Kamis, 11 Agustus 2022

In Memoriam, Margiono Wartawan Hebat!

Saya dua priode menjadi ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Provinsi Riau (2007-2017). Saya dua kali juga dilantik oleh dua orang hebat yang saya sukai dan kagumi gayanya.


Priode pertama, saya dilantik oleh Tarman Azam (Alm). Priode kedua, saya dilantik oleh Margiono, yang meninggal dunia 1 Februari 2022 lalu. Tapi saya tak lama merasakan kepemimpinan Tarman Azam. Hanya setahun. Karena 2008 Margiono menggantikan Tarman sebagian Ketua PWI Pusat. Margiono terpilih menjadi Ketua Umum PWI dua priode, 2008-2018.


Praktis, masa jabatan saya menjadi Ketua PWI Riau, banyak berurusan dengan Margiono. Karena jabatan kami hampir bersamaan. Selama dia menjabat, Margiono sering ke Riau. Dalam catatan saya, Margiono enam kali berkunjung, saat saya undang pada Hari Pers Nasional (HPN) di daerah maupun pelantikan beberapa PWI di kabupaten/kota.


Saya merasakan, sangat enak menjadi ketua PWI di zaman Margiono. Karena saya gak perlu menyiapkan segala kebutuhan pejabat pusat PWI itu. Saya gak perlu menyiapkan tiket pesawat, hotel, maupun hal-hal kecil lainnya. Dia sering tak mau dibayarin tiket. Apalagi minta pesawat kelas satu atau hotel berbintang. Karena lebih suka bayar sendiri, atau sudah ada yang mengurusnya. Maklum, dia juga "pejabat tinggi" di Jawa Pos Grup, media milik JPNN yang cukup menjamur di Riau.


Terkadang malah saya gak tahu Margiono sudah sampai ke Riau. Karena tiba-tiba sudah menelepon; "Dheni, kamu dimana?". Saya bilang saya di kantor. "Kita ketemuan ya. Dimana makan yg enak," katanya. Dalam kekagetan saya, ternyata dia sudah sampai di Riau, sehari sebelum acara yang saya gelar dimulai. Mengenai makan, Margiono memang pemakan yang hebat. Dia bisa menghabiskan setengah kilo patin ikan pedas, sekali duduk.


Terkadang pula, saya tidak tahu dia sudah pulang ke Jakarta, tanpa memberitahu saya. Beberapa kali, usai acara dia minta izin. Katanya mau ke rumah saudaranya. Margiono memang punya banyak saudara sekampungnya, Tulungagung Jatim, di Pekanbaru. Kemudian, ketika saya hubungi, teleponnya tak aktif. Malamnya dia kontak bahwa sudah sampai Jakarta. Dia pulang sendiri, tanpa kami urus.


Jika dia ke Riau, beberapa kali pula, saya mendapat "hadiah tak terduga" dari beberapa bupati di Riau. Satu ketika, ada peringatan HPN Provinsi yang dipusatkan di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Margiono ikut hadir. Usai acara, Bupati Inhil menitipkan oleh-oleh dan kertas tertutup ukuran besar buat Margiono. Tapi ketika saya beritahu padanya, dia bilang; "Simpan aja buat kamu."


Hal yang sama juga terjadi di Kabupaten Siak dan Kabupaten Rokan Hilir. Semua yang dititipkan pejabat daerah untuk Margiono, semuanya pula diserahkan kepada saya. Tapi sesampai di Pekanbaru dia mengatakan; "Lain kali kalau saya ke Riau, bilang sama bupati atau siapapun, jangan nitip-nitip buat saya." Hahaha. Terlambat mas, jawab saya.


Sebenarnya, saya sudah lama mengenal Margiono. Tahun 1991 hingga 1993, saya bertugas di Harian Surya Surabaya, jaringan media milik Harian KOMPAS Grup di daerah. Ketika itu, Margiono sudah jadi wartawan hebat di Jawa Pos, Surabaya.


Saat itu, saya mengenalnya sebagai pribadi yang hangat, bersahabat dan guyonan. Bicaranya serius, tapi sering membuat saya terpingkal. Beberapa kali juga, saya ditraktir makan olehnya. Selalu, jika bersama Margiono, saya gak pernah membayar. Saya selalu kalah dulu, jika soal bayar membayar dibanding Margiono. Padahal waktu itu, "persaingan" antara Jawa Pos dan Harian Surya, cenderung "berdarah-darah". Saya menyebut kata berdarah, karena ada yang tewas di jalanan saat mobil koran yang membawa Jawa Pos menyalip mobil Surya, sehingga terjadi insiden yang menewaskan beberapa orang.


Tahun 1999, saya berhenti dari Persda (Pers Daerah) KOMPAS. Saya kemudian diterima bekerja di Harian Sumatera Ekspres, Palembang Sumsel, yang tergabung di JPNN (Jawa Poss News Network). Saya menelepon Margiono. Saya katakan, bahwa saya kini menjadi anak buahnya. Tapi dia menjawab; "Dari dulu kan saya sudah jadi bos kamu. Karena saya sering mbayarin kamu makan." Kemudian dia tertawa. Candanya kadang keterlaluan. Karena hanya membayari saya ngopi dan makan, dia dah mengaku sebagai atasan saya.


Beberapa tahun setelah itu (2005) saya pulang kampung ke Riau. Saya minta berhenti dari JPNN. Pada pemilihan ketua PWI Riau tahun 2007, saya maju dan saya menang. Saya dilantik oleh Tarman Azam, yang seluruh biaya perjalanannya mulai dari tiket, hotel sampai oleh-oleh ditanggung oleh PWI Riau.


Ketika 2008, Margiono maju sebagai ketua PWI Pusat yang Kongresnya dilaksanakan di Banda Aceh. Sebagai Ketua PWI Riau, saya tentu memiliki suara untuk memilih. Margiono mendatangi saya ke kamar. Ketika itu, saya bersama Zufra Irwan (juga pengurus PWI Riau). Margiono kemudian duduk di lantai kamar hotel. Kami jadi sungkan. Tapi dia santai aja. Malah dengan gayanya, dia mengatakan, apakah saya masih mengenal bosnya?


Margiono kemudian terpilih menjadi Ketua PWI Pusat lima tahun ke depan. Bahkan 2013 dia terpilih kembali menjadi Ketua PWI hingga 2018. Dan, selama itu pulalah saya merasa sangat lega menjadi Ketua PWI Riau. Dia menghapuskan iuran kartu anggota. Dia tidak menganjurkan melayani pengurus PWI Pusat yang berkunjung ke daerah. Dia menekan saya untuk membangun kantor PWI Riau yang representatif. Dia meminta saya jangan takut ditekan siapa saja sebagai Ketua PWI. "Kamu hanya boleh takut pada saya," katanya sambil tertawa lebar.


Begitulah. Ketika jabatan saya berakhir sebagai Ketua PWI Riau, setahun setelah itu Margiono pun lengser. Dan saya tak pernah berjumpa lagi hingga akhirnya saya mendapat kabar dia meninggal dunia karena Covid 19.


Saya terhenyak, ketika membaca kabar duka itu. Lama saya termenung. Kenapa bisa covid mengalahkan Margiono yang hebat. Apakah tak ada penyakit lain yang lebih mulia, yang mengantarkannya ke liang lahat. Mungkin hanya Allah SAW yang tahu. Karena itu memang hak prerogatif Yang Maha Kuasa. Saya hanya sedih teringat kebaikan, profesionalitas dan gaya kepemimpinannya. Meski kelak saya dan teman-teman lainnya akan menyusul Margiono, tapi hari ini, kami benar-benar kehilangan.


Karena Margiono, memanglah wartawan hebat. Tak kalah oleh waktu, pengetahuan, jabatan dan profesionalisme. Di mata saya, sejak mengenalnya 1991, dia seorang yang mampu menerobos dunia jurnalistik hingga puncaknya. Dia seorang wartawan yang gigih, tak pernah menyerah, santun, berkarakter, mengayomi, penghibur, mau berkorban, meski kadang kata-katanya agak nyeleneh.


Sebagai wartawan gigih, tangguh dan tak pernah menyerah, saya tahu Margiono bersama teman-temannya ikut melebarkan sayap Jawa Pos di seluruh pelosok tanah air. Bahkan kemudian, ketika berdiri membangun Harian Rakyat Merdeka, tiang bendera yang dipancangkannya berkibar hingga kini.


Sebagai pemimpin, dia terampil dan tidak pernah menyalahkan siapapun. Dia memimpin organisasi wartawan terbesar dan tertua, nyaris tak ada gugatan. Dia salah satu tonggak dalam mengangkat harkat dan martabat organisasi serta wartawan. Pernah pula Margiono jadi Wakil Ketua Dewan Pers di masa Prof Bagir Manan. Di zamannya, tak pernah ada organisasi lain yang berani mengotak-atik dan mengecilkan peran Dewan Pers.


Memang dia pernah gagal. Tapi itu bukan bidangnya. Bukan profesinya sejak awal. Tahun 2018, dia pernah maju sebagai bupati di daerah kelahirannya. Namun dia dikalahkan oleh seorang yang diduga koruptor. Belakangan dia tersadar, dan balik ke pangkal jalan.


Dan. Sebagai penghibur, saya sudah membuktikan, dia mampu membuat banyak orang tertawa, minimal tersenyum. Ini mungkin bakat alam atau karena dia penyuka grup lawak Srimulat di era muda. Atau pula karena dia seorang dalang yang memiliki selera humor tinggi.


Bahkan, saat menjadi Ketua PWI Pusat, orang selalu menunggu-nunggu pidatonya setiap tahun di HPN. Pidato yang ringan, menyentil, kadang menusuk, tapi bisa membuat orang terbahak, termasuk Presiden RI. Guyonannya, menurut saya, adalah salah satu daya tarik HPN, untuk wartawan tetap hadir.


Kini saya hanya bisa berdoa agar Almarhum husnul khotimah. Diampunkan Alllah dosa-dosanya, dan dibalas segala kebaikannya. Bertetes air mata kesedihan saya, mungkin bisa diteguknya di Surga Allah.


Saya ingin menuliskan juga satu pantun yang disampaikan Margiono pada acara di rumah Gubernur Riau, Anas Makmun. Ketika itu dia mengucapkan terimakasih atas pembangunan Kantor PWI Riau oleh Pemerintah Provinsi Riau (2009-2012) dengan dana hampir 14 miliar rupiah. Kata Margiono; Ikan hiu terjerat ranjau/Thank you Pak Gubernur Riau. ***


H. Dheni Kurnia, Ketua PWI Riau (2007-2017), Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Riau 2017-2022, Ketua JMSI Riau 2020-2025.

Kamis, 03 Feb 2022

In Memoriam, Margiono Wartawan Hebat!

In Memoriam, Margiono Wartawan Hebat!

Saya dua priode menjadi ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Provinsi Riau (2007-2017). Saya dua kali juga dilantik oleh dua orang hebat yang saya sukai dan kagumi gayanya. Priode pertama,...

Senin, 17 Mei 2021

Bumdes Kabupaten Bengkalis Miliki Modal Rp542 Miliar

 Bumdes Kabupaten Bengkalis Miliki Modal Rp542 Miliar

Catatan Bagus Santoso Wakil Bupati Bengkalis Lebaran tahun 2021 bagi umat muslim mengulang kembali peristiwa tahun 2020. Pemerintah tegas melarang mudik demi langkah mencegah berkembangnya pandemi virus Corona. Dan lumrah...

Senin, 10 Mei 2021

TEHAER Alias THR

TEHAER Alias THR

Catatan Bagus Santoso (Wabup Bengkalis)Tehaer (THR) alias tunjangan hari raya. Ramai orang yang berharap tapi sedikit yang dapat. Ramai orang yang senang tapi tak sedikit yang dibuat pening lalat. Banyak...

Minggu, 09 Mei 2021

Hidup Damai Lewat Pesan Gus Dur

Hidup Damai Lewat Pesan Gus Dur

(Motivasi Santri Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bantan) Oleh; Bagus Santoso (Wabup Bengkalis) “Sebenar apapun tingkahmu, sebaik apapun perilaku hidupmu, kebencian dari manusia itu pasti ada. Jadi jangan diambil pusing" (Gus...

Selasa, 04 Mei 2021

Jadilah Pohon Kuat Dilempar Batu Dibalas Buah

Jadilah Pohon Kuat Dilempar Batu Dibalas Buah

Oleh; Bagus Santoso (Wabup Bengkalis)"Jadilah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, tumbuh di tepi jalan. Dilempar buahnya dengan batu, tetapi tetap dibalas dengan buah." (Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq)Perlu kesabaran...

Selasa, 20 Apr 2021

Wabup Bengkalis Nikmati Sensasi Nunggang Gajah Sarma

Wabup Bengkalis Nikmati Sensasi Nunggang Gajah Sarma

Surprise, tak disangka dan tak direncanakan.  Aku ditemani 5 orang kawan dari Bengkalis disela sela acara agenda safari ramadhan, berkesempatan melihat, menyentuh dan menunggang diatas punggung binatang super besar Gajah...

Minggu, 06 Okt 2019

Pertelagahan Batik Nasional : Batik, Warisan Budaya Kerajaan Muara Takus

 Pertelagahan Batik Nasional : Batik, Warisan Budaya Kerajaan Muara Takus

BATIK, adalah kain khusus buatan (kerajinan) Indonesia. Bahkan United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO), memutuskan bahwa pemilik batik "yang sah" adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia.Meski negara-negara lain...

Sabtu, 29 Jun 2019

Hari Pers Nasional 9 Februari Sejarah Panjang Peninggalan Rezim Orba, De Express-Indonesische Persbureau 1913 Sejarah yang Terlupa

Hari Pers Nasional 9 Februari Sejarah Panjang Peninggalan Rezim Orba, De Express-Indonesische Persbureau 1913 Sejarah yang Terlupa

Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden Soeharto pada 23...

Pekanbaru

Sabtu, 06 Agus 2022

Cari Ketua Baru, Apersi Riau Segera Adakan Musda

Cari Ketua Baru, Apersi Riau Segera Adakan Musda

Pekanbaru (riaoke.com) Periode kepengurusan organisasi  Pengembang Perumahan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi ) Riau bakal berakhir Oktober 2022 mendatang. Kepemimpinan Apersi...

Pelalawan

Selasa, 09 Agus 2022

Desa Lubuk Ogong Didatangi Rombongan dari Sungaipenuh Jambi

Desa Lubuk Ogong Didatangi Rombongan dari Sungaipenuh Jambi

Bandar Seikijang (riauoke.com) Dalam rangka percepatan pembangunan dan peningkatan pelayanan di tingkat Desa, Camat Pesisir Bukit Sei Penuh Kabupaten...

Siak Sri Indrapura

Kamis, 12 Mei 2022

Anom Putra Mampu Pertahankan Gelar Juara Idul Fitri Cup Tanjung Belit

Anom Putra Mampu Pertahankan Gelar Juara Idul Fitri Cup Tanjung Belit

SIAK KECIL (riauoke.com)- Kesebelasan PS Anom Putra akhirnya mampu mempaertahankan juara Turnamen Sepak Bola Idul Fitri Cup 1443 desa Tanjung...

Bengkalis

Selasa, 09 Agus 2022

Desa Lubuk Ogong Didatangi Rombongan dari Sungaipenuh Jambi

Desa Lubuk Ogong Didatangi Rombongan dari Sungaipenuh Jambi

Bandar Seikijang (riauoke.com) Dalam rangka percepatan pembangunan dan peningkatan pelayanan di tingkat Desa, Camat Pesisir Bukit Sei Penuh Kabupaten...

Sabtu, 06 Agus 2022

Cari Ketua Baru, Apersi Riau Segera Adakan Musda

Cari Ketua Baru, Apersi Riau Segera Adakan Musda

Pekanbaru (riaoke.com) Periode kepengurusan organisasi  Pengembang Perumahan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi ) Riau bakal berakhir Oktober 2022 mendatang. Kepemimpinan Apersi...

Kamis, 04 Agus 2022

Dai Kondang Maruli Hasibuan Hadir pada Majlis Zikir Muhasabah Milad MUI Riau Ke 47

Dai Kondang  Maruli Hasibuan Hadir  pada Majlis Zikir Muhasabah Milad MUI Riau Ke 47

Pekanbaru, riauoke.com - Tabligh Akbar Muhasabah dan Zikir Bersama MUI Riau Berlangsung Khidmat dekanbaru - Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi...

Rabu, 03 Agus 2022

Dit Intelkam Polda Riau Sambangi LDDI Kabupaten Inhil

Inhil riauoke.com (29/7/2022). Direktorat Intelkam Polda Riau yang di wakili Kompol Dodi selalu kanit 3 unit 1 melakukan silaturahmi dengan...

Selasa, 02 Agus 2022

Rakor MUI Riau dan Pimpinan MUI se-Provinsi Riau Hasilkan 4 Komitmen Bersama

Rakor MUI Riau dan Pimpinan MUI se-Provinsi Riau Hasilkan 4 Komitmen Bersama

Pekanbaru (riauoke.com)- Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi Riau mengadakan rapat koordinasi (Rakor) dan konsolidasi organisasi MUI Se-Provinsi Riau menuju penguatan...

Senin, 01 Agus 2022

Sukses Raker di Padang, PWI Pelalawan Silaturahmi ke PWI Payakumbuh/Limapuluh Kota

Sukses Raker di Padang, PWI Pelalawan Silaturahmi ke PWI Payakumbuh/Limapuluh Kota

PAYAKUMBUH (riauoke.com)- Suasana keakraban dan kekeluargaan langsung terjalin saat PWI Pelalawan menginjakkan kaki di Kantor Sekretariat PWI Payakumbuh yang terletak...

Senin, 01 Agus 2022

Festival Lampu Colok Mandau, Meriahkan 1 Muharram Tahun 1444 H/2022

Festival Lampu Colok Mandau, Meriahkan 1 Muharram Tahun 1444 H/2022

DURI (riauoke.com)-Memeriahkan dan memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H, Sabtu (30/07) lalu, Ahad (31/07) malam, Pemerintah Kecamatan Mandau...

Sabtu, 30 Jul 2022

Rohil Raih Juara Umum MTQ XL Tingkat Provinsi Riau

Rohil Raih Juara Umum MTQ XL Tingkat Provinsi Riau

ROHIL Riauoke.com-Wakil Gubernur (Wagub) Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Natar Nasution secara resmi menutup perhelatan MTQ XL Tingkat Provinsi...

Sabtu, 30 Jul 2022

Raker PWI Pelalawan di Padang, Ini Tanggapan Para Panelis

Raker PWI Pelalawan di Padang, Ini Tanggapan Para Panelis

PELALAWAN (riauoke.com)- Dibuka langsung oleh Ketua PWI Pelalawan, Zulhamsyah S.Sos, Rapat Kerja (Raker) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pelalawan digelar di...

Jumat, 29 Jul 2022

Sosialisasi dan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pematang Pudu

Sosialisasi dan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pematang Pudu

DURI (riauoke.com)-Demi keberlangsungan dan eksistensi Ketua Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW),Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Pematang Pudu, Kamis (28/07),...

Kampar

Kamis, 23 Des 2021

Sukses di Kampung Patin, PHR Jajaki Pulau Rupat

Sukses di Kampung Patin, PHR Jajaki Pulau Rupat

KAMPAR (riauoke.com)– Desa Wisata Kampung Patin di Desa Koto Masjid, Kabupaten Kampar, menjadi salah satu kebanggaan Riau. Desa binaan PT...

Rokan Hulu

Senin, 27 Jun 2022

SPR Langgak Serahkan Bantuan Sembako Kepada Guru Bantu Dan Honorer di Tandu

SPR Langgak Serahkan Bantuan Sembako Kepada Guru Bantu Dan Honorer di Tandu

Rohul- (riauoke.com) Rendahnya daya beli masyarakat dan tingginya harga kebutuhan pokok ditambah menurun harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit...

Kepulauan Meranti

Kamis, 02 Jun 2022

Bupati Rohil Afrizal Sintong Buka Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional

Bupati Rohil Afrizal Sintong  Buka Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional

ROHIL Riauoke.com- Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong secara langsung membuka pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Pencanangan tersebut dipusatkan...

Rokan Hilir

Sabtu, 30 Jul 2022

Rohil Raih Juara Umum MTQ XL Tingkat Provinsi Riau

Rohil Raih Juara Umum MTQ XL Tingkat Provinsi Riau

ROHIL Riauoke.com-Wakil Gubernur (Wagub) Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Natar Nasution secara resmi menutup perhelatan MTQ XL Tingkat Provinsi...