Selasa, 31 Maret 2020


PENERBIT:
Perusahaan Pers, PT Riau Oke Press

PEMIMPIN UMUM/PEMIMPIN REDAKSI:
A Hakim/ R Hendri


PEMIMPIN PERUSAHAAN:
A Hakim

REDAKTUR PELAKSANA:
H A Putra

Redaktur Senior
H A Putra, A Hakim, D Sinaga, R Hendri, Bagus S

Biro Daerah:
Pekanbaru : Hadyan, Safri, A Hakim, Syamsir S, Indragiri Hilir: Yosef  Pelalawan: Suranto  Rohil: S Rambah. Dumai: Bambang Siak: Adi Kampar: Mahnizar Kuantan Singingi: Taufik. Bengkalis: Jonish,Erna. Kepulauan Meranti: idris. Indragiri Hulu: Dana Rokan Hulu: Despandri, Kepri : Erman

Penasehat Hukum:
Surya Darma SH MH, Sugiharto SH

---------------------------------

LEGALITAS PERUSAHAAN:
Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI
Nomor AHU-273.AH.02.01.Tahun 2012 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perseroan Terbatas PT Riau Oke Press

NPWP:
72.015.301.4-216.000

BANK:
Bank Riaukepri  No Rek 101-08-03094, atas nama PT Riau Oke Press.

ALAMAT REDAKSI/PERUSAHAAN:
Jalan Parit Indah Grand Sudirman No 6 Pekanbaru,Riau, Indonesia, Telp 08127513007 Email: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya


PERHATIAN: 1. Wartawan dan kontributor riauoke.com adalah yang nama-namanya tercantum di boks redaksi yang selalu diperbarui sesuai keputusan pimpinan. Pemegang kartu pers, surat tugas atau pemakai atribut perusahaan tetapi namanya tidak tercantum di boks ini, bukanlah wartawan dan kontributor riauoke.com. 2. Informasi kegiatan, pemasangan iklan atau pengaduan silakan disampaikan melalui SMS/WA ke 0812 75 1300 7. Dalam menjalankan tugas jurnalistiknya, wartawan riauoke.com mengedepankan sikap profesional.




 

PEDOMAN PEMBERITAAN MEDIA SIBER


Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

  1. Ruang Lingkup

  2. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

  3. Verifikasi dan keberimbangan berita

    1. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
    2. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
    3. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
      1. Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
      2. Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
      3. Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
      4. Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
    4. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

  4. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

    1. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
    2. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
    3. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
      1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
      2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
      3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
      4. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c). Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
      5. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
      6. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
      7. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

  5. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

    1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
    2. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
    3. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
    4. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
      1. Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
      2. Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
      3. Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
      4. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

  6. Pencabutan Berita

    1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
    2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
    3. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

  7. Iklan

    1. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
    2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan \'advertorial\', \'iklan\', \'ads\', \'sponsored\', atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

  8. Hak CiptaMedia siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  9. Pencantuman PedomanMedia siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

  10. Sengketa Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).



Pekanbaru

Jumat, 27 Mar 2020

Sambangi Polsek Bukit Raya, Anggota DPRD Kota Pekanbaru Semprotkan Desinfektan Mencegah Virus Covid 19

Sambangi Polsek Bukit Raya, Anggota DPRD Kota Pekanbaru Semprotkan Desinfektan Mencegah Virus Covid 19

PEKANBARU (riauoke.com) Untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19, Sahabat Nurul Ikhsan semprotkan disinfektan bersama jajaran Polsek Bukit Raya, Jumat (27/3/200)...

Pelalawan

Senin, 30 Mar 2020

Cegah Penyebaran Covid-19, PT CDSAL Buat Tempat Cuci Tangan di Pos 1

Cegah Penyebaran Covid-19, PT CDSAL Buat Tempat Cuci Tangan di Pos 1

Bandar Seikijang (riauoke.com) PT CDSAL membangun tempat cuci tangan di Pos 1 yang sering dilalui para karyawan perusahaan itu dan...

Siak Sri Indrapura

Rabu, 11 Mar 2020

Buka Seminar Kesehatan IV Siak, Bupati Alfedri Ajak Masyarakat Konsumsi Makanan Sehat

Buka Seminar Kesehatan IV Siak, Bupati Alfedri Ajak Masyarakat Konsumsi Makanan Sehat

Siak (riauoke.com) Bupati Siak Alfedri membuka Acara Seminar Kesehatan dan Pendidikan Hidup Sehat Bahagia dengan Pola Makan "Vegan", yang di...

Bengkalis

Senin, 30 Mar 2020

Cegah Penyebaran Covid-19, PT CDSAL Buat Tempat Cuci Tangan di Pos 1

Cegah Penyebaran Covid-19, PT CDSAL Buat Tempat Cuci Tangan di Pos 1

Bandar Seikijang (riauoke.com) PT CDSAL membangun tempat cuci tangan di Pos 1 yang sering dilalui para karyawan perusahaan itu dan...

Minggu, 29 Mar 2020

Cegah Penyebaran Covid-19, Pasar Sekijang Disemprot Disinfentan

Cegah Penyebaran Covid-19, Pasar Sekijang Disemprot Disinfentan

Bandar Seikijang (riauoke.com) Untuk mencegah Virus Corona atau Covid 19 menyebar,  Pengurus Pasar Sekijang mengadakan penyemprotan di areal pasar, Minggu...

Minggu, 29 Mar 2020

Cegah Penyebaran Covid-19, Kades Pulau Birandang, Kampar Produksi Masker Sendiri

Cegah Penyebaran Covid-19, Kades Pulau Birandang, Kampar Produksi Masker Sendiri

Pulau Birandang (riauoke.com)- Antisipasi penyebaran wabah covid-19 atau virus Corona terus diupayakan oleh semua kalangan mulai dari pemerintah maupun masyarakat,...

Minggu, 29 Mar 2020

Cegah Penyebaran Covid-19 PKS Bengkalis Wakafkan 100 Unit Alat Semprot ke Rumah Ibadah

Cegah Penyebaran  Covid-19   PKS Bengkalis Wakafkan 100 Unit Alat Semprot ke Rumah Ibadah

Duri (Riauoke.com) Partai Keadilan Sejahtera( PKS) Kabupaten Bengkalis, mewakafkan 100  unit alat penyemprotan disinfektan beserta kelengkapannya, ke  rumah-rumah  ibadah, sebagai...

Sabtu, 28 Mar 2020

Pembayaran Pajak di Samsat Duri, Terapkan Pakai Sarung Tangan dan Cuci Tangan

Pembayaran Pajak di Samsat Duri, Terapkan Pakai Sarung Tangan dan Cuci Tangan

Duri  (riauoke.com)  Terkait dengan penyebaran virus Corona (covid_19) Kepala Samsat Duri  memberikan imbauan agar seluruh petugas  diwaji kan untuk memakai...

Jumat, 27 Mar 2020

Andi Pahlefi Ketua Fraksi Partai Gerindara DPRD Bengkalis Imbau Warga Tak Panik Hadapi Covid-19

Andi Pahlefi Ketua Fraksi Partai Gerindara DPRD Bengkalis Imbau Warga Tak Panik Hadapi Covid-19

Duri (Riauoke.com) Andi Fahlepi  Anggota DPRD Bengkalis, Komisi lV    mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk jangan panik dalam menghadapi covid...

Jumat, 27 Mar 2020

Sambangi Polsek Bukit Raya, Anggota DPRD Kota Pekanbaru Semprotkan Desinfektan Mencegah Virus Covid 19

Sambangi Polsek Bukit Raya, Anggota DPRD Kota Pekanbaru Semprotkan Desinfektan Mencegah Virus Covid 19

PEKANBARU (riauoke.com) Untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19, Sahabat Nurul Ikhsan semprotkan disinfektan bersama jajaran Polsek Bukit Raya, Jumat (27/3/200)...

Jumat, 27 Mar 2020

Cegah Covid-19, Karpet Masjid Nurul Iman Bandar Seikijang Digulung

Cegah Covid-19,  Karpet Masjid Nurul Iman Bandar Seikijang Digulung

Bandar Seikijang (riauoke.com) Untuk menghindari berkembangnya Virus Corona atau Covid-19, pengurus Masjid Nurul Iman Bandar Seikijang mengambil keputusan untuk menggulung...

Jumat, 27 Mar 2020

Siaga Covid-19, Kampar Siapkan Dana Darurat Rp24,2 Miliar

Siaga Covid-19, Kampar Siapkan Dana Darurat Rp24,2 Miliar

Bangkinang Kota (riauoke.com)- Pemerintah daerah Kabupaten Kampar melaksanakan rapat penganggaran untuk menghadapi covid-19 di wilayah Kabupaten Kampar di aula ruang...

Jumat, 27 Mar 2020

Antisipasi Pencegahan Wabah Corona, Kantor Bupati Pelalawan Tampak Sepi

Antisipasi Pencegahan Wabah Corona, Kantor Bupati Pelalawan Tampak Sepi

Pangkalan Kerinci, riauoke.com - Gara - gara wabah virus coved Korona 19 kantor Bupati Pelalawan tampak sepi pada hari Jumat...

Kampar

Minggu, 29 Mar 2020

Cegah Penyebaran Covid-19, Kades Pulau Birandang, Kampar Produksi Masker Sendiri

Cegah Penyebaran Covid-19, Kades Pulau Birandang, Kampar Produksi Masker Sendiri

Pulau Birandang (riauoke.com)- Antisipasi penyebaran wabah covid-19 atau virus Corona terus diupayakan oleh semua kalangan mulai dari pemerintah maupun masyarakat,...

Rokan Hulu

Jumat, 28 Feb 2020

Wujudkan Ekonomi Inklusif 2021, Asisten I Setkdakab Rohul Tutup FPD Tahun 2020

Wujudkan Ekonomi Inklusif  2021, Asisten I Setkdakab Rohul Tutup FPD Tahun 2020

ROKAN HULU (riauoke.com)-Bupati H Sukiman  melalui Asisten I Setkdakab Rokan Hulu (Rohul)  Ir Ruslan MSi menutup kegiatan Forum Perangkat Daerah...

Kepulauan Meranti

Sabtu, 04 Jan 2020

Ery Suhairi S.Sos, dari Camat Bandar Seikijang Sampai Kadis di Meranti

Ery Suhairi S.Sos, dari Camat Bandar Seikijang Sampai  Kadis di Meranti

Selat Panjang, riauoke.com -  Ery Suhairi S Sos adalah mantan Camat Bandar Seikijang yang pertama membangun kecamatan yang berbatasan langsung...

Rokan Hilir

Sabtu, 22 Feb 2020

Mahasiswa Rohil, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Taja Dialog Intelektual

Mahasiswa Rohil, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Taja Dialog Intelektual

BAGANSIAPIAPI, riauoke.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Himaprodi KPI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ar-Ridho Bagansiapiapi...

Indragiri Hulu

Jumat, 20 Sep 2019

17 Hktar Lahan Terbakar di Penyaguan, Tim Satgas Kodim Inhu Kesulitan Padamkan Api

17 Hktar Lahan Terbakar di Penyaguan, Tim Satgas Kodim Inhu Kesulitan Padamkan Api

Inhu (riauoke.com) Kembali terjadi  kebakaran lahan perkebunan masyarakat seluas lebih kurang 17 haktar di Desa Penyaguan Kecamatan Batanggansal, Kabupaten Indragiri...

Indragiri Hilir

Kamis, 14 Nov 2019

Ini Yang Akan Dibicarakan Pengurus PWI Inhil Terpilih Ketika Audiensi Dengan Bupati

Tembilahan riauoke.com - Kepengurusan baru Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indragiri Hilir Periode 2019-2022 akan melakukan silaturahmi dan mengajak Bupati...

Kuantan Singingi

Senin, 17 Feb 2020

Cegah Impor Pangan di Riau, Petani Sawit Kuansing Segera Dirikan Badan Usaha Milik Petani

Cegah Impor Pangan di Riau, Petani Sawit Kuansing Segera Dirikan Badan Usaha Milik Petani

Pekanbaru, riauoke.com Petani kelapa sawit yang tergabung dalam Forum Petani Sawit atau F1 sampai F10 petani kelapa sawit Kecamatan Singingi...

Kota Dumai

Sabtu, 22 Feb 2020

Tol Pekanbaru - Dumai, Presiden Jokowi: Kita Harapkan Selesai April 2020

Tol Pekanbaru - Dumai, Presiden Jokowi: Kita Harapkan Selesai April 2020

Pekanbaru riauoke.com - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko,...


DAERAH PENDIDIKAN Redaksi
CONTACT INFO

Jalan Parit Indah Grand Sudirman No 6
Phone: 08127513007 Email: redaksi_riauoke@yahoo.com
Pekanbaru, Provinsi Riau.

EKONOMI OLAHRAGA Pedoman Siber Media
HUKUM GALERI FOTO  
POLITIK OPINI  
TRAVELLING PEMILU  
 

COPYRIGHT © 2018 RIAUOKE.COM, ALL RIGHT RESERVED