan strategis untuk percepatan perekonomian kawasan perdesaan se Kabupaten Bengkalis.Caranya dilakukan langkah mengembangkan klaster ekonomi melalui Prukades. Setakat ini pengembangan perekonomian kawasan perdesaan akan tepat jika dilakukan secara parsial sesuai Potensi desa.

Bahwa Percepatan ekonomi bisa dibangun dengan mengelompokkan desa-desa sesuai  klaster potensi desa. Menggarap Bumdes belum bicara skala besar, cukup untuk pemberdayaan ekonomi kelas desa, jadikan outlet Bumdes untuk pemasaran produk produk hasil produksi lokal.

Di Kabupaten Bengkalis yang tercinta diatas dan dibawah bumi menyimpah harta, di pulau cocok untuk budidaya ikan dan udang vaname, disini selat lautan memberikan ikan kelas impor, di tempat tinggal kita juga bisa dijual wisata alam dan pantai kelas dunia, dan disinilah buah-buahan Durian, derendan dan lainnya menjanjikan kelezatan.

Salah satu contoh keberhasilan yang selama ini dipandang sebelah mata dengan mengembangkan kekuatan ekonomi berbasis sumber daya lokal seperti yang digarap Bumdes di Desa Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis. Bumdes ini bisa memproduksi olahan dari bahan baku ikan lomek 1 ton dari hasil nelayan.

Bumdes Kuala Alam akhirnya dinilai layak mendapat penghargaan sebagai Bumdesa Brilian dan terpilih menjadi salah satu dari 1000  berhak atas program Scale Up yakni memperoleh pendampingan dari Perguruan Tinggi  dalam meingkatkan pendapatan lewat penguatan bisnis dan managemen. Kolaborasi pendampingan Bumdes dimaksudkan untuk mendorong Bumdes dapat meningkatkan nilai tambah dan membangun jalur distribusi baru. Tahniah semoga berkah

Hanya saja Bumdes Kuala Alam terkendala bahan baku. Peluang ekonomi ini jangan sampai lepas, semua perlu turun tangan dan berikan solusi membantu sarana nelayan agar terpenuhi bahan baku yang dibutuhkan. Maka diperlukan sentuhan tangan dari berbagai pihak, OPD dan peran swasta dari pembinaan, menagemen pemasaran sampai permodalan.

Contoh Bumdes yang berhasil lainnya adalah  Bumdesa Bangun Bersama desa Sepotong, Bumdesa Jangkang Sejahtera dan Bumdesa Sunggai Meranti. Ketiga desa ini memiliki kekayaan yang fantastis yaitu Sepotong Rp 14.6 miliar, Jangkang Rp 6.5 miliar dan Sungai Meranti Rp 3.7 miliar.  Hebatnya ketiga Desa ini memiliki kekuatan PADes secara berurutan Rp 4.7 miliar, Rp 9.9 miliar dan Rp 3.5 miliar.

Disamping keberhasilan masih ada juga permasalahan yang tak kalah penting , masih terbelit belitnya birokrasi untuk memperoleh perizinan bagi Bumdesa maupun pelaku UKM. Parahnya lagi meski ada kantor pelayanan satu pintu tapi pada kenyataanya tetap dibuat sulit.

Keluhan disampaikan hampir semua pelaku UKM, bagaimana masyarakat akan bangkit dan gairah membuka usaha. Faktanya kantor satu pintu itu baru setakat plang nama, fakta yang terjadi disana ada 8 pintu menganga.

Untuk itu kepemimpinan KBS bertekad berikhtiar membuat rumusan solusi agar pelaku UKM mendapatkan pelayanan yang memudahkan untuk usahanya.
Langkah cepat akan dilakukan pertemuan lintas sektor terkait mempermudah proses dan prosedur perizinan ini.

Jika Urusan KTP di Bengkalis bisa lima menit, maka OPD terkait perizinan seharusnya tidak usah malu meniru, zaman on line bukan saatnya lagi mempersulit urusan yang sebenarnya begitu mudah.

Senin, 17 Mei 2021

Bumdes Kabupaten Bengkalis Miliki Modal Rp542 Miliar

 Bumdes Kabupaten Bengkalis Miliki Modal Rp542 Miliar

Catatan Bagus Santoso Wakil Bupati Bengkalis Lebaran tahun 2021 bagi umat muslim mengulang kembali peristiwa tahun 2020. Pemerintah tegas melarang mudik demi langkah mencegah berkembangnya pandemi virus Corona. Dan lumrah...

Senin, 10 Mei 2021

TEHAER Alias THR

TEHAER Alias THR

Catatan Bagus Santoso (Wabup Bengkalis)Tehaer (THR) alias tunjangan hari raya. Ramai orang yang berharap tapi sedikit yang dapat. Ramai orang yang senang tapi tak sedikit yang dibuat pening lalat. Banyak...

Minggu, 09 Mei 2021

Hidup Damai Lewat Pesan Gus Dur

Hidup Damai Lewat Pesan Gus Dur

(Motivasi Santri Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bantan) Oleh; Bagus Santoso (Wabup Bengkalis) “Sebenar apapun tingkahmu, sebaik apapun perilaku hidupmu, kebencian dari manusia itu pasti ada. Jadi jangan diambil pusing" (Gus...

Selasa, 04 Mei 2021

Jadilah Pohon Kuat Dilempar Batu Dibalas Buah

Jadilah Pohon Kuat Dilempar Batu Dibalas Buah

Oleh; Bagus Santoso (Wabup Bengkalis)"Jadilah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, tumbuh di tepi jalan. Dilempar buahnya dengan batu, tetapi tetap dibalas dengan buah." (Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq)Perlu kesabaran...

Selasa, 20 Apr 2021

Wabup Bengkalis Nikmati Sensasi Nunggang Gajah Sarma

Wabup Bengkalis Nikmati Sensasi Nunggang Gajah Sarma

Surprise, tak disangka dan tak direncanakan.  Aku ditemani 5 orang kawan dari Bengkalis disela sela acara agenda safari ramadhan, berkesempatan melihat, menyentuh dan menunggang diatas punggung binatang super besar Gajah...

Minggu, 06 Okt 2019

Pertelagahan Batik Nasional : Batik, Warisan Budaya Kerajaan Muara Takus

 Pertelagahan Batik Nasional : Batik, Warisan Budaya Kerajaan Muara Takus

BATIK, adalah kain khusus buatan (kerajinan) Indonesia. Bahkan United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO), memutuskan bahwa pemilik batik "yang sah" adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia.Meski negara-negara lain...

Sabtu, 29 Jun 2019

Hari Pers Nasional 9 Februari Sejarah Panjang Peninggalan Rezim Orba, De Express-Indonesische Persbureau 1913 Sejarah yang Terlupa

Hari Pers Nasional 9 Februari Sejarah Panjang Peninggalan Rezim Orba, De Express-Indonesische Persbureau 1913 Sejarah yang Terlupa

Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden Soeharto pada 23...

Sabtu, 20 Apr 2019

Pilih Aktor Sosial Bukan Aktor Politik

Pilih Aktor Sosial Bukan Aktor Politik

Persepsi selama ini yang dimaksud Aktor adalah orang yang bekerja dalam seni pertunjukan yang mendapat peran utama dalam melakoni sebuah cerita, seperti aktor film atau aktor sinetron. Aktor adalah panggilan...

Pekanbaru

Senin, 07 Jun 2021

Rumah Yatim Berikan Bantuan Bahan Pokok untuk Ibu Solihati

Rumah Yatim Berikan Bantuan Bahan Pokok untuk Ibu Solihati

Pekanbaru (riauoke.com) Rumah Yatim Cabang Riau menyalurkan bantuan bahan pokok kepada Ibu Solihati (48) seorang ibu yang seorang diri...

Pelalawan

Jumat, 28 Mei 2021

Peduli Covid-19, Bupati H Zukri Pimpin Pembagian Ribuan Perlengkapan Prokes di Pelalawan

Peduli Covid-19, Bupati H Zukri Pimpin Pembagian Ribuan Perlengkapan Prokes di Pelalawan

Pelalawan (riauoke.com)- Bupati Pelalawan H Zukri Misran memimpin pembagian ribuan perlengkapan protokol kesehatan (prokes) terdiri dari masker, hand sanitizer dan...

Siak Sri Indrapura

Senin, 22 Mar 2021

PWI Riau-RSAB Rapid Antigen 100 Wartawan Peserta UKW

PWI Riau-RSAB Rapid Antigen 100 Wartawan Peserta UKW

PEKANBARU (riauoke.com)- Rumah Sakit Awal Bros Sudirman Pekanbaru dukung pelaksanaan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan dilaksanakan PWI Riau pada...

Bengkalis

Senin, 07 Jun 2021

Rumah Yatim Berikan Bantuan Bahan Pokok untuk Ibu Solihati

Rumah Yatim Berikan Bantuan Bahan Pokok untuk Ibu Solihati

Pekanbaru (riauoke.com) Rumah Yatim Cabang Riau menyalurkan bantuan bahan pokok kepada Ibu Solihati (48) seorang ibu yang seorang diri...

Jumat, 04 Jun 2021

Sutardji Menuju Nobel Sastra; Puluhan Penghargaan Sudah Didapat

Sutardji Menuju Nobel Sastra; Puluhan Penghargaan Sudah Didapat

Pekanbaru, riauoke.com - Usulan pemberian Nobel Sastra untuk Presiden Penyair Indonesia, Sutardji Calzoum Bachri (SCB), memang sangat beralasan. Sebab, sebagai...

Rabu, 02 Jun 2021

Sutardji Calzoum Bachri Pantas Menerima Nobel Sastra, Ternyata Sudah Lama Disuarakan

Sutardji Calzoum Bachri Pantas Menerima Nobel Sastra, Ternyata Sudah Lama Disuarakan

Pekanbaru riauoke.com -  Usulan pemberian Nobel Sastra untuk Presiden Penyair Indonesia, Sutardji Calzoum Bachri (SCB), ternyata sudah sejak lama disuarakan...

Rabu, 02 Jun 2021

Alumni FKIP Sepakat Pilih Wan Muhammad Hasyim Sebagai Calon Ketua Umum IKA UNRI

Alumni FKIP Sepakat Pilih Wan Muhammad Hasyim Sebagai Calon Ketua Umum IKA UNRI

Pekanbaru riauoke.com  - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FKIP Universitas Riau (Unri) sepakat untuk mengusung Wan Muhammad Hasyim, SE, Ak, sebagai...

Rabu, 02 Jun 2021

Kades Pematang Obo Pangibulan Sirait Serahkan Sertifikat Program PTSL

Kades Pematang Obo Pangibulan Sirait Serahkan Sertifikat Program PTSL

Bengkalis.riauoke.com -  Puluhan warga di Desa Pematang Obo Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten  Bengkalis tersenyum ceria, setelah mendapatkan sertifikat program Pendaftaran...

Selasa, 01 Jun 2021

Hasil Test PWI Riau: 75 peserta Lulus, 10 Lulus Bersyarat, dan 13 Tak Lulus

Hasil Test PWI Riau: 75 peserta Lulus, 10 Lulus Bersyarat, dan 13 Tak Lulus

Pekanbaru (riauoke.com)   Setelah melakukan ujian tertulis dan wawancara, Sabtu (28/05/2021), dari 96 wartawan yang mengikuti testing masuk anggota Persatuan Wartawan...

Minggu, 30 Mei 2021

Tim Gabungan TNI dan Polri Kabupaten Bengkalis Razia Protkes, Dua Sejoli Dihukum

Tim Gabungan TNI dan Polri Kabupaten Bengkalis Razia Protkes, Dua Sejoli Dihukum

Bengkalis (riauoek.com)  Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19. Tim satgas gabungan covid-19 kabupaten Bengkalis yang tergabung TNI, Polri, BPBD,...

Jumat, 28 Mei 2021

Peduli Covid-19, Bupati H Zukri Pimpin Pembagian Ribuan Perlengkapan Prokes di Pelalawan

Peduli Covid-19, Bupati H Zukri Pimpin Pembagian Ribuan Perlengkapan Prokes di Pelalawan

Pelalawan (riauoke.com)- Bupati Pelalawan H Zukri Misran memimpin pembagian ribuan perlengkapan protokol kesehatan (prokes) terdiri dari masker, hand sanitizer dan...

Kamis, 27 Mei 2021

WPP Pangkalankerinci Galang Dana untuk Palestina

WPP Pangkalankerinci Galang Dana untuk Palestina

Pangkalankerinci (riauoke.com) Kamis (27 /05/2021) pukul 13.00 wib sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina, Perwakilan Wanita Persatuan Pembangunan ( WPP) ...

Rabu, 26 Mei 2021

Rumah Yatim Bagikan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Prasejahtera Kelurahan Sungai Sibam Pekanbaru

Rumah Yatim Bagikan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Prasejahtera Kelurahan Sungai Sibam Pekanbaru

Pekanbaru (riauoke.com) Rumah Yatim Cabang Riau pada hari Rabu (26/5) ini menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa bantuan bahan pokok dan bantuan...

Kampar

Senin, 10 Mei 2021

Bupati Catur Sugeng Serahkan Zakat ke Baznas Kampar

Bupati Catur Sugeng Serahkan Zakat ke Baznas Kampar

Bangkinang (riauoke.com) -Bupati  Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH, Senin (10/5/2021), menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kampar...