Minggu, 05 Mei 2024

Kebiasaan Masyarakat jepang Yang Mungkin Bisa Kita Tiru

Tokyo (riauoke.com) Jepang begitu menarik bila dibicarakan, banyak hal baik terlintas saat mendengar kata 'Jepang', seperti Dora emon, kimono, fuji, sushi, sumo, anime, sakura, sinkansen dan banyak lagi.

Kota Tokyo menjadi negara impian yang ingin dikunjungi oleh banyak orang. Banyak cerita menarik di negeri Sakura ini mulai  dari makanan, wisata, fashion, musik, dan adat tradisionalnya yang unik.

Kehidupan rakyat Jepang  sangat dikenal mempunyai banyak cerita dan kebiasaan, diantaranya yang menjadikan negara ini menjadi seperti saat ini ada beberapa yang bisa kita contoh dan ditiru.

Anda pertama kali datang ke Jepang, baik melalui Bandara International Narita atau Haneda, kesan pertama yang anda lihat adalah keramahan. Ketika anda untuk cap pasport anda akan dipersilakan untuk melakukan itu dengan layanan yang baik sambil membungkuk.  

Setelah keluar bandara perasaan anda akan lebih fress lagi ketika menikmati kebersihan kotanya  yang hampir merata di seluruh Jepang. Bukan hal yang lumrah melihat sampah berserakan di jalanan kota di Jepang. Anda akan sangat susah menemukan tempat kotor yang banyak sampah.

Membuang sampah pada tempatnya sudah menjadi kebiasaan yang ditanamkan semenjak kecil di Jepang. Anda berkunjung ke Jepang akan sedikit kesulitan menemukan tempat sampah walaupun ada itu hanya di tempat tertentu.

Walaupun sulit tetap tidak ada yang membuang sampah sembarangan. Kalau mereka bawa mobil mereka akan membawa sampahnya sampai mereka pulang ke rumah. Kalau naik sepeda sampah mereka kantongi di kocek, baik itu tissu kaleng atau plastik.

Tinggal di rumah orang Jepang ada dua tong sampah yang tersedia. Sampah berbau kertas dan sampah berbau plastik. Hari Selasa buang sampah kertas dan Kamis buang sampah plastik. Itu semua harus dibungkus dengan kantong plastik dan diikat dengan rapi.

Anda harus antrakan ke tempat pembuangan sampah yang telah ditentukan. Jangan salah membuang atau tempat. Bisa bisa anda didatangi oleh petugas ke rumah untuk bayar denda, anda tidak bisa berkelit karena CCTV disini dimana-mana walaupun anda tak bisa melihatnya.

Hari hari di Jepang sangat nyaman, tidak berisik di dalam transportasi publik, bercerita santai di dalam transportasi umum atau bahkan menerima telepon. Anda kalau menelpon saudara yang ada di bus tak akan diangkat, karena mengganggu orang lain. Di Indonesia mungkin bisa di dengar satu gerbong kereta mungkin sering kita jumpai he he.

Tidak demikian halnya kita berada di dalam transportasi publik di Jepang, akan sangat terasa kesan sunyi, padahal jumlah orang yang ada di dalam sangat padat dan ramai.

Ini karena kebiasaan mereka tidak ingin mengganggu ketenangan kawan sebelah, jika handphone-nya berbunyi mereka akan langsung menolak panggilannya, sms atau berbicara sebentar menjelaskan bahwa mereka sedang berada di transportasi.

Jepang serba ada, apa yang tidak ada di Jepang, negara maju sehingga mereka bisa memproduksi sendiri semua jenis kendaraan seperti motor dan mobil. Banyak merek kendaraan roda dua dan empat di  Jepang yang dipasarkan di negara kita. kenyataanya siswa pelajar di Jepang lebih memilih naik sepeda dibandingkan diantar, naik motor atau mobil pribadi. Walaupun anak TK atau SD, mereka jalan kaki dan pergi sendiri ke sekolah.


Orang Jepang kemana mana lebih memilih trasnportasi umum, walaupun harga kendaraan disini relatif murah, mereka jarang menggunakan kendaraan pribadi dan lebih memilih naik transportasi umum.

Di Jepang jika seseorang membeli kendaraan, maka dia harus mempunyai lahan parkir atau menyewa lahan parkir yang ada dengan harga yang relatif mahal. Selain itu pajak yang tinggi juga membuat warga Jepang enggan menaiki kendaraan sendiri.


Orang Jepang ramah dan santun, mereka merupakan negara dengan tingkat kesopanan yang tinggi. Masyarakatnya memiliki kesadaran tinggi dalam hal kesopanan, ketertiban, dan kebersihan dan sopan santun.

Rasa tanggung jawab yang tinggi, budaya malu adalah salah satu hal yang telah mendarah daging di Jepang, masyarakatnya  akan merasa malu ketika berbuat kesalahan. Begitu kesalahan mereka diketahui orang lain maka mereka akan mengakuinya dan langsung meminta maaf.

Banyak kasus, begitu mereka gagal dalam mengelola salah satu departemen, pimpinannya akan mundur seketika. Mereka malu kalau gagal dalam memimpin, itulah budaya mereka. Ketika salah seorang Menteri gagal dalam menjalankan tugas penangulangan bencana Tsunami beberapa tahun lalu, pimpinannya mundur.


Orang Jepang gila kerja, sampai tua masih kerja, tak mau tinggal di rumah, mereka kerja apa saja di restoran, mini market kecil dan besar sekalipun, banyak dijumpai orang yang sudah tua. Mereka pekerja keras dan penuh inovasi.

Dari dulu Jepang sangat terkenal dengan pekerja keras, mereka banyak menghabiskan waktu ditempat kerja, bahkan di Jepang orang tua akan bangga saat anaknya pulang malam karena bekerja.

Dan mereka sedih bila anaknya cepat pulang dari kerja, mereka beranggapan anaknya tidak terpakai di kantor. Pendidikan  budaya kerja dari kecil sudah diajarkan, mereka kerja di perusahaan sering lembur dan jarang mau cepat pulang dan upah lemburpun di Jepang lumayan tinggi.

Kebiasaan mandiri waktu kecil orang Jepang sudah di didik sedari kecil untuk mandiri bersikap sopan dan tertib. Mulai dari TK di sudah dibiasakan mandiri, mereka akan diajarkan merapikan alat makannya, kemudian menaruh dan mencucinya sendiri sampai bersih. Karena di Jepang tak ada istilah ada pembantu, kalaupu ada biayanya sangat mahal, pembantu tidak lazim disini walaupun mereka serba berkecukupan.

Didalam kereta api dan bus ada tiga kebiasaan remaja maupun orang di Jepang, tidur  karena capek, main game refressing,  dan membaca buku. Tingkat membaca masyarakat Jepang termasuk salah satu yang tertinggi di dunia, membaca seolah-olah menjadi salah satu kebutuhan.

Walaupun negara maju, zaman sudah semakin canggih masyarakat Jepang tetap tidak melupakan kebiasaan membaca, ditaman, di dalam mobi bus dan kereta tempat perjalanan pulang kerja. Anak-anak usia dini dibiasakan membaca, di sekolah mereka dibiasakan untuk membaca sejenak sebelum belajar.


Mencintai budaya, melihat budaya dan teknologi cangih hidup berdampingan maka negara Jepang jawabannya. Jepang banyak berinovasi dalam bidang teknologi, mereka berhasil menciptakan robot dengan berbagai macam fungsi yang dapat menggantikan tugas manusia. Kendati begitu, itu tidak membuat mereka lupa dengan tradisi nenek moyang mereka.

Jepang mencapai kemajuan melalui kebijakan Restorasi Meiji, masyarakat Jepang berani terbuka terhadap kebudayaan barat, mereka hanya mengambil hal-hal baik dari kebudayaan barat dan tetap berpegang teguh pada budaya dan tradisi leluhur yang ada. Hal tersebutpun terus diwariskan kepada keturunan selanjutnya.


Demikian sekilas info, ketika saya menetap di Jepang tepatnya di Ferfetur Yokohama provinsi tetangga Tokyo. Saking  bersihnya kota ini berbulan bulan saya tidak menjumpai seekor nyamuk menggau saya dalam tidur, he he.[] Laporan Abdul Hakim dari Negeri Sakura, Jepang, Arigato. Semoga bermanfaat.  

Rabu, 20 Mar 2024

Bulan Ramadhan di Jepang Sambil Menungu Musim Sakura Tiba

Bulan Ramadhan di Jepang Sambil Menungu Musim Sakura Tiba

Tokyo, Jepang  (riauoke.com) Setelah mencoba 1 bulan Rhamadhan di Mekah dan Medinah saya juga berkesempatan melaksanakan gimana rasanya berpuasa  di Negeri Sakura, Jepang. Tentu jauh berbeda terutama dalam hal cuaca,...

Senin, 18 Mar 2024

Kebiasaan Masyarakat jepang Yang Mungkin Bisa Kita Tiru

Kebiasaan Masyarakat jepang Yang Mungkin Bisa Kita Tiru

Tokyo (riauoke.com) Jepang begitu menarik bila dibicarakan, banyak hal baik terlintas saat mendengar kata 'Jepang', seperti Dora emon, kimono, fuji, sushi, sumo, anime, sakura,...

Rabu, 31 Jan 2024

Dwi WNS Mahasiswi PLB UNP Rilis Lagu “Akulah yang Terbaik”, Sosok Inspiratif bagi Dunia Disabilitas

Dwi WNS Mahasiswi PLB UNP Rilis Lagu “Akulah yang Terbaik”, Sosok Inspiratif bagi Dunia Disabilitas

Padang (riauoke.com)  Meskipun Totally Blind (buta total) dan memiliki Gangguan Spektrum Autisme (GSA), Dwi WNS tak menjadikannya halangan untuk berkarya. Gadis periang yang dapat menjadi sosok inspiratif bagi dunia disabilitas...

Kamis, 17 Agus 2023

Ini Dia Kebiasaan Orang Jepang, Penyebab Mereka Maju dan Sukses

Ini Dia Kebiasaan Orang Jepang, Penyebab Mereka Maju dan Sukses

Tokyo (riuoke.com) Berbicara Jepang mungkin banyak yang anda bayangkan, dari kota, Hiroshima, Nagasaki, dan dalam sejap mereka bisa bangkit, itu tempo...

Sabtu, 17 Jun 2023

Sarasah Sonsang Festival Sukses, Bupati Agam Akan Jadikan Agenda Tahunan Pariwisata Sumbar

Sarasah Sonsang Festival Sukses, Bupati Agam Akan Jadikan  Agenda Tahunan Pariwisata Sumbar

Sonsang salah satu jorong yang terletak di Kenagarian Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Berjarak sekitar 8 km dari Kota Bukittinggi.Jorong Sonsang dikelilingi bukit barisan dan hamparan...

Senin, 24 Apr 2023

Wisata Embung Tirtasari yang Fenomenal di Bukitinggi

Wisata Embung Tirtasari yang Fenomenal di Bukitinggi

Sonsang salah satu jorong yang terletak di Kenagarian Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Berjarak sekitar 8 km dari Kota Bukittinggi.Jorong Sonsang dikelilingi bukit barisan dan hamparan...

Jumat, 09 Des 2022

Ayo welcome back to Bali, Soal UU KUHP, Kadispar Bali, Wisatawan Tak Perlu Khawatiri

Ayo welcome back to Bali, Soal UU KUHP, Kadispar Bali, Wisatawan Tak Perlu Khawatiri

Denpasar (riauoke.com) – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun menanggapi adanya pemberitaan di beberapa media asing yang menyatakan bahwa wisatawan yang datang ke Indonesia khususnya yang datang ke...

Minggu, 13 Nov 2022

Makan Enak Ditengah Hamparan Sawah, Padi dan Gunung Hijau di Payakumbuh

Makan Enak Ditengah Hamparan Sawah, Padi dan Gunung Hijau di Payakumbuh

Payakumbuh (riauoke.com) Salah satu objek wisata yang menarik di Sumatera Barat adalah Kota Payakumbuh. Di kota ini cukup banyak daerah destinasi wisata yang menarik dan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal...

Pekanbaru

Minggu, 07 Apr 2024

PT Pertamina Hulu Rokan Gelar Acara Berbuka Bersama Insan Pers Riau

PT Pertamina Hulu Rokan Gelar Acara Berbuka Bersama Insan Pers Riau

Pekanbaru, riauoke.com - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggelar acara berbuka bersama dengan insan pers Riau di Premiere Hotel, Pekanbaru,...

Pelalawan

Kamis, 21 Mar 2024

Pemkab Pelalawan Serahkan Bantuan Beras Tahap III kepada Warga Kelurahan Seikijang

Pemkab Pelalawan Serahkan Bantuan Beras Tahap III kepada Warga Kelurahan Seikijang

Bandar Seikijang (riauoke.com) Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Kelurahan Seikijang melakukan penyerahan bantuan beras tahap tiga yang berasal dari Pemerintah Republik...

Siak Sri Indrapura

Minggu, 05 Mei 2024

Bersiap Sambut MTQ Kecamatan Kerinci, Warga Kampung Kerinci Kanan Gelar Goro

Bersiap Sambut MTQ Kecamatan Kerinci, Warga Kampung Kerinci Kanan Gelar Goro

Kerinci Kanan (riauoke.com) Warga Kampung Kerinci Kanan, Kecamatan Kerinci, Kabupaten Siak, bersatu dalam semangat gotong royong pada Minggu, 5 Mei...

Bengkalis

Minggu, 05 Mei 2024

Bersiap Sambut MTQ Kecamatan Kerinci, Warga Kampung Kerinci Kanan Gelar Goro

Bersiap Sambut MTQ Kecamatan Kerinci, Warga Kampung Kerinci Kanan Gelar Goro

Kerinci Kanan (riauoke.com) Warga Kampung Kerinci Kanan, Kecamatan Kerinci, Kabupaten Siak, bersatu dalam semangat gotong royong pada Minggu, 5 Mei...

Senin, 29 Apr 2024

Babinsa Koramil 0321-05/ RM Kembali Komsos Tanamkan Nilai-nilai Pancasila bagi Pelajar SMK 1 Rimba Melintang

Babinsa Koramil 0321-05/ RM Kembali Komsos Tanamkan Nilai-nilai Pancasila bagi Pelajar SMK 1 Rimba Melintang

RIMBAMELINTANG, Riauoke.com - Babinsa Pematang Sikek Koramil 05/RM Serda Ade R bersama Dewan Guru Ambri Sebagai Pembina Kesiswaan di SMK...

Minggu, 28 Apr 2024

Kampar Expo 2024, Ajang Edukasi Industri Migas untuk Masyarakat dan Pelajar Riau

Kampar Expo 2024, Ajang Edukasi Industri Migas untuk Masyarakat dan Pelajar Riau

Bangkinang (riauoke.com) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi...

Jumat, 26 Apr 2024

Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam: Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik

Kuansing -riauoke.com-Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuansing periode 2023-2026 resmi dilantik oleh ketua PWI Riau Raja Isyam Azwar, Kamis (25/4/2024)...

Minggu, 07 Apr 2024

PT Pertamina Hulu Rokan Gelar Acara Berbuka Bersama Insan Pers Riau

PT Pertamina Hulu Rokan Gelar Acara Berbuka Bersama Insan Pers Riau

Pekanbaru, riauoke.com - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggelar acara berbuka bersama dengan insan pers Riau di Premiere Hotel, Pekanbaru,...

Jumat, 05 Apr 2024

Buka Puasa Bersama, PT. Mutiara Unggul Lestari Berikan Santunan kepada 40 Anak Yatim Piatu di Kandis

Buka Puasa Bersama, PT. Mutiara Unggul Lestari Berikan Santunan kepada 40 Anak Yatim Piatu di Kandis

Kandis (riauoke.com) Bertempat di halaman Gedung Kantor PT. Mutiara Unggul Lestari, sebanyak 40 anak yatim piatu yang berada di lingkungan...

Senin, 01 Apr 2024

Gelar Pasar Murah, PHR Siapkan 5.000 Paket Sembako untuk Masyarakat di Blok Rokan

Gelar Pasar Murah, PHR Siapkan 5.000 Paket Sembako untuk Masyarakat di Blok Rokan

Pekanbaru, riauoke.com – Senyum Rosmaniar merekah saat membeli paket sembako pada kegiatan pasar murah PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di...

Senin, 01 Apr 2024

Safari Ramadhan Membasuh Luka Palestina Sukses Ketum MUI Riau: Terima Kasih Dukungan Pemprov dan Masyarakat Riau

Safari Ramadhan Membasuh Luka Palestina Sukses Ketum MUI Riau: Terima Kasih Dukungan Pemprov dan Masyarakat Riau

PEKANBARU (riauoke.com)- Safari Ramadhan yang bertajuk "Membasuh Luka Palestina" yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau bersama dengan...

Jumat, 29 Mar 2024

PHR Kembali Gelar Lomba Karya Jurnalistik PENA untuk Wartawan Riau

PHR Kembali Gelar Lomba Karya Jurnalistik PENA untuk Wartawan Riau

Pekanbaru, riauoke.com – Setelah sukses dilaksanakan pada tahun 2023, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) kembali menggelar ajang penganugerahan karya jurnalistik...

Jumat, 29 Mar 2024

Penghargaan Green World Environment Award, Bukti Sinergi PHR Jaga Ekosistem Gajah

Penghargaan Green World Environment Award, Bukti Sinergi PHR Jaga Ekosistem Gajah

PEKANBARU, riauoke.com- Kontraktor Kontrak Kerja Sama - KKKS PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berhasil meraih penghargaan bergengsi internasional bidang lingkungan...

Kampar

Minggu, 28 Apr 2024

Kampar Expo 2024, Ajang Edukasi Industri Migas untuk Masyarakat dan Pelajar Riau

Kampar Expo 2024, Ajang Edukasi Industri Migas untuk Masyarakat dan Pelajar Riau

Bangkinang (riauoke.com) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi...

Rokan Hulu

Rabu, 24 Jan 2024

Dosen UIR Edukasi Penguatan Moderasi Beragama dan Kepemimpinan Publik Ponpes Rohul

Dosen UIR Edukasi Penguatan Moderasi Beragama dan Kepemimpinan Publik Ponpes Rohul

Rohul (riauoke.com) Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Pemahaman Moderasi Beragama khususnya bagi kalangan santri, tenaga pendidik dan majelis taklim...

Kepulauan Meranti

Rabu, 09 Nov 2022

Usai Bagi Sembako Dan Borong Dagangan Kaki Lima, Kapolres Meranti Tampung Curhatan Warganya

Usai Bagi Sembako Dan  Borong Dagangan Kaki Lima, Kapolres Meranti Tampung Curhatan Warganya

KEPULAUAN MERANTI-Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling didampingi Wakapolres Kompol Robet Arizal bersama jajaran, mendatangi kawasan Tubir...

Rokan Hilir

Senin, 29 Apr 2024

Babinsa Koramil 0321-05/ RM Kembali Komsos Tanamkan Nilai-nilai Pancasila bagi Pelajar SMK 1 Rimba Melintang

Babinsa Koramil 0321-05/ RM Kembali Komsos Tanamkan Nilai-nilai Pancasila bagi Pelajar SMK 1 Rimba Melintang

RIMBAMELINTANG, Riauoke.com - Babinsa Pematang Sikek Koramil 05/RM Serda Ade R bersama Dewan Guru Ambri Sebagai Pembina Kesiswaan di SMK...

Indragiri Hulu

Jumat, 10 Nov 2023

Pertama di Indonesia, PWI Inhu Sosialisasi PD, PRT, KEJ dan KPW PWI Hasil Kongres XXV PWI

RENGAT (riauoke.com)- Hasil-hasil Kongres XXV PWI di Bandung, terutama Peraturan Dasar (PD), Peraturan Rumah Tangga (PRT), Kode Etik Jurnalistik (KEJ)...

Indragiri Hilir

Jumat, 12 Jan 2024

Didampingi Legislator Agus Triansyah, Kades Belantak Inhil Sambangi Langsung Kantor Bappenas Minta Prioritaskan Pembangunan Dua Jembatan di Desanya

Didampingi Legislator Agus Triansyah, Kades Belantak Inhil Sambangi Langsung Kantor Bappenas Minta Prioritaskan Pembangunan Dua Jembatan di Desanya

Jakarta (riauoke.com) Kepala Desa Belantak, Indragiri Hilir, sambangi kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta, baru-baru ini, untuk mengajukan suatu...

Kuantan Singingi

Jumat, 26 Apr 2024

Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam: Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik

Kuansing -riauoke.com-Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuansing periode 2023-2026 resmi dilantik oleh ketua PWI Riau Raja Isyam Azwar, Kamis (25/4/2024)...

Kota Dumai

Sabtu, 13 Jan 2024

Dihadiri Danrem 031 WB Kodim 0320 Dumai Lakukan Karya Bhakti Pembersihan Pantai Nelayan dan Penanaman Mangrove bersama IARMI

Dihadiri Danrem 031 WB Kodim 0320 Dumai Lakukan Karya Bhakti Pembersihan Pantai Nelayan dan Penanaman Mangrove bersama IARMI

Dumai (riauoke.com) Kota Dumia semakin hari semakin berbenah, saat ini terus menata diri menuju kota  yang maju dan mandiri, bersih...


DAERAH PENDIDIKAN
CONTACT INFO

Jalan Parit Indah Grand Sudirman No 6
Phone: 08127513007 Fax: ..........
Email: [email protected]
Pekanbaru, Provinsi Riau.

EKONOMI OLAHRAGA
HUKUM GALERI FOTO
POLITIK OPINI
TRAVELLING PEMILU
 

COPYRIGHT © 2018 RIAUOKE.COM, ALL RIGHT RESERVED